Kalian pasti pernah meninggalkan rumah, menutup pintu, lalu tiba-tiba menyadari bahwa handphoneketinggalan. Hal ini pasti sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan rasanya pasti mengesalkan karena harus bolak-balik lagi untuk mengambil barang yang kelupaan tersebut.

Gejala mindfulness rendah dan kebingungan seperti itu bukanlah bagian dari penuaan. Jika kalian sudah sering menjadi pelupa seperti itu, mungkin sekarang sudah saatnya untuk membangunkan kembali otakmu dan mencoba beberapa latihan yang dapat meningkatkan daya ingat seperti dalam daftar berikut ini.

1. Melakukanaktivitas sesekali memakai tangan yang tidak dominan.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Biasanya seseorang cuma memiliki satu tangan dominan, bisa yang kanan atau kiri (kidal). Tetapi cobalah untuk beralih tangan beberapa menit saat kalian beraktivitas. Menggunakan tangan yang tidak dominan akan memperkuat koneksi saraf di otak kalian. Hal itu bisa dilakukan dalam kegiatan seperti menyikat gigi, mencuci piring, menulis, membersihkan sesuatu, atau menuangkan minuman. Pertama kali melakukannya mungkin akan sangat sulit, tetapi perlahan-lahan kalian akan terbiasa, dan itu akan memberikan latihan yang baik pada otak kalian. Silakan dicoba.

2. Bacabuku keras-keras.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Membaca dengan keras juga dapat meningkatkan daya ingat. Berbicara dan mendengar diri sendiri berbicara membantu otak untuk menyimpan informasi. Kalian bisa melakukan latihan ini dengan teman atau keluarga. Jika kalian tidak dapat melakukannya, mungkin bisa beralih menggunakan buku audio (audio textbook). Metode membaca seperti ini melibatkan imajinasi dengan cara yang berbeda dan daerah otak lainnya yang tadinya minim digunakan pun mulai bekerja.

3. Makanpakai sumpit.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Suatu kegiatan yang melibatkan area terkonsentrasi sel-sel saraf di ujung jari dapat merangsang otak. Aktivitas ujung jari seperti menggunakan sumpit bisa membantu meningkatkan sirkulasi dalam otak. Ditambah lagi kalau kalian sangat menikmati makanannya, itu dapat membantu pencernaan dan membantu kalian mengendalikan kalori.

4. Memakai penyumbat telinga secara rutin.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Larry Katz dan Manning Rubin juga menyarankan untuk memakai penyumbat telinga. Rutinitas di pagi hari dapat membuat kita setengah mendengarkan karena otak kita memiliki ide yang cukup di waktu-waktu tersebut. Nah, dengan mengenakan penyumbat telinga kalian bisa mendapatkan sensasi lain dalam menyelesaikan tugas-tugas sederhana seperti makan atau minum kopi di mana hal tersebut bisa membuat otak kita lebih rileks dan jernih.

5. Kepalkantinju sesaat.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Para psikolog AS mengatakan bahwa mengepalkan tangan kanan selama 90 detik membantu dalam pembentukan memori. Dan gerakan yang sama di tangan kiri dapat meningkatkan daya ingat. Kesimpulan ini dibuat setelah percobaan dengan 50 orang dewasa yang ternyata berkinerja lebih baik dalam mengingat kata-kata dari daftar panjang sambil mengepalkan tangan mereka.

6. Menaikkandetak jantung tiga kali seminggu.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Memori juga bisa ditingkatkan dengan meningkatkan detak jantung tiga kali seminggu selama 20 menit. Kalian bisa melakukan hal tersebut dengan berjalan dan memeriksa detak jantung kalian dengan jam tangan pintar atau smartwatch. Otak akan terbenam dalam oksigen dan itu akan membantu dalam menumbuhkan sel-sel baru. Itulah sebabnya latihan aerobik sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

7. Buatlah puzzle kata-kata.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Ambil kata apa saja yang kalian suka dan mulailah memvisualisasikan ejaan kata tersebut di kepala. Setelah selesai melakukan ini, pikirkan kata-kata lain yang dimulai atau diakhiri dengan dua huruf yang sama. Teka-teki semacam ini akan membuat otak kalian aktif dan tajam.

8. Bukajendela mobil saat berkendara atau bermotor.

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Mengemudi dalam ketenangan bisa membuatmu begitu rileks, apalagi kalau cuaca di luar begitu sempurna. Suasana paling menyenangkan itu seperti saat setelah turun hujan, lalu dengarkan burung bernyanyi dan semacamnya. Otak kalian secara otomatis akan segera mulai membuat asosiasi antara pemandangan, suara, dan bau yang sudah kalian perhatikan. Paling baik lagi, berkendara memakai sepeda motor dengan suasana pedesaan yang asri, dijamin otak langsung fresh.