Di zaman sekarang ini sebenernya bukan hal yang aneh mendengar seorang cewek memutuskan menikah di usia muda. Biasanya karena pacaran yang sudah kelamaan, sudah terlalu cinta, atau orang tua yang menyuruh bahkan yang lebih parahnya lagi MBA atau married by accident alias hamil duluan. Tapi sebenernya menikah apa lagi di usia muda bukan jalan keluar dari segala permasalahan yang ada. Mungkin itu adalah pintu masuk ke gerbang welcome to the club yg pastinya berarti welcome to the trouble. Oleh karena itu ada pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati adalah slogan yang bagus buat topik ini.

Jadi sebelum memutuskan untuk menikah di usia muda perlu meyakinkan apakah keputusan para wanita untuk menerima pinangannya adalah suatu keputusan yang benar.Yuk kita bahas saja 5 hal yang wajib kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk menikah di usia muda.

1. Harus siap mental.

Siap mental ini hal utama yg harus kamu pikirkan sebelum memutuskan membangun rumah tangga, apalagi di usia muda. Karena supaya bisa lebih siap menghadapi ujian dalam rumah tangga dan apalagi nanti kamu bisa saja setelah married langsung punya anak. Secara gak langsung kalian akan kehilangan masa-masa muda bermain dengan teman-teman karena harus mengurus keluarga.

2. Harus siap secara fisik.

Maksud dari siap secara fisik di sini yaitu harus yakin akan kemampuan diri dalam melahirkan bayi. Tentu saja bagi wanita yang mengandung dan melahirkan di usia muda itu sangat rentan dengan kondisi badannya yang seharusnya belum kuat untuk mengalami kehamilan. Karena banyak juga loh kasus kasus yang mengancam keselamatan ibu dan bayi kalau kondisi ibunya belum kuat. Mungkin konsultasi ke dokter dulu adalah cara yang baik.

3. Harus siap secara materi.

Tidak bisa dipungkuri bahwa materi termasuk salah satu yang terpenting dalam rumah tangga. Materi yang cukup bagi kedua pasangan akan bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memang laki-laki yg wajib memberi nafkah bagi istrinya tetapi bukan berarti istri tidak boleh membantu perekonomian dalam keluarga. Justruwanita yg mandiri akan bisa membuat diri kita tidak melulu harus bergantung pada suami kelak. Karena pasti kita memiliki kebutuhan sendiri sebagai wanita yang bisa kita handle. Mungkin kalian bisa mulai menabung sejak dini.

4. Harus siap berkomitmen.

Pernikahan bukan suatu hal yang main-main lagi loh. Kalian harus yakin berkomitmen dengan pasangan kalian seumur hidup. Tentunya kita semua ingin menikah hanya 1 kali. Jadi buat kalian yang masih muda dan memiliki jiwa masih labil serta masih ingin bereksperimen dengan pasangan, jangan sampai cepat memutuskan untuk menikah. Karena takutnya kalian sebenarnya belum bisa berkomitmen dengan satulaki-laki dan pernikahan kalian bisa bahaya nantinya kalau sampai ada perselingkuhan.

5. Harus direstui orang tua.

Ini juga penting. Bagaimanapun juga restu orang tua itu sama saja seperti restu Tuhan. Kalau pernikahan sudah di-support oleh orang tua dan sudah direstui pasti akan lebih membahagiakan. Jangan sampai kamu menikah di usia muda tapi belum direstui orang tua ya, takut kualat nanti. Apalagi kalian nekat sampai kawin lari. Jangan sampai ya!

Jadi, kalau kalian belum bisa memenuhi 5 hal ini jangan sampai nekat menikah karena takutnya kalian menyesal nantinya. Semoga bisa membantu para pasangan muda yang ingin menikah di usia muda supaya kalian yakin atas keputusan besar untuk kehidupan kalian, khususnya bagi para wanita.