Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2017 dan memasuki tahun yang baru. Kita nggak mau dong memasuki tahun yang baru dengan "beban" yang kita bawa dari tahun 2017 Nah, berikut ini ada 4 hal yang harus kita bereskan sebelum memasuki 2018. Apa saja? Yuk simak langsung poin-poinnya!

1. Bereskan utang sama orang lain (khususnya yang berupa uang)

Bereskan 4 hal ini sebelum 2017 berakhir biar 2018 makin bahagia

Kecuali utang alias cicilan bulanan sepeda motor, mobil, rumah, atau kartu kredit, sebaiknya kita pastikan 2017 nanti kita akhiri tanpa utang. Yuk, ingat baik-baik apakah kita masih punya utang (khususnya yang berupa uang) sama keluarga, teman, saudara, orangtua, atau sama warung langganan kita. Nggak enak masuk tahun baru sambil membawa catatan utang. Benar?

2. Bereskan relasi yang buruk dengan orang lain

Bereskan 4 hal ini sebelum 2017 berakhir biar 2018 makin bahagia

Hal berikut yang bikin persiapan kita masuk tahun yang baru jadi nggak enak adalah adanya relsai yang buruk dengan orang lain. Jadi sebaiknya kita bereskan kalau saat ini masih ada sakit hati atau ada yang masih terasa nggak enak dalam hati akibat perlakuan seseorang kepada kita. Maafkan kesalahannya, ampuni orangnya, dan siapkan lembaran baru dalam relasi kita dengan orang itu. Setuju?

3. Bereskan penampilan kita

Bereskan 4 hal ini sebelum 2017 berakhir biar 2018 makin bahagia

Penampilan memang bukan segalanya, tapi jangan biarkan juga kita masuk tahun yang baru dengan penampilan nggak karuan. Coba ngaca sejenak, lihat apa saja hal-hal kecil yang bisa kita bereskan supaya penampilan kita bisa tambah sip memasuki pergantian tahun nanti. Kita bisa kunjungi barber-shop alias tukang cukur langganan, beli 1-2 pakaian baru, termasuk ganti alas kaki dan kaos kaki yang sudah tak layak pakai. After that, kita siap memasuki pergantian tahun! Siapa tahu, setelah penampilan lebih baik, buat kita yang masih jomblo, tahun depan kita bisa dapat pacar atau calon pasangan?

4. Bereskan utang orang lain

Bereskan 4 hal ini sebelum 2017 berakhir biar 2018 makin bahagia

Hal keempat ini agak ekstrem sih, tapi kalau kita berani lakuin akan keren banget. Apa maksudnya? Coba cek dan ingat baik-baik apakah ada utang orang lain yang belum beres sama kita. Seandainya jumlahnya menurut kita nggak seberapa, mengapa kita nggak bereskan saja alias diputihkan? Tambahkan dengan memberi kabar sama orang itu (misalkan cowok), Bro, utangmu sudah saya anggap lunas! maka kita akan punya suasana hati yang lebih mantap untuk masuk tahun 2018.

Selamat mencoba dan masuki tahun 2018 dengan cara berbeda!