×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini suka duka dalam mengelola bisnis online shop

0

N/A

Begini suka duka dalam mengelola bisnis online shop

Kejadian suka dan duka ini sering kali terjadi dalam menjalankan bisnis online shop.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Leonie Sandra

21 / 12 / 2019 15:55

Tentunya sebutan online shop sudah tidak asing lagi didengar. Online shop merupakan sistem jual beli secara daring di mana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau melakukan kontak secara fisik.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh sangat besar terhadap berbagai aspek-aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang bisnis. Dahulu sebelum adanya internet, kegiatan jual beli dapat dilakukan dengan adanya pertemuan pelaku ekonomi secara langsung. Konsumen yang ingin membeli suatu barang dapat mendatangi toko untuk melihat kondisi fisik dari barang yang akan dibeli. Begitu juga dengan proses transaksi yang dilakukan dengan kontak secara fisik atau bahkan dengan cara tawar-menawar di antara penjual dan pembeli.

Namun sekarang di zaman generasi Z semua orang lebih menyukai hal yang mudah dan praktis. Itulah salah satu yang menciptakan perubahan dalam dunia dagang menjadi lebih modern. Sistem dagang baru tersebut sering disebut dengan online shop.

Banyak orang berpikir jika membuka bisnis online shop tentu bisa dilakukan oleh semua orang yang memiliki kemampuan terhadap dunia perdagangan dengan mudahnya. Memang mudah, namun tentunya kamu harus memiliki skill dalam ilmu komunikasi dan perdagangan.

Jika ingin mulai membuka bisnis online shop tentunya kamu harus tertarik tentang dunia bisnis atau perdagangan. Dari situ mulailah membaca dan mempelajari tentang bisnis online shop ini lalu melihat bagaimana cara orang-orang memperkenalkan atau memasarkan produknya tersebut ke banyak orang. Tentunya media sosial sangat berpengaruh di bidang ini.

Loading...

Nah, saya akan membagikan tiga pengalaman mengenai suka dan duka dalam mengelola bisnis online shop yang sering terjadi.

Pengalaman menyenangkan dalam mengelola bisni online shop.

1. Keuntungan.

Gak butuh modal banyak untuk membuka bisnis online shop karena bisnis ini hanya memanfaatkan fasilitas internet melalui sosial media dan web. Untuk barang yang dijual pun dapat menjualnya dengan cara dropship dengan mencari harga rendah sehingga dapat kamu jual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Kamu pun dapat memperoleh keuntungan lebih dari hasil penjualan ini.

2. Lokasi.

Kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari tempat untuk membuka bisnis ini karena di mana pun berada, baik di rumah atau sedang di luar rumah kamu tetap dapat menjalankan bisnis ini karena online shop lebih berbasis daring atau menggunakan teknologi.

3. Waktu.

Membuka bisnis online tidak akan terikat waktu. Kamu dapat membuka atau tutup toko bahkan libur sesuai dengan keinginanmu sendiri, fleksibel bukan? Hal ini merupakan kelebihan yang mungkin tidak bisa kamu temukan dalam bisnis lain. Waktu kerja pemilik bisnis online shop pun tidak ada batasnya, bahkan bisa buka selama 24 jam. Tentu hal tersebut sangat memudahkan kamu dalam berbisnis.

Berikut ini merupakan hal duka saat menjalankan bisnis online shop.

1. Tenaga kerja.

Jika kamu melakukan bisnis online shop ini seorang diri tentu tidaklah mudah. Apalagi ketika pesanan menumpuk namun kamu hanya seorang diri yang melakukannya. Tentu kamu akan kuwalahan mengelola bisnis ini sebab juga perlu melakukan packing barang yang akan dikirimkan ke pembeli, Kamu pun harus teliti supaya tidak sampai salah mengirim barang tersebut yang mana dapat menghambatmu untuk mengirim pesanan tepat waktu atau sesuai deadline yang sudah dijanjikan kepada konsumen. Jangan samapi deh konsumen kamu merasa kecewa atau online shop kamu bisa mendapatkan penilaian buruk.

2. Customer mengembalikan barang.

Paling sedih ketika customer sudah meretur atau mengembalikan barang yang sudah dikirim. Itu tandanya barang yang kamu jual tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Sehingga seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus selalu teliti ketika ingin mengirimkan pesanan konsumen. Jangan sampain tidak sengaja mengirimkan barang yang bukan pesanannya sehingga konsumen akan merasa kecewa.

Contoh lainnya ketika sudah mengirimkan barang melalui jasa pengiriman, barang tersebut tentu sudah di luar kendali penjual. Namun ketika tanpa disengaja kurir pengiriman barang merusak barang yang dikirim dan saat sampai di tangan konsumen barang sudah mengalami kerusakan, tentu konsumen akan berpikir bahwa barang sudah rusak dari penjual dan akan meminta retur.

3. Karakter pembeli.

Setiap orang pada umumnya memiliki karakter yang berbeda-beda, salah satunya para pembeli online shop. Kamu tidak akan tahu bagaimana karakter konsumenmu karena sebelumnya tidak mengenalinya. Kamu akan menemui berbagai tipe-tipe pembeli yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Beberapa karakter pembeli pun ada yang menguji kesabaranmu, seperti pembeli yag tidak sabaran, tidak paham sistem jualan online shop, pemarah, pelupa, ragu-ragu,  memiliki banyak pertanyaan, dan lain sebagainya.

Itulah suka dan duka yang sering saya alami dalam menjalankan bisni online shop. Membuat sebuah bisnis tentu tidak akan selalu berjalan sesuai keinginanmu. Maju mundur ataupun suka duka akan. Semuanya kembali pada dirimu sendiri sebagai seseorang yang bertekad ingin membuka bisnis atau usaha, yaitu “bagaimana kamu akan menjalankan bisnis ini?” Tetaplah fokus pada target dan impianmu untuk mencapai kesuksesan, ya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red