Minggu memang menjadi hari yang tepat untuk bermalas-malasan, dan akan sangat menjengkelkan bila harus terpikir hari esok yang siap-siap saja, di hajar oleh kesibukan. Yang harusnya libur menyenangkan justru jadi muram. Dan tiba-tiba kamu akan merasa kewalahan dan tidak siap menghadapi hari-hari seminggu ke depan.

Daripada stres mikir hari sibuk yang besok bakal kamu hadapi, alangkah baiknya fokus pada hari minggu kamu. Minggu adalah hari yang sempurna untuk kamu lalui dengan 7 kebiasaan-kebiasaan ini.

1. Bersantai di tempat tidur.

7 Kebiasaan ini punya manfaat besar di akhir pekan

Di hari kerja, biasanya kamu akan bangun dengan tergesa-gesa karena harus berangkat bekerja tepat waktu. Jadi ketika Minggu gunakanlah waktumu untuk bersantai di ranjangmu sebelum benar-benar bangun dari tempat tidur. Tapi, jika kamu sudah benar-benar bangun pikirkanlah untuk membuat sarapan favorite mu dan lakukanlah.

2. Tulislah "to-do list" untuk satu minggu ke depan.

7 Kebiasaan ini punya manfaat besar di akhir pekan

Coba pikirkan tentang apa yang ingin kamu lakukan dalam seminggu ke depan. Jangan takut mengenai kegiatan prioritas, tulislah semua secara abstrak, ini akan mengurangi tingkat kewalahan kamu untuk kegiatan seminggu ke depan. Setelah kamu menulis daftar kegiatan kamu lanjutkan dengan menuliskan mana yang prioritas dan tidak dengan menulis di agenda atau widget perencanaanmu.

3. Jadwalkan daftar kegiatanmu

7 Kebiasaan ini punya manfaat besar di akhir pekan

Setelah menulis daftar kegiatan, ambilah agenda atau widget smartphone kamu lalu tulislah tanggal penting, appointment, metting, atau hal lainnya. Ini akan membuat kamu lebih siap untuk hal-hal yang akan datang. Di samping kamu membuat penjadwalan, jangan lupa sediakan ruang untuk "bersenang-senang" atau rekreasi untuk perawatain diri.

4. Persiapkan daftar menu

7 Kebiasaan ini punya manfaat besar di akhir pekan

Sering kali sepulang bekerja, kita dihadapkan oleh pilihan ingin makan malam apa, atau ketika kita sudah memutuskan salah satu menu tapi malah bahan utama tidak tersedia di dapur. Sangat menyebalkan bukan? Nah daripada bingung, cobalah buat persiapan menu makan malam atau makan sewaktu-waktu untuk satu minggu ke depan. Setelah menentukan menu, kamu dapat pergi ke market untuk melengkapi daftar menu yang sudahdibuat. Ini juga akan menghemat waktu dan mengurangi kebimbangkan ketika memilih menu makan malam di hari-hari sibukmu.

5. Rencanakan outfit yang ingin kamu gunakan seminggu ke depan.

7 Kebiasaan ini punya manfaat besar di akhir pekan

Ini tidak hanya kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari minggu, namun juga untuk setiap hari selama seminggu. Merencanakan apa yang akan kamu gunakan untuk minggu yang akan datang atau hanya untuk hari selanjutnya akan menyelamatkan mu dari banyak waktu dan kekhawatiran di pagi hari.

6. Luangkan waktu untuk perawatan diri.

7 Kebiasaan ini punya manfaat besar di akhir pekan

Minggu adalah hari yang sempurna untuk dirimu sendiri. Dapat digunakan untuk sekedar me-reset diri untuk menghadapi hari seminggu kedepan. Menonton filim favorite, membaca buku, mengecat kuku atau sekedar mendengarkan musik sambil menikmati secangkir cappucino.

7. Tidurlah lebih awal.

7 Kebiasaan ini punya manfaat besar di akhir pekan

Tidur lebih awal sangat penting, karena ini berguna untuk kesehatan terutama kamu bisa dapat cukup energi untuk menghadapi pekerjaan dalam seminggu ke depan.