×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Jembatan terunik di Asia, ada yang masuk Guinness World Records

0

Jalan-Jalan

8 Jembatan terunik di Asia, ada yang masuk Guinness World Records

Dunia memiliki beragam jembatan unik, beberapa di antaranya berada di Asia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Esti Pinarsih

19 / 09 / 2019 10:35

Kini peran jembatan sebagai penghubung antara dua wilayah tak lagi menjadi satu-satunya tugas utama sebuah jembatan. Dengan berbagai penghargaan di bidang desain dan arsitektur, peran jembatan meningkat menjadi simbol prestasi yang melambangkan kreativitas. 

Dunia pun memiliki beragam jembatan unik, beberapa di antaranya berada di Asia. Yuk kita intip jembatan mana saja sih yang ada di Asia? Berikut daftarnya.

1. Jembatan Helix di Singapura.

image from https://www.sunburstadventure.com/about-wisata-singapura-helix-bridge-jembatan-dna-dekat-marina-bay-sands.html

Foto: https://www.sunburstadventure.com/

Jembatan yang menghubungkan antara Maria Bay Sand dan Maria Center ini memiliki bentuk  yang cukup unik. Dirancang seperti DNA, jembatan Helix dibuka pada tahun 2010. Di malam hari, Jembatan Helix akan diterangi oleh kumpulan lampu LED yang menambah keunikan jembatan tersebut.

Loading...

2. Jembatan Chengyang di Tiongkok.

image from https://id.wikipedia.org

Foto: https://id.wikipedia.org

Mendapat julukan sebagai ‘Wind and Rain Brigde’, Jembatan Chengyang berada di provinsi Guangxi, Tiongkok. Jembatan Chengyang dibangun pada tahun 1916 oleh suku minoritas Dong. Keunikan dari pembuatan jembatan ini ialah Suku Dong tidak menggunakan paku maupun mur/baut, namun hanya menggunakan kayu. Jembatan yang menyeberangi Sungai Lianxi ini bukan hanya berfungsi sebagai sarana penyeberangan. Memiliki makna lebih dalam, jembatan ini berfungsi melindungi dari unsur jahat.

3. Jembatan Langkawi Sky di Malaysia.

https://id.wikipedia.org/

Foto: https://id.wikipedia.org/

Jembatan Langkawi Sky berada di atas ketinggian 700m atau 2.300 kaki di atas permukaan laut. Jembatan Langkawi Sky berada di puncak Gunung Mat Chincang di Pulau Langkawi. Jembatan Langkawi Sky hanya dapat diakses menggunakan Kereta Kabel Langkawi. Sambil menaiki kereta kabel, kita disuguhkan oleh pemandangan indah dari pegunungan dan hutan hujan tropis di Malaysia.

4. Jembatan Akashi-kaikyo di Jepang.

https://id.wikipedia.org/

Foto: https://id.wikipedia.org/

Jembatan Akashi-kaikyo yang dibuka pada tahun 1998 berada di atas Selat Akashi. Jembatan ini menghubungkan antara Maiko di Kota Kobe dan Awaji di Pulau Awaji, dikenal juga sebagai Pearl Brigde. Jembatan ini memiliki panjang 1.990 meter dan merupakan jembatan terpanjang di dunia. Jembatan Akashi-kaikyo dirancang agar bisa bertahan dari gempa bumi hingga 8,5 skala Richter, melawan derasnya selat Akashi, dan menahan tiupan angin kencang maksimum 286 km/jam. Biaya pembangunannya diperkirakan mencapai 5 juta dollar AS.

5. Jembatan Henderson Waves di Singapura.

image from https://id.wikipedia.org/

Foto: https://id.wikipedia.org/

Seperti namanya, Jembatan Henderson Waves dirancang menyerupai ombak yang bergelombang, melengkung, dan memutar. Jembatan sepanjang 274 meter menghubungkan dua taman yang ada di Singapura, yaitu Mount Faber Park dan Telok Blangah Hill Park. Jembatan Henderson Waves memiliki pemandangan alam menakjubkan. Ditambah hiasan lampu LED yang menambah keindahan desain artistiknya di malam hari.

6. Jembatan Siduhe di Tiongkok.

image from https://id.wikipedia.org/

Foto: https://id.wikipedia.org/

Jembatan yang dibuka pada tahun 2009 ini merupakan jembatan tertinggi di dunia. Dibangun 1.627 kaki di atas permukaan tanah menjadikan Jembatan Siduhe lebih tinggi dibandingkan Patung Liberty, Menara Eiffel, Piramida Giza, dan Big Ben. Dengan lokasi yang menantang butuh 1000 meter tambatan yang melekat pada ujung roket dan ditembakkan sepanjang jalan melintasi ngarai untuk membantu mengatur pondasi.

7. Jembatan Danyang-Kushan di Tiongkok.

image from https://id.wikipedia.org/

Foto: https://id.wikipedia.org/

Bila jembatan Siduhe adalah jembatan tertinggi di dunia, maka Jembatan Danyang-Kushan merupakan jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini menghubungkan jalur kereta api dari Shanghai ke Nanjing Provinsi Jiangsu. Jembatan ini membentang melintas Sungai Yangtze. Pembangunan jembatan ini dimulai tahun 2006 hingga 2010 dengan 10.000 pekerja, dan biaya sekitar 8,5 juta dollar AS.

8. Jembatan Banpo di Korea Selatan.

http://english.visitkorea.or.kr/

Foto: http://english.visitkorea.or.kr/

Jembatan Banpo yang berada di atas Sungai Han ini sebenarnya telah dibuat tahun 1982, namun untuk menghidupkan kembali daerah di sekitarnya, jembatan ini dirombak. Kini di siang hari sebanyak 190 ton air per menit digunakan untuk menembakkan air mancur, dan malamnya 10.000 lampu LED digunakan untuk menampilkan efek warna pelangi. Terdapat jet air dinamis yang bergerak seiring waktu dan musik dengan tampilan sepektakuler yang berbeda. Di tahun 2008, jembatan ini berhasil masuk ke Guinnes Book of World Record sebagai air mancur jembatan terpanjang.  

Unik-unik, kan,  jembatan tersebut. Kira–kira jembatan mana nih yang masuk list destinasi wisata kamu? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red