×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini tips mengatasi insomnia menurut Islam

0

N/A

Begini tips mengatasi insomnia menurut Islam

Insomnia tak hanya akan menurunkan energimu pada pagi hari dan mengganggu mood, tapi juga memengaruhi kesehatan dan menurunkan kualitas hidup.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Tadarrosatul Hikmiyah

30 / 12 / 2020 16:35

Dilansir dari klikdokter.com, sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Jumlah waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk tidur memang berbeda-beda. Namun kebutuhan tidur rata-rata untuk orang dewasa adalah 7- 8 jam sehari.

Insomnia tidak hanya akan menurunkan energimu pada pagi hari dan mengganggu mood, tapi juga dapat memengaruhi kesehatan dan menurunkan kualitas hidup. Kualitas tidur yang buruk akibat insomnia dapat memengaruhi fisik maupun mental seseorang.

Maka dari itu sangat penting untuk tahu cara mengatasi insomnia. Berikut ini merupakan cara mengatasi insomnia menurut Islam.

1. Berdoa sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW.

Insomnia juga pernah dialami beberapa sahabat Nabi SAW. Salah satunya adalah Zaid bin Tsabit r.a. Keterangan tentang kejadian Zaid bin Tsabit mengalami insomnia ini terdapat dalam kitab Ibnus Sunni. Zaid bin Tsabit mengeluhkan tentang insomnia yang dialaminya setiap malam kepada Rasulullah SAW. Lalu setelah itu Rasulullah mengajari Zaid bin Tsabit sebuah doa agar terlepas dari gangguan sulit tidur:

Loading...

"Allahumma ghorotin nujuum, wa hadaatil 'uyuun, wa anta hayyul qoyyum, laa ta khudzuka sinatun wa laa naumu, ya hayuu ya qoyyum, ahdi laily wa anim 'ainy."

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah kepada Zaid bin Tsabit dalam petikan keterangan hadis riwayat Ibnus Sunni yang ditulis dalam kitab Ibnus Sunni. Doa itu artinya: "Ya Allah, bintang-bintang telah meredup, dan mata pun telah melemah, sedang Engkau Maha Hidup lagi tak bersandar kepada siapa pun. Engkau tidak pula mengantuk dan tidak pula tertidur, wahai dzat yang Maha hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-makhluknya, tenangkanlah malamku dan pejamkanlah mataku."

2. Menerapkan adab tidur sesuai sunah Nabi SAW.

Untuk mengatasi insomnia hendaknya kamu tidak melupakan adab tidur sesuai sunah, seperti berwudu sebelum tidur, miring ke kanan, tidak tengkurap, serta mengamalkan zikir dan doa menjelang tidur. Hindari tidur larut malam kecuali jika ada keperluan seperti belajar atau mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Dengan begitu, tidur tidak sekadar rutinitas tanpa makna, namun diniatkan untuk memulihkan tenaga, sebagai sarana penunjang ibadahmu.

Untuk memperjelas poin di atas, dilansir dari pewe.id, ada beberapa amalan dan adab sebelum tidur yang diajarkan Nabi SAW, di antaranya adalah:

- Jangan tidur terungkap.

Dilansir dari lifestyle.kompas.com, posisi tidur tengkurap dapat memberi tekanan pada organ dalam, khususnya jantung dan paru-paru. Kamu pun membutuhkan 25 persen lebih banyak energi untuk tidur dengan posisi tengkurap.

- Selalu berdoa sebelum tidur.

- Berbaring di atas rusuk sebelah kanan dan badan menghadap kiblat.

- Mematikan lampu sebelum tidur.

- Pastikan membaca surat Al–Ikhlas, Al Falaq dan An Naas kemudian meniupkannya pada kedua telapak tangan. Dan usapkan ke seluruh bagian depan tubuh yang dapat dijangkau sebanyak 3 kali.

- Membersihkan tempat tidur dengan mengibas kibaskan kain.

- Melakukan salat witir.

- Berwudu sebelum tidur.

- Waktu tidur tidak larut malam karena Rasulullah selalu tidur setelah salat isya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red