Ternyata kesendirian tidak selamanya buruk. Kebanyakan orang cenderung memandang kesendirian sebagai sikap anti-sosial dan kesepian. Namun nyatanya sesekali kamu perlu menyendiri. Bukan untuk menjauh dari lingkungan sosial atau sebagai pelampiasan, lho.

Ini nih 7 alasan kamu perlu untuk menyendiri dihimpun dari berbagai sumber.

1. Menikmati Privasi

7 Alasan kenapa sesekali kamu perlu menyendiri

foto:pinterest

Tidak semua orang bisa sependapat dengan kamu. Nyatanya sering kali kamu merasa kurang cocok dengan orang-orang di lingkungan sekitarmu, tapi karena tuntutan pergaulan maupun pekerjaan kamu harus menyesuaikan diri dengan mereka. Terpaksa ikut melakukan hal yang sebenarnya membuat kita tidak nyaman pada akhirnya hanya akan membuat kamu semakin depresi.Nah, menurut Mark Vernon seorang filsuf dan penulis dari London, Jika Anda tidak menyukai diri sendiri, Anda tidak akan membawa sesuatu yang positif untuk orang lain. Berada dalam kesendirian membuat Anda menikmati diri sendiri. Dengan begitu, Anda lebih terlihat menarik bagi orang lain.


2. Menenangkan Pikiran

7 Alasan kenapa sesekali kamu perlu menyendiri

foto:pinterest

Tidak mungkin semua orang disekitar kita punya pemikiran yang sama dengan kita, sehingga perdebatan kecil kadang sering terjadi. Entah itu urusan pekerjaan, asmara, pertemanan ujung-ujungnya bisa berakhir pada perasaan tersinggung hingga berantem. Memang sebenarnya semua orang punya hak untuk berpendapat dan berbicara. Tapi, adakalanya jika kamu memiliki pandangan yang ekstrim dan bisa memicu kericuhan, lebih baik menyendiri aja dulu dan menenangkan diri. Jadi kamu bisa memilah perkataan yang gak bakal buat orang sakit hati.


3. Lebih Kreatif

7 Alasan kenapa sesekali kamu perlu menyendiri

foto: pinterest

Dengan menyendiri kamu bisa lebih mengenal diri kamu sendiri dan melakukan berbagai aktivitas yang mungkin belum pernah kamu lakukan sebelumnya, seperti melukis, menulis, fotografi, membuat film dan sebagainya. Ide dan inspirasi biasanya lebih banyak muncul disaat kamu sendiri karena pikiran dan tubuh kamu otomatis menjadi lebih tenang.


4. Lebih memahami diri sendiri

7 Alasan kenapa sesekali kamu perlu menyendiri

foto: pinterest

Tanpa kamu sadari waktu begitu cepat berlalu dengan aktivitas sehari-harimu yang padat. Jika ada waktu luangpun, biasanya kamu akan menghabiskannya bersama teman-teman kamu. Nah gak ada salahnya juga sesekali memanfaatkan waktu luangmu untuk menyendiri sambil sedikit merenungkan tujuan hidupmu, menemukan kesimpulan tentang dunia ini, dan bisa membuat kamu berpikir lebih dewasa.


5. Terbebas dari Rasa Bersalah

7 Alasan kenapa sesekali kamu perlu menyendiri

foto: pinterest

Risih gak sih jika kamu harus terus menerus menjadi orang lain yang bukan kamu sebenarnya demi memenuhi ekspektasi orang lain baik itu dikantor maupun di lingkungan sosial. Kamu cenderung merasa terperangkap dan merasa bersalah terus menerus bahkan terhadap hal-hal kecil. Menyendiri mengajarkan bahwa gak semua hal yang kurang enak itu harus disesali dan bahkan meminta maaf itu pun sudah ada porsinya masing-masing.


6. Mengerti Prioritas Hidupmu

7 Alasan kenapa sesekali kamu perlu menyendiri

foto: pinterest

Sudah pernah berpikir apa sebenarnya prioritas dalam hidupmu? Benarkah kamu sedang menjalani prioritas yang memang kamu inginkan atau yang sebenarnya orang lain inginkan? Dengan menyendiri kamu akan mengerti apa yang sebenarnya menjadi keinginanmu. Dan kamu jadi fokus mempersiapkan rencana untuk mencapai goal hidupmu.


7. Menjadi Lebih Mandiri

7 Alasan kenapa sesekali kamu perlu menyendiri

foto: pinterest

Mandiri bukan berarti tidak membutuhkan orang lain tapi hanya saja sedikit mengurangi ketergantungan dengan orang lain. Menenangkan diri dengan cara yang seperti ini membuat kamu mengetahui keputusan mana yang harus kamu ambil sendiri tanpa harus melibatkan orang lain didalamnya. Ketika kamu mulai merasa nyaman dengan kesendirianmu maka kamu akan lebih percaya diri terhadap kemampuan yang kamu miliki.