Legenda merupakancerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi. Terkadang legenda dikaitkan dengan suatu sejarah suatu tempat.Nah, ternyata legenda Malin Kundang juga ada di Malaysia. Namun, yang membedakan adalah namanya. Jika di Malaysia bernama Si Tanggang. Isi dari cerita pun sama, yaitu anak yang durhaka kepada ibunya.

Bukan cuma Indonesia, 2 negara ini juga punya cerita ala Malin Kundang

Ada fakta menarik ketika serial kartun Ipin & Upin yang pada episode itu berjudul "Jembatan Ilmu". Di mana semua murid mengerjakan tugas dan menceritakan buku cerita rakyatnya.

Bukan cuma Indonesia, 2 negara ini juga punya cerita ala Malin Kundang

Susanti yang berasal dari Jakarta, Indonesia tampil bercerita dengan penuh semangat mengenai "cerita legenda Malin Kundang". Lama-kelamaan Upin dan Ipin sadar kalau cerita Malin Kundang versi Susanti sama dengan cerita "Si Tanggang" yang telah dibaca mereka dan diceritakan dihadapan Opa dan Kak Ros.

Ternyata cerita legenda Malin Kundang ini memiliki banyak versi hingga 3 negara lho, dari Indonesia, Malaysia Si Tanggang, dan Brunei DarussalamNakhoda Manis. Dan ke 3 negara ini mengklaim memiliki bukti tempat asal usul cerita legenda tersebut.

Bukan cuma Indonesia, 2 negara ini juga punya cerita ala Malin Kundang

Legenda Malin kundang tersebut dibenarkan dengan wujud batu berbentuk manusia yang konon sosok si Malin kundang yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Letak dari patung batu tersebut terdapat di di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat.

Jika di Malaysia batu yang disebut sebagai Si Tanggang itu ada di sebuah gua di Batu Caves, Selangor. Gua Gelap di Batu Caves seakan-akan darah mengalir di celah batu dan lantai gua tersebut. Diceritakan tempat tersebut menjadi tempat mengalirnya darah Si Tanggang. Lalu di Brunei sosok batu kutukan Nakhoda Manis terletak di tepi laut Jong Batu.