Meski zaman sudah modern, bukan berarti tradisi bisa dilupakan begitu saja lho! Termasuk juga dengan festival, yang digunakan sebagai media pelestarian tradisi. Meski terkadang dibilang aneh, tapi festival-festival ini merupakan festival yang unik di seluruh dunia lho!

Kamu perlu menikmati hidup, kan? Nah, dengan menyaksikan 9 fastival ini kamu pasti akan sangat senang. Tapi, kalau kamu belum bisa menyaksikannya secara langsung, yuk ketahui saja dulu tentang 9 festival unik di dunia ini yang berhasil dilansir dari berbagai sumber, Jumat (21/12). Check it out!

1. Festival HoliIndia

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

India merupakan salah satu negara yang memiliki banyak festival yang tetunya menarik. Tapi, ada satu festival yang lebih menarik dari sekian banyak festival, yaitu Holi.

Festival Holi atau Festival of Calours ini merupakan festival yang melibatkan banyak warna. Karena, setiap perayaan Holi pada setiap tanggal 13 Maret, penduduk asli India akan saling mewarnai tubuh menggunakan air berwarna. Mereka boleh menggunakan baskom, semprotan air atau media lainnya yang pastinya tidak membahayakan. Perayaan festival ini diawali dengan meyalaka api unggun Holika. Dan, pada mam sebelum hari-H para warga akan berkumpul untuk bernyanyi serta menari. Festival Holi ini terkesan sebagai festival paling ceria lho!

2. Dia de los MuertosMeksiko

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Festival yang dirayakan pada tanggal 1 dan 2 November ini digelar untuk mengigat orang-orang yang telah meninggal dunia. Hal tersebut dipercayai sebagai salah satu sarana untuk memperingati kedatangan dan kepergian roh.

Dalam perayaan ini, seluruh kota yang berada di negara Meksiko akan dihiasi dengan berbagai macam warna. Juga, para penduduk akan tampil mengenakan pakaian ala Hallowen untuk berkeliling kota.

Saat kamu tak sengaja menjumpai tanggal 1 dan 2 November di Meksiko, jangan sampai terkejut jika melihat ada tengkorak-tengkorak atau hantu keren yang berjalan di pinggiran jalan ya! Karena tengkorak tersebut adalah wujud manusia yang mengenakan kostum untuk berfestival, Dia de los Muertos.

3. Yee PengThailand

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Negara Thailand memiliki tradisi unik yang tak kalah menarik. Festival Yee Peng ini salah satunya. Festival yang melibatkan banyak orang dan juga lentera.Yap! Di Thailand ini festival Yee Peng dipercaya akan melepaskan kesialan, kemalangan serta penyakit yang diderita pada tahun sebelumnya.

Yee Peng merupakan perayaan yang dilakukan dengan pelepasan lentera yang bercahaya ke udara di sepanjang malam. Dan, pada saat itulah orang yang memanjatkan doa serta harapan saat lentera menyala akan segera dikabulkan oleh Tuhan, jika orang tersebut adalah orang yang baik. Untuk itulah festival Yee Peng ini masih dilestarikan hingga sekarang.

4. Cheese Rolling RaceInggris

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Cheese Rolling Race merupakan salah satu tradisi di Inggris yang sudah berjalan 200 tahun. Kegiatan ini melibatkan banyak orang, yang mana mereka akan berebut roda keju dalam sebuah balapan.

Kegiatan yang rutin dilakukan pada bulan Mei ini sangat mengundang rasa penasaran. Banyak orang yang antusisan dalam perayaannya, baik yang menonton maupun yang ikut bertanding.

Bagi siapapun yang memiliki keberanian, dia pasti akan mengikuti festival ini. Sebab dalam pelaksanaannya, Cheese Rolling Race berpotensi membahayakan, salah satu contohnya adalah terkilir karena terjatuh. Untuk itu, jika kamu berminat untuk tahu tentang tradisi ini, kamu bisa langsung berkunjung ke Inggris pada bulan Mei, tepatnya di Cooper's Hill-Gloucestershire.

