Well, hampir segala aktivitas memerlukan kemampuan berpikir untuk menemukan solusi. Sebelum bertindak, manusia perlu berpikir terlebih dahulu. Maka dari itu setiap manusia harus belajar di mana pun berada dan apa pun keadaannya, contohnya belajar di sekolah, belajar di buku/internet, belajar dari pengalaman orang lain sampai belajar mengambil hikmah kehidupan.

Menyinggung tentang belajar, banyak hal yang telah dan akan kita pelajari dan banyak hal pula yang harus diingat. Saking banyaknya hal yang perlu diingat membuat kita sering lupa dengan hal yang lain karena keterbatasan kemampuan. Untuk menemukan solusi terkadang kita perlu untuk mengingat kembali pengalaman dan pengetahuan yang pernah kita peroleh.

Namun, tak jarang juga kita sering kesulitan untuk mengingat suatu informasi. Kenapa bisa gitu ya? Sebagaimana dilansir dariBright Side, terdapat berbagai cara agar kita dapat mengingat sesuatu dengan cepat dan mudah, mau tau? Yuk simak!

1. Mencoba memahami apa yang kamu pelajari.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Salah satu hal yang membuat kita sering lupa adalah karena kita tak pernah paham sama apa yang pernah dipelajari. Mengapa demikian? Karena kita sering mengingat kata per kata saja, bukan makna kalimatnya.

Yang perlu dilakukan adalah membaca seluruh potongan informasi dan pahami setiap poinnya, kemudian maknai informasi tersebut dengan cara dan bahasa kita sendiri dengan bentuk yang lebih simpel sehingga akan lebih mudah untuk mengingat detailnya. Jika kita mampu menjelaskan sesuatu dengan bahasa yang simpel, artinya kamu benar benar paham dengan apa yg kamu pelajari.

2. Pelajari hal yangpaling dibutuhkan.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Jika terlalu banyak informasi yang diterima, maka susun prioritas informasi yang dibutuhkan. Pilih dan pilah informasi mana yang harus kamu ketahui dan mana yang tidak seharusnya diketahui, lalu fokus pada hal yang perlu untuk kamu ingat. Seperti yang dilakukan Sherlock Holmes, dia hanya mengingat pada apa yang ingin dia ingat, sehingga dia sering lupa bahkan hanya pada hal yang sederhana.

3. Serial Position Effect.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Ketika mempelajari sesuatu yang baru, cobalah untuk memahami bagian awal dan bagian akhirnya. Hal ini karena, yang paling mudah diingat dari suatu informasi adalah di bagian awal dan di bagian akhirnya. Kelemahan metode ini adalah kita akan kesulitan untuk mengingat bagian tengah dari informasi.

4. Interference Theory.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Dengan memanfaatkan konsep Interference Theory, kita mampu memperkaya ingatan kita. Cobalah ubah perhatian kamu dari topik satu ke topik yg lain, dari aktivitas satu dengan aktivitas yang lain, contohnya saat kita sedang beristirahat setelah membuat tugas, hal terbaik yang dilakukan sebagai selingan adalah mengubah aktivitas/topik yang benar-benar berbeda, seperti menonton video ringan sebagai selingan setelah kita bikin tugas.

Dalam Interference Theory, kita dianjurkan untuk tak mempelajari hal yang sama/identik dan hal yang telah kita ketahui sebelumnya, karena informasi baru yang akan didapatkan nantinya akan mengganggu informasi lama dalam ingatan. Jika hal itu terjadi maka kita malah akan lupa dengan informasi tersebut.

5. Mempelajari antonim suatu informasi.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Mempelajari lawan kata akan memudahkan kita dalam proses mengingat, karena hal tersebut saling berpasangan, semisal kamu belajar bahasa asing, maka hafalkan kata yang saling berlawanan seperti siang dan malam secara bersamaan. Cara ini akan membuat koneksi antar dua kata dalam otak kita. So, jika kamu lupa sama salah satu ingatan, maka salah satu yang lain akan membantu untuk mengingatnya kembali. Antonim adalah cara yang lebih mudah untuk mengingat

6. Buatlah Istana Pikiranmu sendiri.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Seperti halnya Sherlock Holmes, dia berkelana di istana pikirannya selama beberapa waktu untuk mencari informasi yang dia butuhkan. Cara ini bertujuan untuk menghubungkan hal tertentu pada tempat tertentu. Jika kamu berada di suatu ruangan cobalah untuk menghubungkan sesuatu yang kamu pelajari dengan sesuatu yang berada dalam ruangan, ulang beberapa waktu, dan cobalah untuk mengingatnya hal yang berhubungan dengan ruangan tersebut. Dengan mengingat tempat, kita diharapkan bisa mengingat sesuatu

7. Mengingat Teman Kata.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Teknik ini akan mengingatkan kita pada hal yang berhubungan, misalnya kita ingin mengingat kata paku, maka cobalah mencari teman kata dari paku, seperti palu, tembok, kayu dan kata lain yang berhubungan dengan paku.

8. Buatlah cerita.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Jika kamu ingin mengingat banyak hal dengan teliti, cobalah untuk meletakkannya dalam ceritamu, itu akan membuat antar bagiannya saling berhubungan dengan plot-plot ceritanya. Jadi, jika kamu tiba-tiba lupa dengan satu hal, kamu sudah mengingat alur cerita selanjutnya, kemudian kamu akan dapat mengingat apa yang terlupakan di dalamnya

9. Rekam informasi dengan tape recorder atau sejenisnya.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Dengan merekam suara kamu akan dapat memutarnya berulang kali dan metode ini sangat bagus bagi kamu yang mampu mengingat informasi audio dengan lebih baik. Saat kamu sedang mendengarkan suatu informasi, maka cobalah memperhatikan dan rekam dengan tape recorder. Dengan cara ini maka akan banyak jenis hal yang bisa diingat nantinya. Pertama, kamu akan melihat/membaca dengan mata, kemudian kamu akan mendengar informasi saat penyampaian dan mendengarkannya kembali dalam tape recorder dengan telinga, maka secara otomatis otak kita akan mengingat banyak hal yang berkaitan dengan penyampaian informasi tersebut. Semakin banyak kontak yang kita buat akan semakin memudahkan kita untuk mengingatnya.

10. Visualisasi.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Gunakan bahasa tubuhmu selama belajar, itu akan membantu memicu memori motorik.

11. Pilihlah materi/informasi terbaik.

Begini cara mudah mengingat sesuatu biar gak gampang lupa

Jangan memilih buku yang telah berusia lama, segala sesuatu telah banyak berubah sejak buku itu ditulis. Jangan sampai kamu salah nerima informasi yang sudah out of the date. Cari informasi teraktual melalui situs online atau buku terbaru.

Eitss, dalam poin ini bukan berarti kita dilarang membaca buku lama lhoya. Kalau tujuannya mau memperkaya wawasan, membandingkan informasi atau untuk kepentingan historis sih gapapa, tapi kalo baca buku lama untuk memecahkan masalah masa kini, aku saranin cari informasi terbaru aja ya.

Gimana, ampuh gak guys? Menurut aku sih tetep, cara yang paling ampuh adalah dengan cara kita sendiri.