×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara mengetahui pertumbuhan & perkembangan normal anak

0

Orangtua

Begini cara mengetahui pertumbuhan & perkembangan normal anak

Penting untuk mengetahui apakah anak telah melewati masa tumbuh kembangnya dengan baik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Maria Wahyu Manitissingsih Putri

30 / 01 / 2019 11:47

Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan jumlah, ukuran, atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu yang dapat diukur dengan ukuran berat (gram, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang, dan keseimbangan metabolik.

Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan serta struktur dan fungsi tubuh yang kompleks dan berkembang sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi fungsinya.

Singkatnya, pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik (kuantitas), sedangkan perkembangan berkaitan dengan pematangan fungsi organ/individu (kualitas).

Setiap bulan, tentu ibu sering membawa anak ke Posyandu untuk dilakukan penimbangan, namun yang jarang dilakukan adalah pemeriksaan untuk memantau perkembangan. Karena pemeriksaan perkembangan bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh awam, peran orang terdekat sangat penting karena mereka yang tahu bagaimana perkembangan anak setiap harinya.

 

Loading...

Mengenal pertumbuhan dan perkembangan anak usia 0-5 tahun.

Begini cara mengetahui pertumbuhan & perkembangan normal anak

Pertumbuhan di atas dilihat dari aspek berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala. Sedangkan perkembangan anak dilihat dari 4 komponen, yaitu motorik kasar, motorik halus, komunikasi serta sosial, dan kemandirian.

Anak dapat mengalami gangguan tumbuh kembang karena beberapa faktor seperti penyakit, status gizi, keturunanm kelainan genetik, dsb. Apabila orang tua menemukan keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan, alangkah baiknya bila segera berkonsultasi pada tenaga kesehatan terkait agar anak segera mendapat pertolongan. Jangan sepelekan hal-hal kecil yang terjadi pada anak ya, karena harta yang paling indah adalah keluarga, sepatutnya kita jaga. Have a nice day.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red