×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Belajar memulai bisnis dari drama Itaewon Class dengan 4 cara ini

0

Film

Belajar memulai bisnis dari drama Itaewon Class dengan 4 cara ini

Drama Korea Selatan ini memiliki banyak hal yang bisa dipelajari untuk memulai sebuah bisnis.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Puguh Waluyo

30 / 04 / 2020 15:22

Bisnis merupakan suatu kegiatan ekonomi yang sedang tren belakangan ini. Banyak orang yang ingin membuat bisnis atau usahanya sendiri, namun takut untuk memulai. Sebagian dari mereka takut gagal atau bahkan tidak memiliki modal.

Untuk kamu yang merasakan hal seperti itu, maka saya sarankan untuk menonton serial drama berjudul Itaewon Class. Ya, serial drama Korea Selatan yang dirilis pada 31 Januari 2020 ini menarik banyak perhatian publik. Pasalnya dalam serial drama ini tidak hanya menyuguhkan drama percintaan yang rumit dan menyedihkan, melainkan ada sisi lain yang dapat kita pelajari yaitu memulai usaha sendiri.

Belajar memulai bisnis dari drama Itaewon Class dengan 4 cara ini

Cover serial drama Itaewon Class / Foto: fimela.com

Drama ini menceritakan perjuangan tokoh utama bernama Park Saeroyi untuk melakukan balas dendam atas kematian ayahnya. Uniknya balas dendam yang dilakukan Saeroyi tidaklah sederhana. Ia ingin membuat sebuah perusahaan yang bisa menyaingi dan menjatuhkan perusahaan bernama Jangga, perusahaan yang membuat hidupnya sempat terpuruk sebelum akhirnya dia meraih kesuksesan yang gemilang.

Loading...

Berikut ini adalah 4 pelajaran yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan nyata untuk belajar memulai bisnis.

1. Buat target dan kerja keras.

Belajar memulai bisnis dari drama Itaewon Class dengan 4 cara ini

Park Saeroyi, tokoh utama Itaewon Class / Foto: dramabeans.com

Banyak orang yang terburu-buru dalam merencanakan sesuatu dan pada akhirnya menyebabkan rencana tersebut tidak matang dan berujung kegagalan. Oleh karena itu kamu harus memiliki target yang jelas untuk menyusun dan menjalankan rencana bisnis bahkan rencana untuk hidup kita. Sehingga kita memiliki motivasi untuk mencapai target tersebut. Namun itu semua belum cukup jika tidak ada aksi yang nyata. Maka dari itu harus diiringi dengan usaha dan kerja keras.

Seperti yang dilakukan Park Saeroyi dalam film tersebut. Ia hanyalah mantan narapidana lulusan SMP yang tidak memiliki siapa-siapa dalam hidupnya. Setelah keluar dari penjara ia memiliki target 7 tahun ke depan akan memiliki sebuah restorannya sendiri.

Ia mengumpulkan uang menjadi nelayan dan pekerja serabutan untuk modal membuka usahanya sendiri. Padahal ia memiliki tabungan kematian ayahnya, namun ia memilih untuk mengumpulkan uangnya dengan keringat sendiri dan mengalokasikan dana kematian ayahnya untuk investasi.

2. Investasi kepada orang.

Belajar memulai bisnis dari drama Itaewon Class dengan 4 cara ini

Ma Hyun-Yi kepala dapur DanBam, Itaewon Class / Foto: vietgiaitri.com

Dalam membangun sebuah usaha pasti kita tidak akan bisa mewujudkan semuanya sendirian. Pasti kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Sama halnya dengan Saeroyi yang mengajak teman semasa ia kerja di pabrik yaitu Ma Hyun-Yi. 

Hyun-Yi adalah seorang transgender yang direkrut oleh Saeroyi untuk menjadi kepala dapur di restoran miliknya bernama DanBam. Namun ketika pamor DanBam mulai naik dan banyak kedatangan pengunjung, mereka memiliki masalah dengan masakan Hyun-Yi yang tidak enak dan terkesan hambar. Namun yang dilakukan Saeroyi bukannya memecat Hyun-Yi karena kelalaiannya, malah ia menggandakan gaji Hyun-Yi dan meminta Hyun-Yi untuk belajar masak lebih giat. Sampai pada suatu saat Hyun-Yi berhasil memenangkan kontes masak dan menjadi chef terbaik di Korea Selatan.

3. Belajar dari yang terbaik.

Belajar memulai bisnis dari drama Itaewon Class dengan 4 cara ini

Jang Dae Hee, seorang pengusaha di Itaewon Class / Foro: meaww.com

Dalam memulai sebuah bisnis ataupun usaha kamu harus memiliki inspirasi dan panutan agar bisa belajar dari pengalaman orang lain dan memperbaiki kesalahannya. Kamu harus belajar dari orang yang terbaik di bidangnya. Hal ini bisa diterapkan di segala aspek tidak hanya tentang belajar bisnis.

Sama halnya dengan Saeroyi yang belajar langsung dari musuhnya yaitu Prsedir Jang. Bagi pencinta Itaewon Class mungkin sudah tidak asing dengan musuh bebuyutan Saeroyi ini. Ia yang menjadi alasan utama Saeroyi untuk melakukan balas dendam. Namun Saeroyi tidak juga enggan untuk belajar darinya. Saeroyi membaca autobiografi dari Presdir Jang dan mencari kelemahan serta hal apa yang bisa ditiru dalam mendirikan sebuah bisnis restoran. Sehingga pada akhirnya Saeroyi bisa menaklukkan musuhnya tersebut.

4. Perluas jaringan bisnis.

Ketika sudah bisa memulai bisnis yang kamu inginkan, tantangan selanjutnya adalah bagaimana cara mengembangkan bisnis yang sudah kamu mulai. Banyak cara mewujudkan hal itu, salah satunya dengan memperluas jaringan bisnis atau dengan menjadikan bisnismu menjadi sistem waralaba (franchise).

Tujuan Saeroyi adalah menjadikan DanBam menjadi sebuah merek dagang dan mendirikan perusahaan waralaba. Hal itu akhirnya bisa ia capai dengan bantuan dari orang-orang di sekitarnya.

Itulah beberapa cara untuk memulai bisnis sendiri ala Itaewon Class. Tentunya banyak hal yang perlu disesuaikan di dalam kehidupan nyata. Karena pada dasarnya bisnis adalah tentang jatuh bangun, jadi bagaimana cara kita bisa bertahan. 

Sekian, semoga suskes selalu. Selamat mencoba!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red