Penyakit Tipes atau dikenal juga sebagai demam Tifoid yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thypi.Penyakit yang biasanya terjadi karena adanya kontaminasi pada makanan atau minuman.

Adapun beberapa gejala anda terjangkit bakteri ini,demam tinggi,mual,muntah,sakit kepala,ruam /bintik merah,nyeri pada sendi/otot,diare,sembelit,sakit perut,kehilangan nafsu makan,lemah dan lesu.

Jika anda mengalami gejala-gejala diatas sebaiknya segerakan untuk periksa kedokter.

Dan bagi anda yang suka jajan dipinggir jalan juga harus berhati-hati.Apalagi yang suka minum es yang tidak tahu air pembuatannya berasal dari mana.Kalian harus memastikan lagi kebersihannya.Karena Bakteri ini sangat mudah mengontaminasi yang biasanya terbawa melalui kotoran atau langsung dari penderita yang kurang menjaga kebersihannya.Semisal sehabis dari kamar kecil tidak cuci tangan sampai bersih.

Adapun beberapa cara menghindari terkena bakteri ini,cuci tangan pake sabunsebelum makan dan sehabis dari kamar kecil,jangan menambahkan pada minuman dengan es yang tidak jelas air pembuatannya,Belilah minuman kemasan itu lebih aman,jika terpaksa makan diluar pastikan makanan baru dimasak atau masih panas,dan lebih baik berhati-hati jika makanan dibuat oleh orang lain.