×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips simpel yang bisa kamu lakukan saat dilanda krisis finansial

0

Ekonomi

6 Tips simpel yang bisa kamu lakukan saat dilanda krisis finansial

Foto: Markus Winkler from Pexels

Saat mengalami krisis finansial usahakan jangan gegabah dan tetaplah berpikir jernih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

I gede arnadi

10 / 12 / 2021 14:39

Kondisi keuangan terkadang naik turun dan jungkir balik seperti naik rolling coaster. Krisis finansial tentu seperti pukulan telak yang menjadi momok bagi banyak orang. 

Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan saat mengalami krisis finansial. 

1. Jangan buru-buru jual aset. 

Ketika kepepet dan butuh uang, jangan buru-buru memikirkan untuk menjual aset bergerak seperti menjual perhiasan, mobil, dan motor. Menjual aset memang menjadi cara instan untuk menggemukkan kembali kondisi finansial. Akan tetapi jika kamu sudah memegang uang namun tidak cukup melek finansial untuk mengelolanya, maka uangmu akan cepat habis. Lebih baik kamu menggadaikan asetmu. Selain aset fisik tersebut masih menjadi hak milikmu, kamu juga akan bekerja lebih giat untuk menebusnya kembali.

2. Tempatkan skala prioritas.

Loading...

Seberapa mendesak atau penting sih kebutuhan itu? Masih bisa ditunda atau memang tidak? Jika bisa ditunda, menunggu beberapa minggu adalah alternatif lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah. 

3. Garage sale. 

Lihat lagi furnitur rumah dan isi lemarimu, barangkali ada barang yang masih layak pakai namun sudah jarang kamu manfaatkan di rumah. Kamu bisa membuka garage sale dengan memasarkan baju-baju bekasmu atau mengunggahnya di halaman marketplace adalah cara terbaik untuk menambah uang sakumu. 

4. Menawarkan jasa freelance.

Nah, ini khusus untuk kamu yang sudah punya keahlian atau skill mumpuni. Bekerja sebagai freelancer juga dapat mengatasi masalah keuanganmu. Misal untuk kamu yang hobi jalan-jalan dan fasih berbahasa Inggris bisa mendaftar di biro perjalanan sebagai tour leader saat weekend. Untuk kamu yang hobi nulis bisa menjadi penulis lepas. Buat kamu yang punya kamera nganggur bisa mencoba freelance fotografer. Atau kamu yang hobi merias bisa mencoba peruntungan sebagai make up artist. Akan ada banyak pintu kesempatan yang terbuka lebar jika kamu mau mencoba.

5. Hindari pinjaman. 

Jika punya utang maka segera lunasi. Kualitas dirimu diukur dari seberapa bertanggungjawabnya kamu terhadap pinjaman yang orang lain percayakan. Bila perlu hindari berutang untuk kebutuhan konsumtif agar keuangan kamu ke depan tetap sehat. Apalagi meminjam di pinjol atau rentenir, selain harus membayar suku bunga yang tinggi juga kamu akan didenda denda jika tidak melakukan pembayaran tepat di tanggal jatuh tempo.

6. Berbagi.

Tidak ada penelitian khusus terkait berbagi bisa membantumu keluar dari kondisi krisis finansial. Namun hal ini dapat membantumu merasa lebih baik dan semesta akan menggantikannya berkali lipat melalui titipan rezeki dengan cara yang tak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Semangat mencoba, semoga semua orang bisa "merdeka finansial" sesegera mungkin! 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red