×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara kreatif mengubah smartphone menjadi camcorder

0

Gadget

Begini cara kreatif mengubah smartphone menjadi camcorder

Gambar oleh Tobias Albers-Heinemann dari Pixabay

Cocok banget buat para wartawan lepas.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Photomarmar

12 / 09 / 2019 12:46

Pernahkah kamu melihat seorang reporter sedang direkam dengan sebuah kamera besar untuk liputan? Jika pernah, kamera itu biasa disebut camcorder. Para wartawan biasanya menggunakan camcorder untuk mendokumentasikan berita dalam sebuah video untuk disiarkan ke stasiun televisi.

Nah, jika kamu seorang wartawan/jurnalis lepas, kamu bisa kok membuat kamera HP menjadi camcorder untuk merekam berita dan wawancara. Dengan tambahan beberapa perangkat pendukung, kamera HP kamu akan menjadi camcorder dengan tampilan yang lumayan keren. Bagaimana caranya? Baca dulu yuk ulasan berikut.

1. Apa itu camcorder?

Begini cara kreatif mengubah smartphone menjadi camcorder

Foto: https://pixabay.com/id/photos/camcorder-kameramen-video-media-4430518/

Loading...

Camcorder adalah sebuah kamera yang dibuat khusus untuk merekam video. Walaupun camcorder bisa mengambil foto, namun fungsi utamanya adalah untuk membuat video.
Ada banyak jenis kamera camcorder, dari yang kecil seperti handycam sampai camcorder yang berukuran besar dengan fiitur lengkap seperti pada kamera yang sering digunakan oleh reporter.

2. Alat dan aksesori membuat camcorder.

Begini cara kreatif mengubah smartphone menjadi camcorder

Foto: https://pixabay.com/id/photos/smartphone-mobile-pelaporan-video-2758475/

Jika budget yang kamu punya tidak cukup untuk membeli sebuah camcorder, kamu bisa sedikit kreatif dengan membuat kamera HP menjadi camcorder untuk liputan. Nah, berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kamera liputan yang bagus.

Smartphone.

Benda yang satu ini memang sudah dimiliki oleh semua orang. Kamu bisa menggunakan smartphone apa saja untuk merekam video. Pastikan juga kualitas videonya bagus ya.

Microphone.

Tidak kalah penting, microphone berguna untuk memperjelas audio dalam perekaman video. Banyak jenis-jenis microphone yang beredar di toko online ataupun toko offline dengan harga yang terjangkau.

• Lampu led.

Lampu led juga penting jika kamu ingin mencari berita pada malam hari. Sama seperti microphone, lampu led juga banyak dijual di toko online dengan harga yang terjangkau.

• Tripod.

Tripod panjang sangat berguna jika kamu ingin melakukan wawancara di tempat dan tidak sambil berjalan. Dan tripod mini bisa kamu gunakan sebagai gagang untuk merekam liputan.

Holder smartphone.

Holder smartphone biasa dipasang pada tripod, kegunaan holder ini adalah untuk menjepit smartphone.

3. Jika perlu gunakan stabilizer.

Begini cara kreatif mengubah smartphone menjadi camcorder

Foto: https://pixabay.com/id/photos/film-dji-ronin-gimbal-mustang-3603438/

Fungsi stabilizer adalah untuk mengurangi shaky atau guncangan yang membuat rekaman video jadi kurang menarik. Walaupun stabilizer tidak terlalu dibutuhkan untuk kegiatan liputan dan wawancara, tidak ada salahnya menggunakan alat ini untuk menyempurnakan kualitas video kamu.

4. Edit rekaman menggunakan aplikasi di android.

Begini cara kreatif mengubah smartphone menjadi camcorder

Foto: https://pixabay.com/id/illustrations/video-film-animasi-smartphone-app-1240742/

Kelebihan menggunakan smartphone untuk merekam video adalah kita bisa langsung bisa mengedit hasil rekaman video liputan di smartphone dengan aplikasi editing video. Kamu tinggal download aplikasinya di PlayStore ataupun app store.

5. Teruslah berlatih dan belajar untuk menjadi reporter atau wartawan yang baik.

Begini cara kreatif mengubah smartphone menjadi camcorder

Foto: https://pixabay.com/id/photos/wartawan-kamera-media-berita-852096/

Sebagai wartawan/jurnalis lepas, kamu pun harus tetap berlatih dan belajar dalam mencari dan membuat sebuah berita. Karena berita harus mengandung fakta. Kamu harus benar-benar mendapatkan informasi dari narasumber yang terpercaya agar berita yang kamu buat berkualitas, kuat, dan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Membuat camcorder menggunakan smartphone sebenarnya sama seperti membuat set up kamera untuk vlogging menggunakan smartphone. Tidak perlu membeli perangkat tambahan dengan harga yang mahal, sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa membuat video dengan kualitas yang bagus walau hanya dengan smartphone.

Semoga bermanfaat, tetap kreatif dan terima kasih.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red