×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Kuliner lezat ini wajib kamu cicipi saat berada di Bali, bikin nagih

0

Jalan-Jalan

7 Kuliner lezat ini wajib kamu cicipi saat berada di Bali, bikin nagih

Foto: pixabay.com

Liburan kamu bakal lebih mengesankan setelah menyantap kuliner lokal khas Bali, bikin pengin berkunjung kembali.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

I gede arnadi

26 / 11 / 2021 09:45

Belum lengkap rasanya liburan ke Bali cuma mengagumi pesona alamnya yang luar biasa indah, namun mengabaikan kenikmatan aneka menu kuliner andalannya. Beberapa menu enak ini akan membuatmu kangen untuk kembali mengunjungi Bali.

Nah, berikut ini merupakan tujuh rekomendasi menu kuliner khas Bali yang patut kamu cicipi.

1. Betutu.

Betutu merupakan masakan khas Bali barat, biasanya bahan utamanya menggunakan daging ayam kampung atau bebek yang diungkep lama—lebih dari tiga jam—dengan bumbu kuning serta memiliki cita rasa yang kaya akan rempah. Rasanya sungguh lezat! 

Satu porsi betutu cukup untuk disantap oleh 3-4 orang. Kamu wajib coba menu satu ini.

Loading...

2. Nasi jinggo.

Kuliner satu ini mirip nasi krawu di Gresik. Nasi jinggo disajikan dengan dibungkus daun pisang. Di salamnya terdapat taburan serundeng dan lauk sederhana seperti telur dan ayam. Plus rasa sambalnya pedas nikmat.

Biasanya nasi jinggo dijual dengan harga super ekonomis. Cukup mengeluarkan uang Rp 5 ribu kamu sudah bisa menikmati makanan satu ini. 

Pedagang nasi jinggo akan banyak kamu jumpai di sepanjang trotoar Denpasar dan sekitarnya. Atau di angkringan yang menjamur di setiap sudut kota. Biasanya pedagang mulai berjualan nasi jinggo saat sore hari di jam pulang kerja sampai dini hari.

3. Lawar kuwir.

Kalau berkunjung ke kota Denpasar timur jangan lewatkan menu satu ini, ya! Lawar kuwir merupakan masakan khas Bali yang terbuat dari campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata. 

Kuwir jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bermakna bebek muda. Nah, bahan dasar lawar kuwir adalah daging bebek muda. Kamu bisa melipir ke salah satu warung yang paling tenar di Kesiman, namanya Lawar Kuwir Pan Sinar.

4. Serombotan.

Nah serombotan sangat familiar di kawasan Klungkung, Bali. Namun kuliner satu ini juga banyak dijumpai di warung dan pasar traditional di Denpasar dan Badung. Menu ini cocok untuk kamu yang vegetarian. Isiannya terdiri dari sayur mayur seperti mentimun, kangkung, pare, serta kacang panjang dan terong yang disiram dengan bumbu kacang atau ulek khas Bali. 

5. Gurami nyatnyat.

Untuk pencinta ikan air tawar, yuk melipir sebentar ke Kaki Gunung Batur, Kintamani Bali. Gurami nyatnyat atau ikan gurami yang dimasak sampai bumbu-bumbunya meresap ke daging ikan gurami dengan bumbu khas Bali. manu ini akan pas sekali menemani makan siangmu dengan suguhan nasi hangat dan kopi kintamaninya.

6. Be guling.

Menu yang tak kalah legendaris selanjutnya ialah babi guling. Dari namanya sudah jelas jika menu satu ini diolah dari daging babi yang diguling atau grilled. Menu ini tidak disarankan untuk umat Muslim. Namun bagi kamu yang non Muslim, tak ada salahnya mencoba menu satu ini. Rasanya gak ada lawan!

Kulit babi guling ini super renyah dan gurih, apalagi jika menyantapnya dengan ditemani sate lilit dan sayur urap, membuat babi guling punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. 

Sebagai tambahan informasi, olahan babi guling biasanya digunakan oleh masyarakat Bali untuk acara-acara ritual keagamaan, serta lazim dibuat untuk menjamu tamu undangan dalam acara adat ataupun pesta. 

7. Rujak kuah pindang.

Dari namanya sudah "horor", ya. Bagaimana mungkin buah-buahan dicampur dengan kuah pindang? Namun di Bali, rujak inilah yang paling digemari. Rasanya antara gurih, segar, dan enak bercampur jadi satu. Apalagi jika kamu nikmati saat siang hari, bikin nagih!

Rujak kuah pindang ini biasanya banyak dijual di wilayah Bali selatan seperti Sanur, Jimbaran, Nusa Dua, Kuta, dan Legian.

Nah, lupakan dulu soal diet, yuk ke Bali dan cicipi berbagai menu kuliner lezat khas Bali yang bakal menggoyang lidah. See you in Bali!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red