×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bolehkah penderita asam urat makan ikan lele? Begini penjelasannya

0

Kesehatan

Bolehkah penderita asam urat makan ikan lele? Begini penjelasannya

Ikan lele bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

19 / 03 / 2019 17:00

Asam urat yaitu kondisi di mana seseorang mengalami keluhan pada persendiannya, seperti nyeri sendi, linu, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh kadar purin yang menumpuk pada bagian persendian tertentu, yang akhirnya akan membentuk kristal dan menusuk bagian sendi tersebut.

Penyakit ini juga salah satu penyakit yang mana para penderitanya diwajibkan harus bisa menjaga asupan makanannya. Jangan sampai mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi karena jika mengonsumsinya malah akan menambah penyakit menjadi lebih parah.

Seperti halnya pada gambar di bawah yang mengalami keluhan pada persendian, atau pada lutut.

Bolehkah penderita asam urat makan ikan lele? Begini penjelasannya

Sumber: https://rheumapas.com/asam-urat-tinggi/

Loading...

Mengenai makanan yang mengandung purin, apakah ikan lele juga termasuk di dalamnya? Pada dasarnya setiap ikan atau seafood selalu memiliki kandungan purin, baik itu yang tinggi ataupun rendah. Termasuk pada ikan lele yang sangat dilarang dikonsumsi oleh penderita asam urat, sebab memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Mungkin kebanyakan orang menyukai lele karena enak dan gurih, juga tekstur dagingnya pun empuk, selain itu kandungan gizinya sangat banyak dan harganya pun sangat ekonomis. Tapi pada sebagian orang yang tidak suka lele, mungkin ia beranggapan bahwa lele adalah makanan yang kotor dan jijik. Ini karena lele hidup di air tawar, lumpur, dan bisa dibilang kotor, sehingga beranggapan tidak baik untuk kesehatan.

Jadi bagi kamu yang mengalami penyakit asam urat, jika bersikeras memakan ikan, janganlah mengonsumsi ikan lele. Ada jenis ikan lain yang bisa kamu konsumsi. Di antaranya ikan bandeng, tenggiri, bawal dan tongkol, namun pada pengonsumsiannya jangan lebih dari 5gr setiap harinya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red