Berbeda dengan pembalut dan tampon yang bersifat menyerap cairan,menstrual cupbekerja dengan mengakumulasi atau menampung darah haid layaknya cangkir atau cawan. Terbuat dari bahanmedical grade, menstrual cupdiklaim tidak menyebabkan alergi, iritasi, atau bau tak sedap.

Di Indonesia sendiri penggunaan alat ini belum begitu populer. Pembalut masih menjadi pilihan utama wanita saat menstruasi, dan sayangnya sekaligus merupakan penyumbang terbesar sampah plastik dunia selain popok bayi. Menstrual cuptidak hanya dipandang sebagai pilihan untuk wanita yang sensitif dengan bahan kimia tertentu, tetapi juga gerakan kampanyeeco-friendlymembuat alat tersebut populer baru-baru ini. Berbentuk mirip dengan gelas wine, alat ini hadir dalam berbagai jenis, ukuran, bahkan model dan warna. Panjang gagang yang berfungsi untuk menarik keluarmenstrual cuppun memiliki ukuran dan bentuk yang beragam.

Apa fungsi dan cara kerjamenstrual cup?

Ini lho penjelasan lengkap tentang Menstrual Cup, cewek wajib tahu

Jika kamu berpikirmenstrual cupberfungsi untuk memompa darah haid, kamu salah besar. Menstrual cuphanya berfungsi sebagai wadah sementara darah haid. Alat tersebut tidak akan menimbulkan efek apapun pada siklus menstruasi kamu.

Bagaimana cara pasangmenstrual cup?Apakah sakit?

Ini lho penjelasan lengkap tentang Menstrual Cup, cewek wajib tahu

Cara penggunaanmenstrual cuphampir sama dengan tampon, yaitu memasukkannya ke saluran Miss V. Pastikan tangan kamu bersih ya! Untuk memasukkannya, lipat dulumenstrual cup.Nah, tipe lipatan inilah yang perlu diperhatikan. Selain membutuhkan ketelatenan,ladiesjuga harus tahu tipe lipatan mana yang cocok dan nyaman.

Saat proses memasukkanmenstrual cup, kamu harus benar-benar tenang dan rileks. Selain akan mempermudah masuknya alat tadi, keadaan tegang akan membuat otot sekitar Miss V kaku dan beresiko terluka saat pemasangancup. Untuk pemakaian pertama kali, kamu juga bisa menggunakan bantuanlubricantberbasis air. Namun lagi-lagi,ladiesharus cari tahu dulu ya, apakahlubricanttersebut aman untuk digunakan. Pastikan memasukkanmenstrual cup hingga terdengar bunyi pop! Itu tandanya, alat tersebut telah terbuka sempurna dari lipatan yang dilakukan di awal tadi. Jika proses memasukkanmenstrual cuptersebut dijalankan dengan benar dan lancar, maka tentu tidak akan ada rasa sakit.

Saat dipakai, apakah akan terasa mengganjal?

Jika dimasukkan dengan benar, pengguna tidak akan merasakan keberadaanmenstrual cuptersebut. Ya, seolahladiestidak menggunakan alat apapun.menstrual cupjuga tidak akan bergerak masuk terlalu dalam dengan sendirinya, karena saluran Miss V tidak memiliki gerakan gaya peristaltik layaknya usus. Jadi, alat tersebut hanya akan diam di tempat dan menampung kumpulan luruhan dinding rahimladies.

Berapa lama harus dibersihkan? Caranya?

Idealnya per 12 jam. Untuk membersihkan tiap 12 jam sekali tersebut, cukup mencucimenstrual cuplayaknyaladiesmencuci Miss V. Sedangkan untuk pembersihan setelah periode menstruasi, pengguna dapat merebut alat tersebut layaknya membersihkan alat-alat bayi. Patut diingat, jangan sampaimenstrual cupmenyentuh dasar panci panas secara langsung ya, bisa-bisa nanti meleleh.

Bagaimana cara melepasmenstrual cup?

Ini lho penjelasan lengkap tentang Menstrual Cup, cewek wajib tahu

Rileks, lagi-lagi harus tenang. Mengatur napas dengan teratur dan tidak tegang merupakan kunci agar otot Miss V tidak kaku. Untuk melepasnya, pengguna hanya perlu mencubit gagang darimenstrual cupdan menariknya hingga seluruh alat keluar.

Bagaimana cara memilihmenstrual cupyang sesuai?

Mengenal jenis dan karakter Miss V merupakan hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakai tipemenstrual cuptertentu. Konsultasi ke dokter tentu adalah hal yang sangat disarankan. Namun, kamu juga bisa mencoba mempelajari dulu berbagai hal terkait menstruasi danmenstrual cupdihttps://putacupinit.com/. Situs tersebut juga menyediakan kuis interaktif yang bisa mengidentifikasi tipemenstrual cupmana yang cocok buat kamu.

Nah, menarik bukan? Dalam penggunaanmenstrual cup,hal terpenting adalah untuk selalu higienis. Selain perlunya memperhatikan kebersihan, lagi-lagi menentukan tipemenstrual cupyang cocok merupakan hal krusial. Berbagai kelebihan darimenstrual cupini memang begitu menarik untuk dicoba. Namun, untuk kamu yang tidak yakin akan pengaruhnya terhadaphymenatau selaput dara, sebaiknya menundanya terlebih dahulu dan benar-benar mengonsultasikannya dengan dokter dan orang-orang terdekat.