×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
ASMR: Fenomena baru untuk relaksasi, mengatasi insomnia, dan anxiety

0

N/A

ASMR: Fenomena baru untuk relaksasi, mengatasi insomnia, dan anxiety

Berikut ini 7 fakta yang perlu kamu tahu mengenai ASMR.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rachel Ikita

15 / 05 / 2019 10:45

ASMR adalah singkatan dari Auto-Sensory Meridian Response. ASMR mulai populer lewat para Youtuber yang disebut sebagai "ASMRtist". Mereka membuat video-video yang menenangkan. Beberapa ASMRtist yang terkenal adalah Sas-ASMR, GIBI ASMR, Gentle Wishpering ASMR, ASMR Darling, dan lain-lain. Berikut adalah fakta-fakta ASMR yang perlu kamu ketahui!

1. Bisa dialami secara langsung maupun tidak langsung.

Apakah kalian pernah merasa nyaman dan tenang saat seseorang berbisik dan melakukan personal attention pada kalian, seperti misalnya saat menyisir rambut, memakaikan make-up, atau memberikan pijatan? Kalau pernah, kalian berarti pernah mengalami fenomena ASMR secara langsung. Sedangkan fenomena ASMR secara tidak langsung bisa dialami pada saat menonton video yang menenangkan seperti video ASMR di atas.

Ada banyak macam video ASMR yang tersedia di YouTube, mulai dari roleplay, tapping atau suara ketukan jari, bisikan, suara makan, dan sebagainya.

Loading...

 

2. Tidak semua orang bisa mengalami sensasi ASMR.

(sumber:https://musicoomph.com/wp-content/uploads/2018/05/benefits-of-listening-to-classical-music.jpg)

Penelitian menunjukkan bahwa tidak semua orang bisa mengalami sensasi ASMR ini, bahkan mungkin mereka menganggap beberapa video ASMR ini aneh. Di antara kalian pasti mikir, 'Ini orang ngapain sih bisik- bisik ga jelas, bikin merinding. mana kamera dikasih lipstik segala'. Tapi memang itulah beberapa trigger yang menjadi favorite penonton video ASMR.

 

3. Dapat meredakan insomnia, stress, dan anxiety.

(sumber:https://www.heart.org/-/media/images/healthy-living/healthy-lifestyle/stress.jpg?h=417&w=740&la=en&hash=CD92988677C2F18778C24145E0D8215C4D8F36DE)

Beberapa penderita insomnia mengatakan bahwa ASMR membantu mereka untuk rileks dan membantu mereka untuk bisa tidur. Bahkan ASMR juga bisa meredakan anxiety atau gangguan kecemasan dan stress lho! Hal ini disebabkan oleh rasa tenang yang dirasakan saat menonton video ASMR.

 

4. Bisa hilang jika terlalu sering mengalaminya.

(sumber:https://cambridgewords.files.wordpress.com/2017/06/confused.jpg)

Studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa sensasi 'tingle' yang kita rasakan pada saat menonton video ASMR bisa menghilang jika kita terlalu sering mengalami hal tersebut. Penelitian ini dilakukan oleh Craig Richard di Universitas Shenandoah dengan partisipasi 16,000 orang. Kebanyakan partisipan mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan sensasi 'tingle' dan relaksasi jika terlalu banyak menonton video ASMR. Peneliti menyarankan untuk memberikan istirahat beberapa setelah menonton video ASMR untuk bisa mengembalikan sensitivitas.

 

5. ASMR di kalangan Youtuber Indonesia.

Tidak hanya di luar negeri, fenomena ASMR juga sudah merambah ke kalangan Youtuber Indonesia. Banyak YouTuber Indonesia yang mencoba membuat video ASMR. Selain itu Indonesia pun punya beberapa channel ASMR yang tak mau kalah. Beberapa ASMR-tist tersebut adalah QeiASMR, Let's Eat ASMR, Le ASMR, dan lain sebagainya.

 

6. Mulai digunakan untuk tujuan komersial.

Tidak hanya ASMRtist yang membuat video- video ASMR, namun ada beberapa perusahaan yang menggunakan ASMR untuk mengiklankan produk-produknya, seperti salah satu produsen perabotan rumah dari Jerman, IKEA.

Bahkan channel YouTube W magazine membuat video ASMR dari  beberapa selebritis Hollywood seperti Paris Hilton, Gal Gadot, Jack Gyllenhaal, Margot Robbie, Noah Centineo, dan lain sebagainya.

 

7. Beberapa 'trigger'-nya memang tidak biasa.

Para ASMR-tist biasanya menggunakan bermacam-macam trigger dalam video ASMR. Seperti bisikan, ketukan jari, gerakan tangan, dan suara mulut. Namun ada juga beberapa ASMR-tist yang menggunakan trigger yang tidak biasa dengan memakan sesuatu yang tidak layak dimakan, seperti make up, uang kertas, lilin, dan sebagainya. Wah brutal banget. Jangan ditiru ya, guys.

Itulah beberapa informasi tentang fenomena ASMR yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan saat ini. Bagaimana, kalian tertarik menonton video ASMR? Atau kalian sudah menjadi salah satu penggemar ASMR?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red