×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Biar gak kaget, ketahui dulu 8 perbedaan antara kuliah dan sekolah

0

N/A

Biar gak kaget, ketahui dulu 8 perbedaan antara kuliah dan sekolah

Beda banget deh antara kuliah dan sekolah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sophian

24 / 07 / 2019 10:35

Dunia perkuliahan itu beda banget loh dengan sekolah, dan kebanyakan kita yang udah lulus dari bangku SMA/SMK mikir kalau perkuliahan itu menyenangkan. Emang gak sepenuhnya salah sih tapi sepertinya ada beberapa hal yang mustinya kalian tahu sebelum benar–benar jadi MABA (Mahasiswa Baru) supaya kalian gak kaget–kaget amat pas masuk kuliah.

1. Jadwal kuliah itu gak seperti sekolah.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2019/07/20/image_1563627293_5d330f1d3c710.jpg

Nih bagi kalian kan sudah biasa sekolah dari Senin sampai Jumat, malah kadang ada yang sampai Sabtu. Namun kalau jadwal kuliah itu kadang bisa berubah gak seperti jadwal sekolah biasanya. Kadang ada saja dosen yang membatalkan kelas dikarenakan ada kegiatan yang gak bisa diwakilin. “Maaf hari ini saya ada kegiatan penting, jadwal kuliah di ganti besok ya. Terima kasih.” Wah, mau gak mau ya kita musti ikutin kata sang dosen. Jadi kalian harus bener–bener peka ya sama jadwal kuliah kalian!

2. Tanggung jawab lebih besar.

Loading...

Biar gak kaget, ketahui dulu 8 perbedaan antara kuliah dan sekolah

Beda dengan sekolah, kalau kalian sudah duduk di bangku perkuliahan tanggung jawab kalian akan lebih besar. Kenapa? Karena kalau kalian malas–malasan dan gak serius dalam kuliah, kalian bakal mengulang tahun depan ataupun gak lulus–lulus sedangkan kalau kalian di sekolah yang palingan nilai raport kalian yang bakal jelek. Jadi jangan malas–malas ya kalau sudah duduk di bangku perkuliahan!

3. Guru dan dosen itu pribadi yang beda banget.

Biar gak kaget, ketahui dulu 8 perbedaan antara kuliah dan sekolah

Di sekolah kalian bakal diarahin dan dibimbing sampai pandai untuk mengerti materi–materi yang diberikan. Lain hal kalau sudah kuliah, kalian akan dituntut untuk mandiri. Terkadang bukan hanya tugas tertulis yang harus kita kerjain tapi juga tugas berupa survey yang mengharuskan kita untuk terjun langsung ke lapangan buat mencari informasi.

4. Nilai yang diberikan lebih tegas.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2019/07/22/image_1563813075_5d35e4d395c34.jpg

Maksudnya apa sih nilai yang diberikan lebih tegas? Kalau kalian di sekolah biasanya bisa dapat 95, 60, dan sejenisnya. Berbeda dengan di bangku perkuliahan, nilai yang akan kalian terima berupa huruf yakni A adalah nilai untuk 85–100, B untuk nilai 75–84, C untuk nilai 60–74 dan seterusnya. Dan kalau di kampus itu dosen akan menilai benar–benar secara apa adanya jadi kalau nilai kalian C ya akan tetap C.

5. Banyak komunitas dan organisasi.

Biar gak kaget, ketahui dulu 8 perbedaan antara kuliah dan sekolah

Di bangku sekolah mungkin kalian cuman mengenal OSIS dan kegiatan ekstrakulikuler saja, tapi kalau kalian di bangku perkuliahan kalian bakal menemui berbagai macam komunitas dan organisasi internal kampus seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Senat Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, sampai komunitas dan organisasi yang berbasis seni dan olahraga, sosial dan politik, dan lainnya.

6. Beasiswa.

Biar gak kaget, ketahui dulu 8 perbedaan antara kuliah dan sekolah

Beasiswa di bangku perkuliahan itu jumlahnya banyak banget, mulai dari beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu secara finansial ataupun beasiswa pretasi itu ada, bahkan yang untuk kalian yang kepengen melanjutkan studi ke luar negeri juga ada kok. Satu di antaranya itu beasiswa LPDP yaitu beasiswa dari pemerintah Indonesia buat kalian yang pengen melanjutkan studi S2 dan S3 ke luar ataupun dalam negeri. Jadi, disaranin banget nih buat kalian untuk lebih up to date tentang informasi beasiswa yang ada.

7. Sekelas sama senior.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2019/07/22/image_1563812966_5d35e46670801.jpg

Kalian musti tahu kalau di bangku perkuliahan itu gak ada istilah tinggal kelas. Di sini kalian bakal mengulang mata kuliah. Jikalau kalian gak lolos di salah satu mata kuliah, maka yang harus diulang ya cuman mata kuliah itu aja. So, kalian jangan heran ya kalau tiba–tiba ada senior yang belajar bareng kalian di kelas.

8. Skripsi.

Biar gak kaget, ketahui dulu 8 perbedaan antara kuliah dan sekolah

Kalian tahu gak sih kalau skripsi itu klimaks yang dari perkuliahan sebelum akhirnya kalian diresmikan menjadi seorang sarjana. Proses panjang yang bakal kalian laluin dari mulai mencari tema, bikin outline, mencari data–data pendukung dari berbagai sumber, bimbingan, menulis skripsi sampai sidang skripsi dan revisi yang pastinya bakal menghantui kalian. Itu adalah serangkaian proses panjang yang bakal buat kalian berjuang mati–matian, kecuali kalian sangat mencintai kampus kalian. Jadi gak heran deh kadang ada mahasiswa yang telat lulus gara–gara skripsinya gak kelar.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red