×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

0

Kesehatan

8 Latihan otak ini bisa membuat daya ingatmu makin kuat

Kamu yang pelupa bisa mencobanya, nih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

03 / 10 / 2019 21:48

Kalian pasti pernah meninggalkan rumah, menutup pintu, lalu tiba-tiba menyadari bahwa handphone ketinggalan. Hal ini pasti sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan rasanya pasti mengesalkan karena harus bolak-balik lagi untuk mengambil barang yang kelupaan tersebut.

Gejala mindfulness rendah dan kebingungan seperti itu bukanlah bagian dari penuaan. Jika kalian sudah sering menjadi pelupa seperti itu, mungkin sekarang sudah saatnya untuk membangunkan kembali otakmu dan mencoba beberapa latihan yang dapat meningkatkan daya ingat seperti dalam daftar berikut ini.

1. Melakukan aktivitas sesekali memakai tangan yang tidak dominan.

Memakai Tangan Non-Dominan

Biasanya seseorang cuma memiliki satu tangan dominan, bisa yang kanan atau kiri (kidal). Tetapi cobalah untuk beralih tangan beberapa menit saat kalian beraktivitas. Menggunakan tangan yang tidak dominan akan memperkuat koneksi saraf di otak kalian. Hal itu bisa dilakukan dalam kegiatan seperti menyikat gigi, mencuci piring, menulis, membersihkan sesuatu, atau menuangkan minuman. Pertama kali melakukannya mungkin akan sangat sulit, tetapi perlahan-lahan kalian akan terbiasa, dan itu akan memberikan latihan yang baik pada otak kalian. Silakan dicoba.

Loading...

2. Baca buku keras-keras.

Baca Buku Keras-Keras

Membaca dengan keras juga dapat meningkatkan daya ingat. Berbicara dan mendengar diri sendiri berbicara membantu otak untuk menyimpan informasi. Kalian bisa melakukan latihan ini dengan teman atau keluarga. Jika kalian tidak dapat melakukannya, mungkin bisa beralih menggunakan buku audio (audio textbook). Metode membaca seperti ini melibatkan imajinasi dengan cara yang berbeda dan daerah otak lainnya yang tadinya minim digunakan pun mulai bekerja.

3. Makan pakai sumpit.

Menggunakan Sumpit

Suatu kegiatan yang melibatkan area terkonsentrasi sel-sel saraf di ujung jari dapat merangsang otak. Aktivitas ujung jari seperti menggunakan sumpit bisa membantu meningkatkan sirkulasi dalam otak. Ditambah lagi kalau kalian sangat menikmati makanannya, itu dapat membantu pencernaan dan membantu kalian mengendalikan kalori.

4. Memakai penyumbat telinga secara rutin.

Memakai Earplugs

Larry Katz dan Manning Rubin juga menyarankan untuk memakai penyumbat telinga. Rutinitas di pagi hari dapat membuat kita setengah mendengarkan karena otak kita memiliki ide yang cukup di waktu-waktu tersebut. Nah, dengan mengenakan penyumbat telinga kalian bisa mendapatkan sensasi lain dalam menyelesaikan tugas-tugas sederhana seperti makan atau minum kopi di mana hal tersebut bisa membuat otak kita lebih rileks dan jernih.

5. Kepalkan tinju sesaat.

Kepalkan Tinju

Para psikolog AS mengatakan bahwa mengepalkan tangan kanan selama 90 detik membantu dalam pembentukan memori. Dan gerakan yang sama di tangan kiri dapat meningkatkan daya ingat. Kesimpulan ini dibuat setelah percobaan dengan 50 orang dewasa yang ternyata berkinerja lebih baik dalam mengingat kata-kata dari daftar panjang sambil mengepalkan tangan mereka.

6. Menaikkan detak jantung tiga kali seminggu.

Periksa Denyut Nadi

Memori juga bisa ditingkatkan dengan meningkatkan detak jantung tiga kali seminggu selama 20 menit. Kalian bisa melakukan hal tersebut dengan berjalan dan memeriksa detak jantung kalian dengan jam tangan pintar atau smartwatch. Otak akan terbenam dalam oksigen dan itu akan membantu dalam menumbuhkan sel-sel baru. Itulah sebabnya latihan aerobik sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

7. Buatlah puzzle kata-kata.

Puzzle Kata

Ambil kata apa saja yang kalian suka dan mulailah memvisualisasikan ejaan kata tersebut di kepala. Setelah selesai melakukan ini, pikirkan kata-kata lain yang dimulai atau diakhiri dengan dua huruf yang sama. Teka-teki semacam ini akan membuat otak kalian aktif dan tajam.

8. Buka jendela mobil saat berkendara atau bermotor.

Berkendara di Alam Bebas

Mengemudi dalam ketenangan bisa membuatmu begitu rileks, apalagi kalau cuaca di luar  begitu sempurna. Suasana paling menyenangkan itu seperti saat setelah turun hujan, lalu dengarkan burung bernyanyi dan semacamnya. Otak kalian secara otomatis akan segera mulai membuat asosiasi antara pemandangan, suara, dan bau yang sudah kalian perhatikan. Paling baik lagi, berkendara memakai sepeda motor dengan suasana pedesaan yang asri, dijamin otak langsung fresh.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red