5. Mermaid and MermenAmerika Serikat

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Festival Mermaid and Mermen yang melibatkan kaum lelaki ini ternyata terlihat unik. Karena tak hanya wanita saja yang bisa mengenakan pakaian mermaid, para lelaki pun bisa.

Festival yang digelar sebagai ajang mempertontonkan hasil karya para seniman di mata publik ini berhasil merebut perhatian. Kota New York merupakan tempat digelarnya festival unik ini. Festival yang digelar dengan menggunakan pakaian putri duyung ini bertujuan untuk menyambut datangnya musim panas yang hangat.

Pada saat festival ini digelar, maka seluruh kota New York akan libur, pun dengan kota-kota di seluruh Amerika Serikat. Hari festival Mermaid and Mermen ini telah menjadi hari libur Nasional di negara Amerika lho!

6. La TomatinaBunol, Spanyol

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Kegiatan ini merupakan festival tahunan yang diadakan di kota Bunol, provinsi Valencia, Spanyol. Siapapun yang hadir dan ikut dalam rangka semarak festival La Tomatina ini akan saling lempar melempar buah tomat dengan tujuan sebagai hiburan.

Bisa dibilang festival ini merupakan festival perang makanan terbesar. Karena banyak melibatkan banyaknya orang dengan jumlah buah tomat yang juga tak kalah banyaknya. Buah-buah tomat tersebut diletakkan pada lahan atau lapangan yang luas, lalu para peserta harus saling lempar tanpa menciderai lawannya. Seru sekali bukan?

7. Monkey Buffet FestivalLopburi, Thailand

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Masih di negara Thailand, kali ini adalah festival Monkey Buffet. Festival ini diadakan khusus untuk para monyet, yang dilakukan pada sabtu terakhir pada bulan November di kelenteng Pa Prang Sam Yot di Lopburi, Bangkok.

Ribuan kilo buah-buahan dikumpulkan di suatu arena/ tempat, dan diperuntukkan khusus untuk para monyet. Jadi, monyet-monyet yang berdatangan bisa makan sepuasnya.

Namun anehnya, monyet yang biasanya liar, pada saat festival ini, semuanya menjadi lebih bertabiat. Monyet-monyet itu pun seolah mengerti cara untuk menghargai para pendatang, termasuk turis. Bahkan, monyet-monyet yang berada di festival itu mengerti jika ada yang ingin mengambil foto monyet tersebut. Wah, menarik sekali bukan?

8. Jember Fashion CarnavalJember Indonesia

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Ternyata tak hanya di luar negeri saja lho yang bisa tampil eksis dengan berbagai macam kostum. Nyatanya, Indonesia juga memiliki hal yang serupa. Jember Fashion Carnaval namanya, festival yang diadakan di kota Jember ini dilaksanakan sampai sekitar satu mingguan Lho!

Kostum yang dikenakannya pun berasal dari berbagai macam daerah, dengan model dan warna yang berbeda-beda. Tentunya hal tersebut akan mewarnai harimu saat menyaksikannya secara langsung. Gimana nih guys, festival Indonesia gak kalah uniknya kan?

9. Rio Carnival, Rio de JanaeroBrazil

9 Festival unik di dunia ini bakal bikin kamu bilang melongo

Festival ini sangat terkenal di seluruh dunia, sehingga banyak sekali turis yang datang untuk menyaksikan festival ini. Siapapun yang datang akan disuguhi dengan tari samba yang begitu sensasional. Akan ada banyak penari yang menarikan tarian samba di atas kendaraan terbuka dengan pakaian yang sangat unik.

Festival ini dilakukan setiap tahun sebelum Prapaskah yang melibatkan dua juta orang di jalanan setiap harinya. Wah, termasuk festival yang besar, kan? Ada lagi satu fakta menarik dari festivak terbesar ini nih, yang mana festival ini dilakukan untuk menghormati para dewa dan juga perairan besar lho! Begitu kental ya tradisinya!

Nah gimana nih setelah tahu 9 festival unik di dunia ini? Kamu tertarik untuk menikmati festival ini secara langsung? Atau ingin terlibat di dalamnya? Siap-siap menabung dulu ya!