×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Fakta tentang anjing, dari keracunan cokelat sampai deteksi penyakit

0

Binatang

8 Fakta tentang anjing, dari keracunan cokelat sampai deteksi penyakit

Anjing telah menjadi sahabat setia manusia sejak lama, namun banyak dari kita yang belum tahu hal tersembunyi dari anjing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Kamuqit

04 / 03 / 2019 17:13

Anjing merupakan sahabat sejati manusia. Peninggalan-peninggalan manusia purba yang terdapat pada gua-gua menunjukkan hubungan antara anjing dan manusia sudah terjalin ribuan tahun lampau. Sebagaimana yang kita tahu, anjing merupakan penjinakan dari serigala liar. Terdapat beberapa perbedaan pendapat terkait berubahnya serigala liar menjadi anjing yang jinak. Satu pendapat menyatakan bahwa awalnya manusia purba aktif melakukan penjinakkan kemudian membiakkan serigala.

Adapun teori lainnya menyatakan bahwa serigala itu menjadi jinak sendiri karena mengikuti manusia dan memakan sisa-sisa makanan manusia purba, atau berkeliaran di sekitar lingkungan manusia purba. Akibat dari hal tersebut serigala menjadi jinak dan menjadi anjing yang setia dengan manusia hingga saat ini.

Namun ternyata masih banyak dari kita yang belum tahu sepenuhnya tentang anjing. Nah, berikut ini 8 fakta menarik tentang anjing.

1. Anjing dapat melihat dalam kegelapan.

Hal ini dikarenakan mereka mempunyai organ tapetum lucidum yang berada di belakang retina. Cahaya yang masuk ke dalam mata akan diserap oleh organ ini dan dipancarkan kembali. Hal tersebut membuat anjing dapat melihat lebih baik di kegelapan dibandingkan manusia.

Loading...

 

2. Anjing punya banyak tipe.

Macam breed pada anjing

Setidaknya terdapat 150 breed anjing di dunia yang terbagi menjadi 8 kelas. Proses domestifikasi oleh manusia selama berabad-abad telah menciptakan anjing-anjing yang fisiknya berbeda jauh dibandingkan moyangnya, yaitu serigala.

 

3. Anjing berkeringat, tapi hanya di bagian ini.

Tidak seperti manusia yang berkeringat di seluruh tubuh, pada anjing keringat hanya keluar di ujung hidung dan sela-sela cakar dikarenakan kelenjar keringat hanya berada di tempat tersebut. Hal ini tentu tidak cukup untuk mendinginkan suhu tubuh anjing, sehingga sering kita lihat anjing menjulurkan lidahnya untuk menurunkan suhu tubuhnya.

 

4. Jangan sekali-kali memberikan cokelat pada anjing.

Anjing dan Cokelat

Adakalanya pemilik anjing ingin memberikan makanan terbaik untuk peliharaanya, namun untuk cokelat jangan sekali-kali diberikan kepada anjing. Ini karena dalam cokelat terdapat kandungan kimia yaitu Theobromine dan merupakan racun yang dapat berakibat fatal bagi anjing apabila dikonsumsi antara 100-150 mg dari berat keseluruhan per kilogram anjing. Andaikan berat anjing 10 kg, maka dengan 1-1,5 gram cokelat cukup membuat anjing mengalami keracunan.

 

5. Mampu mendeteksi penyakit.

Anjing ternyata mempunyai kemampuan untuk mendeteksi penyakit dari kanker hingga diabetes pada manusia. Studi yang dilakukan di Scillhohe Hospital di Jerman menunjukkan bahwa anjing mempunyai kemampuan untuk mencium bau tubuh dari manusia yang menderita penyakit.

 

6. Kurang di mulut, unggul di hidung.

Dibandingkan manusia, anjing kurang bisa merasakan makanan. Anjing hanya mempunyai 1700 reseptor perasa di mulutnya, sedangkan manusa punya 9000 reseptor. Namun reseptor penciuman anjing mempunyai 200 juta reseptor, dibandingkan manusia yang hanya mempunyai 5 juta reseptor.

 

7. Newfoundland, sang penyelamat.

Anjing Newfoundland

Breed anjing Newfoundland namapaknya memang ditakdirkan untuk menjadi anjing rescue. Anjing ini mempunyai bulu yang tahan terhadap air dan tidak takut untuk berenang. Awalnya breed ini dikembangbiakkan oleh nelayan untuk menolong orang yang tenggelam. Kemampuan luar biasa dari anjing ini menyebabkan dia sering menjadi bagian dari tim SAR.

 

8. Pelari jarak jauh yang handal.

Anjing Greyhound

Anjing Greyhound merupakan pelari jarak jauh yang handal. Apabila disandingkan dengan Cheetah yang merupakan hewan pelari tercepat di dunia, maka Greyhound akan memenangkan pertandingan apabila waktu larinya lebih lama. Greyhound tercatat mampu berlari sepanjang 7 km dengan kecepatan 35 km/jam.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red