×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Olahan tahu populer, sering dikonsumsi masyarakat Indonesia

0

Wow

8 Olahan tahu populer, sering dikonsumsi masyarakat Indonesia

Di Indonesia, tahu sangat mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau sehingga mudah ditemukan dalam berbagai hidangan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhammad Haryo Pambudi

05 / 08 / 2021 15:45

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari biji kacang kedelai yang difermentasi. Proses pembuatan tahu juga mirip dengan tempe. Di Indonesia, tahu sangat mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau, sehingga semua kalangan masyarakat Indonesia dapat mengonsumsi tahu.

Perkembangan olahan tahu semakin hari semakin bervariasi, seperti beberapa olahan tahu berikut ini yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

1. Tahu bakso.

Tahu bakso atau disebut juga tahu gelondong jika di daerah Jawa ini merupakan tahu yang berisikan bakso. Olahan tahu bakso berasal dari Kota Ungaran, Kabupaten Semarang. Tahu bakso termasuk makanan yang awet karena bisa disimpan di kulkas.

2. Tahu walik.

Olahan tahu ini disebut tahu walik karena cara masaknya dengan cara dibalik. Tahu walik merupakan makanan khas daerah Banyuwangi. Tahu ini berisikan aci yang diberi bumbu dapur seperti bawang putih. Menyantap tahu walik sangat cocok jika bersama bumbu kecap.

3. Tahu mercon.

Eits, bukan berarti olahan tahu satu ini berisi mercon lho. Nama tersebut hanya perumpamaan saja. Disebut tahu mercon dikarenakan rasanya yang luar biasa pedas. Biasanya tahu mercon berisikan jamur, tetapi juga ada yang hanya tahu kosongan saja.

Loading...

4. Tahu bacem.

Tahu bacem memang sedikit berbeda dengan olahan tahu sebelumnya. Tahu ini memiliki warna cokelat kehitaman dan rasa yang manis. Di mana ada tahu bacem berarti di situ juga tempe bacem karena memang keduanya susah terpisahkan.

5. Tahu sayur.

Tahu sayur dapat diolah dengan cara direbus dan digoreng. Jika direbus, tahu akan dikombinasikan bersama sayur dan bumbu rempah-rempah. Berbeda halnya jika digoreng, tahu sayur dibentuk persegi dan diisi macam-macam sayuran lalu dibalur dengan tepung bumbu, kemudian digoreng.

6. Tahu telur.

Omelet tahu telur merupakan perpaduan antara tahu dan telur. Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya perlu menghancurkan tahu dengan sendok lalu dicampur telur, terakhir tinggal digoreng. Mengonsumsi tahu telur akan semakin enak jika bersama bumbu kacang.

7. Perkedel tahu.

Jika kita biasanya makan perkedel kentang, maka sekarang ada inovasi baru yaitu perkedel tahu. Tidak memerlukan bahan tambahan seperti tepung, membuat perkedel tahu hanya memerlukan tahu dan telur saja. Tahu yang dihancurkan dibentuk seperti perkedel lalu disiram dengan telur. Fungsi telur di sini sebagai perekat agar tahu tidak hancur saat digoreng.

8. Tahu sarang burung.

Yang terakhir adalah tahu sarang burung. Bentuk olahan tahu ini seperti sarang burung yang biasanya ada di pohon. Isi dari olahan tahu sarang burung adalah telur puyuh yang diletakkan di atas.

Itulah beberapa olahan tahu populer yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia menurut penulis. Semoga bermanfaat, terima kasih.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red