×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Kuliner khas Sumenep ini wajib kamu coba, rasanya menggugah selera

0

Jalan-Jalan

7 Kuliner khas Sumenep ini wajib kamu coba, rasanya menggugah selera

Foto: Instagram/sumenepsuperhits

Eksotisnya alam Sumenep selaras dengan nikmat kulinernya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Maulana Nurushobry

28 / 05 / 2020 15:05

Sumenep semakin dikenal sejak kekayaan alamnya yang terekspos. Tapi jangan salah, kabupaten di ujung timur Pulau Madura ini tak hanya menyimpan kekayaan alam yang eksotis, namun juga sajian ragam kulinernya yang sangat menggugah selera dan sangat sayang jika dilewatkan.

Nah, berikut ini merupakan daftar kuliner yang wajib kamu coba kala berkunjung ke Sumenep.

1. Kalsot (Kaldu Soto).

Kalsot (Kaldu Soto)

Foto: Instagram/kuliner_sumenep

Loading...

Kuliner yang satu ini memang hanya ada di Sumenep. Paduan kuah kaldu soto, berikut lontong, tauge, so’un, taburan bawang gorengnya dan taburan kacang ijo yang menjadi ciri khas dari kuliner asal Sumenep ini. Harganya juga sangat terjangkau, cuma Rp 5.000,- s.d Rp 6.000,-.

Lokasi: Soto Perreng, Dasuk, Sumenep atau Soto Perreng Dusun Kasengan Tengah, Manding, Sumenep.

2. Bakso Rujak.

Bakso Rujak

Foto: Instagram/kuliner_sumenep

Sajian kuliner satu ini merupakan kreasi warga Sumenep serupa dengan bakso pada umumnya. Namun yang berbeda adanya bumbu rujak yang menjadikan bakso ini unik dan membuat penasaran untuk dicoba.

Lokasi: Bakso Rojek, Jl. Raya Gapura, Sumenep.

3. Soto Babat Sumenep.

Soto Babat

Foto: Foto: Instagram/kuliner_sumenep

Soto merupakan salah satu andalan kuliner dari Sumenep karena berbeda dari soto babat (daging) pada umumnya. Ada bumbu rujak di setiap sajiannya yang menjadikan soto ini lezat dan gurih. Harga soto ini juga terjangkau, mulai dari harga Rp 7.000,- hingga Rp 15.000,-.

Lokasi: Soto Marengan, Jl. Irama No. 3, Sumenep.

4. Rawon Sumenep.

Rawon Sumenep

Foto: Instagram/kuliner_sumenep

Rawon Sumenep ini mirip dengan rawon pada umumnya. Pencinta kuliner akan merasakan sensasi berbeda dari rawon ala Sumenep ini. Jika rawon pada umumnya berkuah hitam, kuliner yang satu ini justru berkuah merah karena menggunakan cabe merah dan tanpa kluwak pada bumbu racikannya.

Lokasi: Depot 17 Agustus, Jl. Jenderal Sudirman No. 34, Pajagalan, Sumenep.

5. Lontong Campor Sumenep.

Lontong Campor Sumenep

Foto: Instagram/kuliner_sumenep

Kuliner yang satu ini hanya ada di Madura, terutama Pamekasan dan Sumenep. Yang membedakan campur ini adalah ada bumbu rujaknya yang menjadi ciri khas campur dan terkadang disajikan dengan potongan daging atau balungan (tulang) sapi. Harganya cuma Rp 8.000,- hingga Rp 10.000,-.

Lokasi: Warung Campor Benagung, Jl. Raya Lenteng, Batuan, Sumenep. Kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan di punjuru Sumenep.

6. Rujak Petis Sumenep.

Rujak Petis Sumenep

Foto: Instagram/sumenepsuperhits

Satu lagi kuliner ala Sumenep rujak petis. Yang membedakannya dari rujak pada umumnya adalah rujak ini tanpa bumbu kacang, jadi hanya petis Madura. Rujak ini juga disebut dengan rujak dulit. Dan yang menjadi khasnya kuliner Sumenep adalah adanya potongan kripik singkong sebagai pelengkap sajiannya.

Lokasi: Tersebar di seluruh penjuru Sumenep dan mudah ditemukan.

7. Rujak Selingkuh.

Rujak Selingkuh

Foto: Instagram/dbas.foodstory

Jika Banyuwangi memilik rujak soto maka Sumenep memiliki kuliner yang rujak selingkuh. Kuliner yang satu ini sebenarnya rujak seperti pada umumnya yang dipadu dengan kuah soto babat khas Sumenep sehingga menjadikan soto ini unik. Pastinya rujak ini menggunakan petis Madura.

Lokasi: Warung Soto Rujak Selingkuh, Jl. DR. Wahidin, Pajagalan, Sumenep.

Jika sedang berada di Sumenep atau di sekitar Sumenep, sempatkan waktu untuk mampir dan menikmati sajian kuliner khasnya. Sebab bukan hanya alamnya dan budayanya saja yang bisa kamu nikmati di Sumenep. 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red