Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita lupa akan suatu hal, misal kunci kendaraan, kartu kredit, letak parkir kendaraan dan banyak hal lain yang sering kali menambah masalah. Tenang, semua masalah pasti ada solusinya.

Seperti dilansir dari buku "Memorizing Like an Elephant",setidaknya ada 4 langkah sederhana untuk mengatasi hal tersebut, yaitu:

1. Siapkan sebuah buku dan berceritalah di sana sedetail mungkin apa saja yang kita lupakan.

Bila kamu mudah lupa letak barang, coba atasi dengan 4 cara ini

Misalnya, kita menulis kelalaian pada kunci motor kita "Pernah suatu waktu aku pernah lupa menaruh kunci motor, sehingga aku membutuhkan waktu bermenit-menit untuk menemukannya, dan yang bikingeregetanternya letaknya ada diatas televisi, untung aku tidak terlambat, kalau telat pastidoimarah" dan tulislah kejadian lain tentang kelalain kita ke dalam buku itu.

2. Katakan dalam hati.

Bila kamu mudah lupa letak barang, coba atasi dengan 4 cara ini

Saat akan meletakan kunci, katakan dalam hati "aku meletakan kunci motorku di atas kulkas, jangan pergi ke mana-mana ya!" setelah itu silahkan lakukan aktivitas seperti biasa. Lakukan hal ini juga ketika akan meletakkan barang yang lain yang sering kita lupakan.

3. Gunakan petunjuk di daerah sekitarnya.

Bila kamu mudah lupa letak barang, coba atasi dengan 4 cara ini

Saat meletakkan sesuatu, usahakan untuk memerhatikan daerah sekitar barang tersebut, entah vas bunga, motif kotak-kotak pada taplak meja/warna dari tembok tempat kita menggantungkan barang tersebut dan katakanlah kembali dalam hati petunjuk tersebut agar tertanam dan menjadi program otomatis dalam otak kita.

4. Cukup tidur dan istirahat.

Bila kamu mudah lupa letak barang, coba atasi dengan 4 cara ini

Bila langkah-langkah di atas telah kita lakukan namun masih saja lupa, coba cek pola hidup kita. Apakah tubuh kita telah beristirahat dengan cukup? Sehebat apapun otak kita, bila kurang istirahat pasti akan mudah lupa, sebab otak tidak selalu dalam keadaan prima.