×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 tips mengatasi stres dengan mudah

0

Kesehatan

Begini 5 tips mengatasi stres dengan mudah

Ada beberapa tips cara atasi stres. Jika mengalami kesulitan mencoba semuanya sekaligus, pilih satu cara yang paling nyaman kamu lakukan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Desya Aldina Fajar

22 / 07 / 2019 12:52

Stres merupakan keadaan seseorang yang mengalami tekanan yang cukup berat secara emosi dan mental yang dapat memengaruhi psikologi dan berdampak pada cara bersikap dan kesehatan fisik bagi penderitanya.

Dalam hidup ini siapa saja penah mengalami stres dan pada saat stres siapa saja akan lebih mudah marah dan gelisah. Mengalami stres merupakan hal yang wajar dialami setiap orang dalam melakukan suatu hal. Secara normal menimbulkan dampak positif, namun pada seseorang akan bekerja lebih cepat saat mengejar deadline sehingga menyebabkan stres yang berlebihan dan berdampak negatif bagi kesehatan mental secara umum bila terjadi terus-menerus. Dalam hal ini stres yang berlebihan bila berlanjut lebih lama bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan seseorang yang mengalami stres mudah terkena penyakit. Apa saja tips untuk mengatasi stres? Berikut penjelasannya.

1. Mencari tahu apa penyebab stres.

Dalam kasus ini seseorang dengan dirinya sendirilah yang mengetahuinya kemudian tulislah apa saja yang menjadi pemicu stres itu sehingga dapat mengantisipasi langkah apa yang akan diambil untuk mencegah dan melawan stres.

2. Memasang senyum.

Loading...

Ini adalah cara menghilangkan atau mengatasi stres yang telah dibuktikan oleh penelitian di Psychological Science tahun 2012. Dengan memasang senyum lebar akan menghasilkan perubahan aktivitas otak yang berhubungan dengan suasana hati agar menjadi lebih bahagia.

3. Merelaksasikan pikiran.

Melakukan relaksasi pikiran dengan hal yang disenangi seperti membuat kerajinan tangan, mencoba untuk menulis tentang hal-hal yang mengganggu pikiran secara rutin setiap hari, mengungkapkan perasaan dengan menangis, dan meluapkan kemarahan tentang hal yang ingin diungkapkan kepada teman ataupun keluarga. Fokus terhadap apa yang sedang dihadapi pada saat ini. Namun jangan salah melampiaskan stres jika salah bisa memperburuk stres yang seseorang rasakan dan bisa meningkatkan berbagai risiko yang berbahaya bila tidak segera mengatasinya.

4. Mengambil napas dalam-dalam.

Cara ini telah terbukti bisa menurunkan kadar kortisol yang mampu mengurangi stres atau kecemasan dengan tutup mata dan ambil napas melalui hidung lalu hirup dalam-dalam melalui empat hitungan.

5. Mengelus-elus binatang.

Seperti kucing atau anjing dengan membelai, menyentuh, ataupun memeluk dengan penuh kasih sayang dapat cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Kedua hormon itu berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran serta otot dan cara itu membuat lebih rileks dan stres pun akan hilang.

Dalam mengatasi stres setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Cobalah atasi stres dengan cara-cara di atas. Jika mengalami kesulitan mencoba semuanya secara sekaligus, pilih satu cara yang paling nyaman dilakukan. Lakukan hal tersebut hingga menjadi kebiasaan.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red