×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Manfaat minyak eukaliptus untuk kesehatan, patut dicoba nih

0

Kesehatan

7 Manfaat minyak eukaliptus untuk kesehatan, patut dicoba nih

Foto: Pexels/Daria Shevtsova

Minyak eukaliptus (Eucalyptus) bisa jadi obat sekaligus aromaterapi, ampuh mengusir nyamuk!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

15 / 05 / 2020 12:35

Berasal dari Australia, setidaknya ada 700 jenis tumbuhan eukaliptus (eucalyptus). Kalau kamu sering melihat koala mengunyah dedaunan, itu biasanya daun eukaliptus yang memang jadi santapan hewan tersebut. Berbeda jika manusia yang mengonsumsi daun mentahnya berisiko keracunan. Kandungan racunnya hilang jika daun sudah kering, bisa deh kamu konsumsi untuk membuat teh. Tapi harus dari daun keringnya langsung, bukan minyak esensial dari daun yang justru berisiko keracunan jika dikonsumsi.

Walau banyak tersebar di Australia, pohon eukaliptus juga tumbuh di Indonesia, Papua Nugini, dan Filipina. Pohon ini tidak cocok di tempat yang bersuhu dingin. Saat cuaca panas, minyak eukaliptus dapat menguap dan pohonnya mudah terbakar, begitu juga dengan dahan dan ranting kering yang berjatuhan.

Nah, hati-hati jika ingin berkemah di bawah pohon eukaliptus, dahannya yang mudah jatuh bisa menimpamu dan menyebabkan cedera bahkan kematian. Saat menebang pohonnya pun berisiko tertimpa dahan yang berjatuhan jika tidak waspada.

Mengapa tumbuhan eukaliptus banyak dicari?

Ada banyak manfaat dari tumbuhan eukaliptus di berbagai industri seperti farmasi dan kosmetik. Kayu pohon tersebut bisa dijadikan sebagai pulp, kayu bakar, atau hiasan. Ekstrak dari daunnya bisa diambil dan menghasilkan minyak eukaliptus sebagai obat juga aromaterapi.

Loading...

Daun eukaliptus dengan daun kayu putih berbeda, tapi masih satu family. Minyak eukaliptus banyak dijual dalam kemasan botol kecil, namun produk harus asli untuk benar-benar merasakan khasiatnya.

Berikut ini 7 manfaat minyak eukaliptus yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menenangkan pikiran.

Menghirup aroma dari minyak eukaliptus bisa menenangkan pikiran. Bisa kamu coba nih, terutama saat sedang stres. Campurkan sedikit atau sekitar 2–3 tetes minyak eukaliptus dengan air hangat/panas dalam wadah, lalu hirup uapnya. Menghirup aroma ekstraknya juga dipercaya membuat tekanan darah stabil.

Tidak susah kan, untuk berelaksasi, cukup gunakan cara simpel di atas. Atau kamu bisa juga melakukan meditasi untuk ketenangan.

2. Meredakan flu, batuk, dan bronkitis.

Saat sedang flu atau batuk, kamu bisa menghirup uap dari minyak eukaliptus. Lakukan seperti cara di atas dengan mencampurkan tetesan minyak eukaliptus dengan air hangat/panas, lalu hirup uapnya perlahan.

Minyak eukaliptus mengandung antiinflamasi, bisa kamu usapkan pada tenggorokan atau kening, cukup sedikit saja. Untuk meredakan bronkitis, membutuhkan campuran ekstrak jeruk nipis, pinus, dan minyak eukaliptus. Hati-hati, minyak ini mengandung racun jika sampai tertelan.

3. Meredakan nyeri.

Merasakan nyeri sendi tentu sangat mengganggu. Atasi menggunakan minyak eukaliptus yang bisa meredakan nyeri. Bisa menggunakan krim atau salep yang mengandung bahan tersebut. Nyeri akibat benturan dan inflamasi bisa pakai minyak eukaliptus dengan menghirup uapnya yang dicampur air hangat/panas.

4. Meredakan sesak napas.

Bagi penderita asma dan sinusitis, coba gunakan minyak eukaliptus untuk meredakan sesak napas. Hirup perlahan uap dari campuran minyak eukaliptus dan air hangat/panas. Minyak eukaliptus dapat mencairkan dahak yang mengganggu sehingga lebih mudah dibuang. Kamu bisa mencobanya, kecuali jika kamu memang alergi terhadap minyak eukaliptus.

5. Mengobati gigi, gusi, plak, dan bau mulut.

Bakteri dapat menyebabkan plak pada gigi dan merusak gusi. Atasi dengan menggunakan pasta gigi, obat kumur atau permen karet berbahan ekstrak eukaliptus yang bersifat antibakteri. Ekstrak eukaliptus mengandung eucalyptol yang ampuh mengatasi masalah tersebut. Selain itu juga bisa mengusir bau mulut, lho.

6. Melembapkan kulit.

Atasi kulit kering dengan mengoleskan minyak eukaliptus ke bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan kulit kepala. Secukupnya saja alias tidak berlebihan. Jangan lupa bersihkan tangan setelah mengoleskannya, terutama sebelum memegang makanan. Atau kamu juga bisa gunakan sarung tangan.

7. Mengusir nyamuk dan serangga lain.

Beberapa jenis serangga seperti nyamuk tidak tahan dengan aroma eukaliptus. Semprotkan bahan campuran ekstrak eukaliptus dengan lemon untuk menghindarkanmu dari gigitan nyamuk, setidaknya selama 3 jam. Mungkin kamu bisa mengulanginya jika nyamuk mulai mendekat. Bisa juga dengan sedikit mengoleskannya ke tangan atau kaki saat berkemah. Dengan begitu kamu aman dari nyamuk penyebab malaria atau demam berdarah.

Ingat, jika alergi terhadap eukaliptus, hindari menggunakan produk berbahan tersebut atau konsultasikan dengan dokter.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red