×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini gejala & komplikasi yang bisa timbul dari infeksi saluran kemih

0

Kesehatan

Begini gejala & komplikasi yang bisa timbul dari infeksi saluran kemih

Jangan sampai kamu selalu menahan keinginan untuk buang air kecil, serta jagalah kebersihan kemaluanmu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Udin Sedunia

03 / 05 / 2019 13:15

ISK (Infeksi Saluran Kemih) yaitu kondisi di mana organ sitem kemih seperti ginjal, kandung kemih, uteri, dan uretra terkena infeksi. Seorang wanita bisa lebih rentan terkena infeksi ketimbang  pria, sebab wanita memiliki ukuran uretra (yang menghubungkan kandung kemih ke luar tubuh) yang lebih pendek, sehingga akses perpindahan bakteri ke kandung kemih menjadi lebih cepat.

Begini gejala & komplikasi yang bisa timbul dari infeksi saluran kemih

Sumber : https://kapsulmetama.com/

Penyakit ini bisa terjadi akibat bakteri E. Coli, bakteri yang tumbuh di dalam usus. Wanita bisa rentan terkena infeksi akibat perpindahan bakteri E. Coli, bakteri dari anus ke vagina. Cara membersihkan vagina yang salah (dari belakang ke arah depan) juga menjadi salah satu bakteri berpindah dengan mudah. Intinya, kebersihan kemaluan harus dijaga dengan baik dan benar.

Menurut gejalanya, ISK terbagi menjadi dua jenis.

Loading...

1. ISK bagian bawah.

Ini merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala yang akan dirasakan seperti air seni berbau tak sedap, sering buang air kecil, perut bawah mengalami kram, dan merasa bahwa urine tidak seluruhnya keluar setelah selesai kencing.

2. ISK bagian atas.

Infeksi ini terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala yang akan dialami seperti tubuh terasa dingin dan kadang mengigil, muncul rasa mual dan muntah, merasa sakit di bagian selangkangan, punggung, dan pinggang, serta mengalami diare.

Penyakit ini mungkin terdengar sepele, namun jika terlalu dibiarkan tetap saja sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahaya tersebut bisa menimbulkan beberapa komplikasi, seperti:

1. Sepsis (keracunan darah)

2. Gangguan pada ginjal

3. Melahirkan prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR).

4. Penyempitan uretra (terjadi pada pria)

Sebetulnya tidak ada penanganan yang terlalu khusus unuk mengobati ISK, walaupun itu tergantung tingkat keparahannya. Yang palaing penting adalah jangan sampai kamu selalu menahan keinginan untuk buang air kecil, dan jagalah kebersihan kemaluanmu (terutama wanita).

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red