×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Cara membersihkan rumah supaya tetap nyaman dihuni

0

Rumah

7 Cara membersihkan rumah supaya tetap nyaman dihuni

Foto: Pexels.com/Nathan Cowley

Lakukan tujuh cara ini supaya rumahmu bersih dan nyaman.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

26 / 06 / 2020 14:25

Siapa yang tidak betah tinggal di rumah yang bersih dan nyaman? Selain membuat betah, rumah yang bersih juga menjauhkan diri dan keluarga dari berbagai penyakit.

Mungkin banyak dari kamu yang malas membersihkan rumah, entah dengan alasan kesibukan atau bingung harus memulai dari mana. Padahal, membiarkan rumah dalam keadaan kotor hanya mengundang kuman dan debu yang berujung mengganggu kesehatan.

Kalau malas membersihkan rumah sendiri, kamu bisa mengajak saudara supaya lebih menghemat waktu. Kegiatan positif ini juga bisa menambah kekompakan anggota keluarga, benar kan?

Nah, supaya tidak bingung, berikut 7 tips membersihkan rumah dengan benar untuk mendapatkan rumah yang bersih dan nyaman dihuni.

1. Dahulukan bagian atas.

Loading...

Membersihkan rumah mulai dari bagian atas seperti langit-langit ruangan, lantai atas, baling-baling kipas, atas lemari dan sebagainya. Ini supaya semua debu bisa kamu bersihkan sekalian. Jika membersihkan bagian rendah duluan, debu yang jatuh akan mengotori benda-benda serta lantai, ini membuatmu harus bekerja dua kali. Repot, kan?

2. Mengepel dari sudut.

Sebelum mengepel, sapu lantai terlebih dahulu. Lalu, awali mengepel lantai dari sudut ke arah tengah ruangan hingga bagian akhir. Jika memulai dari tengah, kemungkinan kamu akan menginjak lantai yang masih basah saat melewatinya. Selain risiko terpeleset, lantai jadi kotor lagi dan kamu pun harus membersihkannya dua kali.

Pastikan kamu segera mengganti air pel kotor dengan yang baru supaya hasil mengepel lantai jadi bersih maksimal.

3. Bersihkan benda di seluruh ruangan.

Membersihkan kaca dan cermin sebaiknya menggunakan kain microfiber. Kain lap biasa sering menimbulkan bekas di kaca atau cermin sehingga tidak bisa bersih seketika. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan kaca dibanding pembersih serbaguna. Ini untuk meminimalisir munculnya goresan di kaca yang kamu bersihkan.

Pakai disinfektan untuk membersihkan pegangan pintu dan tangga yang biasanya sering tersentuh. Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan kuman yang sering menempel di area tersebut.

Pada ruang keluarga, bersihkan beberapa barang seperti layar televisi dan remotenya menggunakan kain microfiber. Atau, bisa menggunakan tisu disinfektan. Meja, sofa, filter AC pun tak luput dari kegiatan bersih-bersihmu supaya ruangan tetap nyaman dihuni. Begitu juga dengan area ruang tamu. Bersihkan dan tata rapi benda-benda kecil seperti vas bunga, miniatur, hiasan dinding dan sebagainya. Buang barang yang tidak penting supaya tidak memenuhi ruangan.

Di area kamar tidur, bersihkan semua benda di dalamnya termasuk kasur, bantal beserta sarungnya, dan seprei. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan tempat tidur. Ganti seprei setidaknya seminggu sekali dan kalau perlu cuci dengan air panas. Ini untuk menghilangkan kuman yang menempel selama kamu menggunakannya. Hindari makan atau membawa makanan di atas kasur supaya tidak ada remahan-remahan yang bisa mengotori area tersebut.

Di ruang dapur, rutin bersihkan kulkas bagian luar dan dalam supaya bakteri tidak betah berada di sana. Pastikan kulkas dalam keadaan tidak terhubung listrik, begitu juga saat membersihkan alat memasak nasi.

Selain itu, kompor, wastafel, alat pencuci piring, rak, meja, kursi, jendela dan pegangan pintu dapur juga harus selalu bersih. Oya, spons pencuci piring pastikan selalu bersih dan keringkan setelah digunakan. Membiarkan spon selalu basah akan menyimpan banyak kuman.

4. Pindahkan barang.

Sebelum membersihkan lantai dengan penyedot debu, usahakan untuk memindahkan atau menggeser barang-barang berukuran besar seperti meja dan sofa. Tentunya akan lebih mudah membersihkan lantai jika ruangannya lapang, kan?

Jangan biarkan debu menumpuk pada karpet. Mungkin selama ini kamu tak menyadari kalau debu-debu yang menempel di karpet sering menimbulkan alergi.

5. Rendam piring kotor.

Sehabis makan, biasanya piring kotor akan menyisakan noda minyak dan bekas bumbu dari sisa makanan. Sebelum membersihkannya, rendam piring supaya noda lebih mudah terangkat. Jika minyak dan sisa bumbu di piring atau wajan susah hilang, tuangkan sabun cuci piring dan air hangat ke bagian yang kotor dan diamkan beberapa menit. Bersihkan dengan spon atau alat khusus. Cuci segera piring dan gelas yang kotor supaya nodanya tidak menempel keras, juga supaya dapurmu tetap kelihatan bersih.

6. Bersihkan pakaian dan mesin cuci.

Hindari menumpuk pakaian kotor berhari-hari hingga menimbulkan aroma tak sedap. Kuman menempel pada pakaian kotor, kalau tidak segera mencucinya bisa mendatangkan penyakit. Jika kamu menggunakan pengering pakaian, setel di suhu yang tinggi supaya pakaian bersih maksimal.

Selain pakaian kotor, kamu pun harus rutin membersihkan mesin cuci. Misalnya, bersihkan seminggu sekali dengan pembersih khusus atau bisa pakai cairan pemutih.

7. Bersihkan kamar mandi.

Bagian kamar mandi seperti toilet, wastafel, bak mandi, gagang shower, gorden, dinding hingga lantai, perlu kamu bersihkan semua, misalnya seminggu sekali. Gunakan alat dan cairan pembersih yang bisa kamu beli di supermarket. Pastikan kamar mandi memiliki jendela atau ventilasi, biarkan udara segar masuk dan mendapatkan cahaya matahari.

Selain seluruh ruangan dalam rumah, kamu tentunya perlu membersihkan garasi termasuk mobil atau sepeda motor di dalamnya. Juga, ruangan gudang yang biasanya penuh debu. Rapikan benda-benda lama yang tersimpan, buang benda yang sudah jadi sampah atau tak terpakai.

Rutin menyapu teras dan halaman rumah. Membersihkan taman, memangkas bagian-bagian pohon atau tanaman yang mengganggu. Selain jadi bersih dan tampak indah, rumahmu pun akan nyaman bagi penghuni maupun para tamu yang berkunjung.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red