×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 tips menyambut Ramadhan bersama keluarga

0

N/A

Begini 5 tips menyambut Ramadhan bersama keluarga

Bulan yang dinanti akan segera tiba, untuk memaksimalkan setiap detiknya maka perlu melakukan persiapan untuk menyambutnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Danu Putra A

02 / 05 / 2019 11:59

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Semua umat muslim dengan sukacita menyambut Ramadhan. Nah, apa saja persiapan yang perlu kamu dan keluarga lakukan untuk menyambut bulan yang penuh dengan keistimewaan ini? Berikut penulis sajikan persiapan keluarga siaga dalam menyambut bulan Ramadhan.

1. Mempelajari amalan Ramadhan.

Persiapan Ramadhan

Persiapan Ramadhan (Sumber: Kiblat.net)

Dibutuhkan pengetahuan tentang amalan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan. Ibarat para siswa yang sedang mempersiapkan ujian akhir, persiapannya harus ekstra agar memperoleh hasil yang memuaskan. Begitu pun Ramadhan sebagai bulan pendidikan (Tarbiyah), persiapan keilmuan penting untuk mengetahui poin poin amalan agar menjadi yang terbaik di bulan yang terbaik.

Loading...

Persiapan keilmuan dapat diperoleh dengan menghadiri kajian di masjid masjid atau jika aktivitasmu padat, kamu dapat mendengarkan kajian via youtube dan mengikuti kajian di sosial media dengan keyword Persiapan Ramadhan.

Bagi kamu yang telah berkeluarga, persiapan keilmuan adalah hal yang harus dipersiapkan dari sekarang. Sebagai pemimpin atau pemberi tauladan dalam keluarga tentu membutuhkan keilmuan yang baik agar dapat juga memberikan tauladan yang baik.

 

2. Olah raga terjadwal.

Olah Raga Keluarga

Olah Raga Bersama Keluarga (Sumber: SisiDunia.com)

Menjaga kebugaran selama bulan Ramadhan adalah seuatu keharusan. Satu bulan merupakan waktu yang akan ditempuh di bulan Ramadhan. Kamu akan bertemu dengan sholat Taraweh, Tahajud, dan sahur pada awal Subuh dan aktvitas lainnya yang menguras energi. Tentunya agar dapat menjalaninya dengan nyaman, dibutuhkan kondisi tubuh yang prima.

Persiapan dimulai dari membuat jadwal olah raga rutin yang disepakati bersama keluarga, kemudian mulai mempraktikkannya sebelum Ramadhan agar tubuh mulai terbiasa dengan pola yang baru. Pada jadwal yang telah kamu tentukan pastikan waktu mulai dan jangka waktunya agar aktivitas ini terkontrol dan tidak mengganggu aktivitas ibadah utama kamu dan keluarga.

 

3. Siapkan dana sedekah.

Dana Sedekah

Sedekah dibulan Ramadhan (Sumber: www.nu.or.id)

Di bulan Ramadhan setiap amalan dilipat gandakan. Agar kamu menerima balasan yang juga berlipat, maka amalan amalan di bulan lainnya harus dilipat gandakan. Seperti sedekah, sebaiknya kamu mempersiapkan dana khusus yang akan dikeluarkan selama bulan Ramadhan sebagai cara untuk mengistimewakan bulan nan mulia.

Diskusikan dengan keluarga berapa target sedekah yang akan kamu keluarkan, kemudian dana tersebut dipisahkan dari uang belanja sehari-hari. Atau bia juga setiap anggota keluarga masing-masing berlomba mengeluarkan sedekah terbaiknya.

 

4. Silaturahmi dengan sanak keluarga.

Silaturahim

Silaturahim (Sumber: Islami.co)

Terkadang aktivitas yang padat membuat kamu tidak sempat untuk bersilaturahim dengan keluarga, terlebih lagi kamu lupa kesalahan kesalahan yang tidak sengaja dilakukan dan belum meminta maaf atas kesalahan tersebut. Untuk menjaga kemuliaaan dan ketenangan ibadah pada bulan Ramadhan, sebaiknya kamu mengunjugi mereka untuk mempererat tali persaudaraan.

Silaturahmi tidak saja dilakukan pada saat hari lebaran atau idul fitri, justru akan lebih baik dilakukan pada awal Ramadhan. Jika silaturahmi hanya pada hari lebaran, ditakutkan waktu libur akan segera berakhir dan kamu belum sempat bertemu dengan sanak keluarga.

Silaturahmi dapat dilakukan dengan mengunjungi langsung sanak keluarga yang masih dapat dijangkau, misalnya keluarga yang masih dalam satu kota domisili. Dapat juga dengan mengadakan acara di rumah lalu mengundang penceramah (mubaligh) dan membahas tema seputar Ramadhan. Cara lainnya seperti mengunjungi tempat wisata tertentu dan berkumpul bersama. Beberapa cara silaturahmi tersebut dapat kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga.

 

5. Perbanyak membaca Al Quran.

Membaca Al Quran

Membaca Al Quran (Sumber: www.nu.or.id)

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran. Para alim ulama ketika menjelang Ramadahan mulai mengkhususkan dirinya dengan Al Quran. Dapat kita lihat  satu minggu menjelang Ramadhan, sebagian besar tempat pengajian secara serentak melakukan penutupan aktivitas, dimaksudkan agar waktunya dimaksimalkan dengan memperbanyak membaca Al Quran.

Setiap orang akan berlomba memperbanyak bacaan Al Quran dengan target beberapa kali menyelesaikan bacaan Al Quran. Sedangkan kamu harus tetap beraktivitas seperti biasanya. Namun tidak perlu khawatir kamu dapat menargetkan menyelesaikan bacaan tanpa meninggalkan pekerjaan kamu dengan menjadwalkan waktu khusus bersama Al quran.

Rata-rata 1 juz Al Quran sebanyak 10 lembar, setiap selesai sholat 5 waktu kamu cukup membaca Al Quran sebanyak 2 lembar. 1 hari akan diperoleh 1 juz sehingga selama Ramadhan kamu dapat menyelesaikan bacaan Al Quran. Begitupun jika target kamu dua kali atau lebih, kamu hanya perlu menambah lembaran bacaan pada setiap selesai sholat. Secara tidak langsung target menyelesaikan bacaan Al Quran kamu tercapai dan kamu dapat melakukan aktivitas lainnya.

Ajaklah istri dan anak kamu untuk mempraktikannya, terutama ketika kamu sedang di rumah. Selesai sholat buatlah lingkaran kecil dan secara bergantian membaca Al Quran, maka akan kamu rasakan ketenangan di dalam diri dan rumah kamu.

Demikian persiapan yang dapat dilakukan keluarga siaga menyambut kedatangan bulan yang dinanti. Selamat berburu pahala dan menjadi yang terbaik.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red