Apakah kamu termasuk mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan finansial saat ini? Baik sekedar permasalahan uang jajan atau sampai permasalahan yang buat kamu sampai terlambat bayar SPP beberapa bulan.

Apakah yang akan kamu lakukan jika orangtuamu nan jauh disana? atau kamu memang sudah di situasi sulit dimana orangtua benar-benar tidak punya biaya lagi untuk membiayai kamu lagi? Itukah pertanda kamu bakalan jadi sarjana gagal, jadi mahasiswa yang tidak pernah sampai merasakan bagaimana rasanya dibenahin topinya oleh rektor. Semoga saja saat ini kamu tidak di situasi separah itu, merasa gagal tanpa perjuangan sedikitpun.

Ini sudah 2017 lho, merupakan tren-nya milleneal bisa menghasilkan duit tanpa perlu sarjana ataupun status akreditasi Universitas. Jika kamu masih merasa jika mahasiswa harus selalu dibiayai oleh orangtua, cobalah benahi pikiranmu saat ini juga.

Tahukah kamu, dibelahan dunia sana ada orang yang membutuhkan keahlian yang kamu miliki. Kamu bisa kerja part-time untuk mereka dan menghasilkan duit dari keahlianmu itu. Jangan kamu bayangkan kerja part-time disini sebagai kerja part-time seperti kerja di toko cepat saji, kerja di warnet atau kerja part-time lainnya yang selama ini kamu kenal. Jika dulu kerja di warnet 8 jam dikatakan sebagai part-time, sekarang kerja seperti itu disebut full-time bro!

Perkembangan teknologi telah merubah segalanya, termasuk dalam bekerja. Situs-situ ini akan memberikan pengalaman kerja yang beda banget, baik secara fleksibilitas jam kerja maupun hasil yang didapatkan.

Kamu bisa kerja di dalam kos namun berhadapnnya dengan orang yang berada di belahan dunia lain. Kamu bisa ngatur jam kerja kamu sesukamu, kamu bahkan boleh tidak kerja saat mood lagi jelek tapi tentu saja akan berpengaruh pada penghasilanmu. Berikut ini beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk mencari penghasilan selagi kamu masih di bangku kuliah :

1. 99Designs

4 Situs penolong masalah keuangan untuk anak kuliah, kasih kamu duit
Situs ini sengat bagus sekali untuk melatih kreativitasmu terutama di bidang desain, cocok sekali buat hipster kayak kamu. Ada banyak sekali kategori kebutuhan desain yang diminta oleh orang-orang dari berbagai negara di dunia. Orang yang membutuhkan desain biasanya di sebut contest holder.

Mereka akan membuat kriteria desain yang dibutuhkan, yang kemudian disebut brief. Melalui brief tersebut kamu akan tahu seperti apa desain yang dibutuhkan oleh contest holder. Kamu bisa melatih kreativitasmu selagi menjajal keahlianmu di dunia industri yang sebenarnya. Setelah kamu gabung dan mengirimkan desainmua, contest holder tadi akan mereview dan bahkan memberikan feedback. Ketika contest holder suka dengan desain kamu, maka dia akan memilih desain kamu dan kamu jadi pemenang.

Sebagai pemenang, kamu akan mendapatkan hasil berupa uang yang sebelumnya telah diset oleh contest holder. Hadiahnya lumayan kok, bisa sekitar $200 sampai $500 atau kalau dirupiahkan menjadi 2,8 juta hingga 7 juta (dengan kurs 14.000). Web sejenis yang menawarkan pengalaman serupa antara lain crowdspring.com, designcrowd.com

2. iWriter

4 Situs penolong masalah keuangan untuk anak kuliah, kasih kamu duit
Buat kamu yang sudah lama menjadi penulis, kamu bisa gunakan situs ini untuk mengasah kemampuan menulis kamu sesuai kebutuhan industri sebenarnya dan bisa menjadi sumber pendapatanmu saat kamu masih dibangku kuliah.

iWriter merupakan platform untuk menjual jasa penulis berskala Internasional dengan penghasilan yang cukup lumayan. Kalau kamu biasa mendapat uang 25ribu per artikel(500 kata) untuk media di Indonesia, kalau di iWriter kamu bisa dapatkan $35 per 500 kata.

3. Eyeka

4 Situs penolong masalah keuangan untuk anak kuliah, kasih kamu duit
Eyeka merupakan salah satu situs yang bisa menghasilkan lumayan juga di Internet. Situs ini banyak mendatangkan brand besar agar kita bisa bantu mereka dan kita akan mendapatkan uang dari keahlian kita.

Jenis jasa yang dibutuhkan antara lain video, ide kreatif, desain produk, dan desain cetak. Semua kontes di sana nilainya lebih dari 1000 Euro atau sekitar 15 juta (dengan kurs 15.000). Coba bayangkan kamu di kos dengan niat mengasah ilmu tapi dapat duit lebih jika dibandingkan dengan kerja kantoran selama sebulan.

4. Getty Image

4 Situs penolong masalah keuangan untuk anak kuliah, kasih kamu duit

Mungkin kamu dibekali kamera saat masih berada di bangku kuliah, baik itu warisan dari orangtuamu atau memang kamu meminta biat gaya-gayaan sama temen-temen kamu. Kenapa tidak coba belajar menjajal skill photography-mu saja? Situs semacam getty images juga akan menjadi portofoliomu di masa yang akan datang.

Saat kamu mencoba jadi kontributor selama di bangku kuliah, kamu punya banyak waktu untuk mencoba-coba gaya photography kamu. Jadi contributor getty images itu tidak gampang, kamu harus punya jam kerja tinggi, jadi mulailah saat berada di bangku kuliah. Jika kamu merasa keberatan masuk getty images yang memang punya standard photo yang tinggi, kamu bisa mencoba 123rf, istockphoto ataupun beberapa microstock lainnya.

Itu tadi 4 situs yang bisa membantu kamu menangani masalah finansial yang bisa menggagalkanmu menjadi sarjana muda, sarjana yang bisa membanggakan kedua orangtua.