×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara mengatasi pilek karena alergi dan infeksi

0

Kesehatan

Begini cara mengatasi pilek karena alergi dan infeksi

Baik pilek karena alergi maupun infeksi bisa diatasi tanpa harus menggunakan obat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

29 / 04 / 2019 17:15

 

Dalam istilah medis pilek dikenal dengan rinitis, yaitu adanya peradangan pada hidung. Ketika seseorang terserang, maka hidungnya akan tersumbat, berair, atau besin dan gatal-gatal.

Pilek itu sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu pilek akibat alergi dan pilek akibat infeksi. Pilek alergi bisa terjadi akiba  terpapar oleh suatu alergen (zat atau bahan pemicu alergi), seperti debu atau bulu hewan, asap rokok, asap kendaraan, dan cuaca dingin. Sedangkan pilek infeksi disebabkan  oleh  virus  atau bakteri  yang menyerang.

Begini cara mengatasi pilek karena alergi dan infeksi

Sumber : https://lingshenyao.id/

Jika kamu terkena pilek, baik itu karena infeksi ataupun alergi, nampaknya tidak perlu bingung sebab ada cara untuk membedakan sekaligus mengobati pilek tersebut.

Loading...

1. Pilek karena alergi.

Kondisi pilek yang disebabkan oleh alergi biasanya susah untuk sembuh dan sering terjadi berulang-ulang dalam rentan waktu yang berdekatan. Untuk memastikan apakah itu pilek akibat alergi atau bukan, kamu tinggal melihat saja ciri-cirinya. Seperti ingusan yang tidak disertai demam, sering bersin di pagi hari, pernah mengalami dermatitis atopi, adanya pemicu yang jelas sebelum terjadi pilek (seperti akibat memelihari binatang, terkena bulu kucing misalnya).

Pilek sebetulnya tidak memerlukan obat, apalagi jika pilek akibat alergi. Yang cukup kamu lakukan adalah menghindari pemicunya. Perhatikan juga lingkungan harus tetap bersih dari debu, asap rokok, dan bulu hewan.

 

2. Pilek karena infeksi.

Kondisi ini disebabkan oleh  kuman, mikroba atau virus, tapi penyebab terbesar adalah virus. Ciri-cirinya penderita akan merasakan demam dan tubuh pegal-pegal. Kalau kondisi ini menyerang pada bayi, ia akan uring-uringan dan rewel.

Tak ada obat yang berarti untuk mengobati pilek. Cukup penuhi saja dengan minum yang banyak, dan penuhi dengan asupan makanan yang bergizi. Dan jangan lupa untuk selalu beristirahat.

Begitu mudah kan caranya. Intinya, jika lingkungan selalu bersih dan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, maka kamu pun tidak akan mudah untuk terserang penyakit, termasuk pilek.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red