Ikan adalah salah satu bahan makanan pendamping ASI yang sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Ikan memiliki banyak manfaat antara lain membuat bayi lebih cerdas, menajamkan penglihatan, meningkatan imunitas, meningkatkan fokus, serta mencegah eksim.

Saat usia si Kecil 8 bulan, Bunda dapat memberinya berbagai jenis ikan. Namun, apa sajakah jenis ikan yang baik untuk bayi usia 8 bulan? Berikut adalah beberapa jenis ikan untuk bayi 8 bulan.

1. Ikan Lele

Ikan berkumis ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi lho. Selain itu, ikan ini mengandung poli asam lemak tidak jenuh (PUFA) yang terbentuk dari omega-3 dan omega-6. Selain mudah ditemukan di pasaran, ikan ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh si Kecil karen kandungan lemak pada ikan lele rendah dibandingkan dengan daging ayam atau daging sapi.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan membran sel otak. Oleh karena itu, jika Bunda memberikan ikan salmon kepada si Kecil, dapat meningkatkan fungsi kognitifnya. Bahkan, dengan memberikan satu porsi ikan ini, 80% kebutuhan protein si Kecil sudah dapat terpenuhi.

3. Ikan Kembung

Ikan kembung mengandung DHA dan asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Omega-3 yang terkandung dalam ikan ini pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan salmon. Oleh karena itu, ikan ini banyak direkomendasikan oleh ahli gizi dan dokter anak untuk makanan pendamping ASI.

4. Ikan Gindara

Kandungan omega-3 pada ikan ini tidak jauh berbeda dengan ikan salmon lho, Bun. Ikan ini juga mengandung omega-6 yang sangat penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda. Selain itu, yang membuat ikan ini cocok dijadikan MPASI adalah tekturnya yang lembut sesuai dengan kemampuan bayi mencerna.

5. Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang mengandung banyak gizi. Ikan ini memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki sedikit duri. Oleh karena itu, ikan gurame sangat cocok dan aman untuk dijadikan MPASI.

6. Ikan Bilis

Ikan bilis merupakan ikan yang kaya kan mineral seperti zinc dan zat besi sehingga membuat jantung si Kecil kuat. Ikan ini sangat aman dan cocok untuk dijadikan MPASI karena kandungan proteinnya yang seimbang dan lemaknya yang rendah.

7. Ikan Herring

Ikan herring memang sekilas mirip dengan ikan bandeng. Ikan ini kaya akan vitamin A dan vitamin D lho. Dengan memberikan ikan ini, si Kecil akan memiliki kulit lebih kencang dan bersinar serta memiliki tulang yang kuat.

8. Ikan Sarden

Seperti ikan salmon, ikan sarden juga dapat membantu perkembangan otak dan menguatkan memori si Kecil lho. Hal ini karena kandungan minyak esensial yang terkandung di dalamnya. Ikan sarden juga mengandung kalsium yang membuat tulang si Kecil kuat dan jantung yang sehat.

Demikianlah 8 jenis ikan untuk bayi 8 bulan. Pemberian makanan pendamping ASI berbahan ikan ini sebenarnya sudah dapat diberikan pada saat si Kecil berusia 6 bulan. Tidak perlu ragu untuk memberikan ikan kepada si Kecil. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa bayi mengalami alergi sehingga si Kecil tidak dapat diberikan MPASI berbahan ikan terlebih dahulu. Penting juga bagi Bunda untuk membuat jurnal yang mencatat menu makanannya setiap hari guna mengidentifikasi alergi pada buah hati Anda.