×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Antisipasi Corona, warga Prambanan lakukan penyemprotan mandiri

0

News

Antisipasi Corona, warga Prambanan lakukan penyemprotan mandiri

Aksi penyemprotan disinfektan rumah penduduk oleh warga Kokosan, Prambanan,Klaten / Foto: Sulistyawan

Masing-masing dusun diberikan jatah 30 liter cairan disinfektan dan penyemprotan tersebut dilakukan setiap minggu sekali.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulistyawan Ds

31 / 03 / 2020 10:42

 

Merebaknya virus Corona (Covid-19) juga meresahkan masyarakat pedesaan. Oleh karena itu beberapa masyarakat kemudian melakukan gerakan pencegahan Covid-19 secara mandiri. Seperti yang terlihat di Desa Kokosan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Masyarakat melakukan pencegahan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan dengan dana swadaya dan dilakukan secara gotong royong. 

Kepala Dusun III  Desa Kokosan, Nurdin Isnanto S.Kom menjelaskan bahwa aksi penyemprotan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar lingkungan  terbebas dari infeksi virus dan bakteri. Sebab wilayah Prambanan merupakan daerah wisata yang sangat rentan menjadi wilayah penularan virus berbahaya tersebut.

"Kegiatan ini merupakan langkah antisipasi, mengingat wilayah ini lokasinya sangat dekat dengan objek wisata Candi Prambanan. Jadi, tujuan utama dari kegiatan ini adalah menjaga agar lingkungan tetap bersih," ujar Nurdin kepada wartawan Minggu (29/3/2020).

Ditambahkan Nurdin, kegiatan penyemprotan cairan disinfektan itu dilakukan di semua dusun dengan tenaga penyemprot dari masyarakat sendiri. Masing-masing dusun diberikan jatah 30 liter cairan disinfektan dan penyemprotan tersebut dilakukan setiap minggu sekali. 

Loading...

Di samping itu, warga Kokosan juga selalu meningkatkan kewaspadaan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan serta melakukan social distancing dengan bekerja dan belajar di rumah. 

Sementara itu, terhadap para perantau yang bekerja di luar kota, jajaran pemerintah desa telah melakukan himbauan agar mereka untuk sementara tidak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Sedangkan untuk pemudik yang terlanjur sampai di desa, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat sesuai dengan Protokol Pencegahan yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.

Selain langkah-langkah tersebut, jajaran pemerintah Desa Kokosan juga selalu memberikan sosialiasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan dengan menjaga kebersihan rumah tangga dengan mencuci tangan setiap selesai melakukan pekerjaan apapun serta senantiasa mengenakan alat pelindung diri jika berada di luar rumah. (*/sulistyawan)





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red