Belum lama ini salah satu film jagoan dari Disney, yaitu Aladdin di-remakedan sudah tayang di bioskop Tanah Air. Film originalnya sendiri pertama kali rilis dalam versi kartun tahun 1992, kini filmnya digarap kembali dalam bentuk 3d dan life action.

Hal yang paling membekas di ingatan kita sewaktu menontonnya dulu tidak lain tidak bukan ialah ost lagunya yang berjudul A Whole New Worldyang sempat memenangkan Piala Oscar sebagai ost lagu terbaik pada ajang Piala Oscar ke-65 tahun 1992 silam.

Disney sendiri memang selalu menampilkan ciri khas di setiap filmnya dengan menyelipkan soundtrack lagu yang selalu menjadi hal memorable bagi kita. Namun tidak semua lagu di film-film garapan Disney memenangkan penghargaan Piala Oscar seperti ost Aladdin.

Nah, kali ini kita akan membahas bersama-sama 9 ost lagu dari film Disney yang berhasil membawa Piala Oscar sebagai ost lagu terbaik. Apa saja 9 lagu tersebut? Apakah dari 9 lagu tersebut adalah lagu kesukaan kamu? Mari kita simak di bawah ini.

1. Pinocchio (1940).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Dengan judul When You Wish Upon a Starlagu ost Pinocchio ini berhasil menjadi kemenangan Oscar pertama bagi Disney pada tahun 1940. Versi asli lagu ini sendiri dinyanyikan oleh Jiminy Cricket dalam opening film dan ending credit terakhir film tersebut. Pinocchio juga memenangkan Oscar untuk peraih nilai skor tertinggi pada tahun yang sama. Saking bangganya Disney pada lagu ikonik filmnya tersebut tersebut, Disney selalu memasang lagu tersebut hampir di semua opening sinema kartun Disney lainnya sampai tahun 1946.

2. Song of the South (1946).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Filmnya sendiri tidaklah terlalu populer dan laris, akan tetapi ost lagu film ini mampu mengangkat kepopuleran film Disney yang satu ini karna lagunya yang berjudul Zip-a-Dee-Doo-Dah berhasil membawa pulang penghargaan Piala Oscar tahun 1946.

3. Mary Poppins (1964).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Nah, kalau film non animasi dari Disney yang satu ini punya banyak sekali lagu di dalam satu filmnya. dari Supercalifragilisticexpialidocious lagu yang berjudul panjang dengan tanpa spasi hingga Step in Time, Mary Poppins memang dikemas dengan lagu-lagu ikonik yang enak didengar, akan tetapi Chim Chim Cher-ee lah yang memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Original Song.

Lagunya yang ceria yang menggambarkan tentang kehidupan seorang penyapu cerobong asap ini ditulis oleh Sherman Brothers, yang juga meraih Oscar dan Grammy untuk film tersebut di tahun yang sama. Dapat dua Piala Oscar dalam satu film lohh.

4. The Little Mermaid (1989).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Film animasi yang satu ini adalah film animasi yang banyak digemari para anak-anak perempuan di zamannya. Bukan hanya karena filmnya, tetapi juga karena lagunya yang berjudul Under the Sea yang disusun oleh Alan Menken berhasil memenangkan Piala Oscar pada tahun 1989 untuk kategori Best Original Song.

5. Beauty and the Beast (1991).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Animasi 1991 Beauty and the Beast adalah kisah sukses lainnya bagi komposer film Disney. Masih di bawah aransemen Alan Menken yang pernah berhasil membawa penghargaan Piala Oscar untuk kategori lagu terbaik pada film sebelumnya yang berjudul The Little Mermaid 1989. Kini ia kembali berhasil membawa pulang Piala Oscar lagi di film Beauty and The Beast 1991 dengan judul yang sama dengan filmnya. Awalnya lagu ini direkam oleh Angela Lansbury (Mrs. Potts), namun Disney kembali merekam ulang dengan menggandeng penyanyi kawakan Cline Dion dan Peabo Bryson untuk film tersebut.

6. Aladdin (1992).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Siapa yang tidak tahu lagu dari film animasi Disney yang satu ini. Duet Aladdin dan Jasmine pada judul lagu A Whole New World meraih penghargaan Piala Oscar untuk kategori Best Original Song di Academy Awards ke-65. Bukan hanya itu saja, lagu lainnya dari film Aladdin yang berjudul Friend Like Me yang dinyanyikan oleh Robin Williams yang berperan sebagai Genie juga dinominasikan untuk penghargaan. Dan film ini sendiri memenangkan Oscar sebagai film animasi terbaik.

7. The Lion King (1994).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Can You Feel the Love Tonight ost lagu dari The Lion King yang disusun oleh Elton John dengan lirik oleh Tim Rice, juga membawa pulang penghargaan pada tahun 1994.Luar biasanya lagi, film ini mendapat skor penuh dan satu-satunya kemenangan dari Hans Zimmer untuk penghargaan Piala Oscar hingga saat ini.

8. Pocahontas (1995).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Tidak butuh waktu yang lama hanya selang 1 tahun industri perfilman Disney dengan judul lagu Colours of the Wind yanglagi-lagi ditulis oleh komposer kawakan Disney, Alan Menken dibantu oleh penulis lirik Stephen Schwartz. Disney lagi-lagi kembali berhasil membawa pulang penghargaan Piala Oscar sebagai lagu ost film terbaik pada tahun 1995.

9. Frozen (2013).

9 Lagu dari animasi Disney ini berhasil memboyong pulang Piala Oscar

Lagu ost Frozen yang sempat booming beberapa tahun silam ini juga mendapat penghargaan Piala Oscar pada tahun 2013. Dengan judul Let It Go,film Disney yang satu ini berhassil membawa pulang penghargaan Piala Oscar ke-86 di tahun 2013. Bahkan di channel youtube Disney sendiri lagu ini tembus 1,7 miliar kali ditonton! Wow!