×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips sederhana merawat wajah selama pandemi

0

Kesehatan

6 Tips sederhana merawat wajah selama pandemi

Foto: Andrea Piacquadio from Pexels

Rawat wajahmu selama pandemi agar tetap sehat dan glowing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rizkia Nugrahani

21 / 12 / 2020 11:45

Pada saat ini penggunaan skincare sedang ramai dibicarakan di berbagai kalangan, apalagi saat ini sedang dihadapkan oleh pandemi yang membuatmu harus lebih banyak melakukan berbagai aktivitas di rumah walaupun sekarang sudah boleh untuk melakukan aktivitas di luar. 

Adanya PSBB akibat pandemi membuat muka yang biasanya terpapar oleh panasnya matahari dan udara jalanan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, udara di rumah, dan mungkin rumah terlalu lembap yang membuat banyak kotoran dan debu. Hal ini dapat membuat wajahmu breakout, kusam, dan berkomedo. Yang awalnya cocok dengan produk yang biasa kamu pakai malah rasanya produk tersebut sudah tidak cocok lagi dengan keadaan wajahmu sekarang.    

Saat ini pun jika ingin bepergian keluar rumah wajib memakai masker. Nah, bagi orang yang mempunyai kulit sensitif tidak akan bisa berlama-lama memakai masker karena akan memicu jerawat di pipi akibat gesekan antara wajah dan masker. Maka dari itu biasanya orang yang mempunyai kulit sensitif akan menggunakan masker dilapisi oleh tisu agar masker tidak dapat bersentuhan dengan kulit. Serta penggunaan masker juga akan membuat kulit menjadi lebih sensitif dan kering.

Penggunaan masker dapat membuat kulit menjadi berjerawat karena kurangnya udara membuat wajah di sekitar pipi menjadi lembap. Lalu Jerawat berkembang ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak, akibatnya muncul komedo putih dan komedo hitam. Dibandingkan jerawat, sebenarnya komedo lebih banyak meresahkan karena muncul pada titik-titik tertentu saja, banyak, dan jauh lebih susah dihilangkan daripada jerawat. Biasanya komedo terdapat pada jenis kulit berminyak atau kombinasi, karena banyaknya minyak yang dihasilkan pada hampir semua permukaan wajah atau hanya bagian t-zone saja.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2020/12/16/image_1608116765_5fd9ea1d3ad19.jpg

Loading...

Nah, saat pandemi inilah sebenarnya waktu terbaik untuk merawat diri, terutama bagian wajah agar tetap salalu sehat dan glowing. Ada beberapa cara untuk merawat wajah selama pandemi agar dapat terhindar dari masalah seperti di atas.

1. Tetap melakukan double cleansing walaupun tidak tidak memakai make up.

Karena mukamu pasti tetap terkena debu walaupun di rumah saja, jadi jangan lupa untuk melakukan double cleansing.

2. Tahap selanjutnya, eksfoliasi kulit wajah.

Tujuan dari eksfoliasi ini agar kulit mati yang ada di wajahmu terangkat sehingga komedo dan kulit kusam pun hilang.

3. Selanjutnya, baru memakai rangkaian skincare yang lain.

Di antaranya seperti toner, serum, ampule, dan pelembap sesuai dengan jenis kulit wajahmu. 

4. Tahap yang paling penting dari berbagai rangkaian skincare yaitu pemakaian sunscreen, fungsinya sebagai perlindungan terhadap efek buruk sinar matahari.

Dengan memakai sunscreen kulit senantiasa awet muda, tidak cepat keriput, dan bebas kusam karena penggelapan akibat terbakar sinar matahari, serta mencegah timbulnya jerawat.

5. Lalu, hidrasi dari dalam.

Terkadang masalah di wajah muncul karena kurangnya minum air yang cukup, maka dari itu kamu perlu memberi hidrasi kulit dengan minum air 8-12 gelas sehari, serta banyak makan buah dan sayuran. Ini karena Ph yang terkandung dalam buah dan sayuran sangat tinggi, sehingga bagus untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

6. Tidur yang cukup.

Tidur yang tidak maksimal juga bisa menjadi penyebab permasalahan pada kulit wajah. Menurut penelitian tidur yang maksimal sekitar 7-8 jam untuk orang dewasa. Untuk itu mari perbaiki lagi kesalahan kecil yang sering kamu lupakan. Ubah kebiasaan buruk menjadi sehat karena kecantikan bukan hanya berasal dari luar, tetapi juga dari dalam. 

Ada beberapa kandungan skincare yang wajib kamu ketahui. Untuk jenis kulit berminyak yaitu Salicylic Acid, Glycolic Acid, Hyaluronic Acid, Niacinamide, Sulfur, dan Witch Hazel. Sedangkan untuk kulit kombinasi yaitu Salicylic Acid, Silica, Niacinamide, Glycerin, Aloe-vera, dan Hyaluronic Acid. Dan terakhir untuk kulit kering adalah Glycerin, Hyaluronic Acid, Ceramides, Fatty alcohols, Petrolatum, Squalane, dan Lactic acid. 

Yuk, tetap rawat wajah selama pandemi!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red