×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips masuk perguruan tinggi idaman lewat jalur SNMPTN

0

Serius

6 Tips masuk perguruan tinggi idaman lewat jalur SNMPTN

Buat kamu yang memilih program studi tidak sesuai jenjang pada masa SMA atau sering disebut "lintas minat", coba praktikkan beberapa tips ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Vindy NY

16 / 01 / 2020 13:00

Untuk masuk kuliah di perguruan tinggi, siswa dan siswi lulusan SMA dapat melalui beberapa jalur. Yang pertama jalur SNMPTN, yakni menggunakan nilai rapor, dan jalur SBMPTN yakni dengan melalui tes. Pada artikel ini membahas bagaimana cara lolos SNMPTN bagi siswa yang memilih program studi tidak sesuai jenjangnya pada masa SMA atau yang sering disebut dengan "lintas minat". Oleh karena itu, berikut tips dan triknya.

1. Belajar.

Sebelum mengikuti SNMPTN kamu harus benar-benar mempersiapkan diri, contohnya dengan belajar mandiri. Walaupun apa yang kamu pelajari di sekolah sangat berbanding terbalik dengan target program studi yang ingin kamu capai di PTN, itu sama sekali tidak menjadi masalah dan hasil belajarmu tidak akan sia-sia. Sebab kalaupun tidak diterima saat SNMPTN, kamu masih bisa melewati jalur lain, yakni SBMPTN maupun mandiri.

2. Persiapan nilai rapor.

Untuk mendaftar SNMPTN, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah dengan mengirimkan beberapa dokumen/nilai rapor sebagai bahan pertimbangan. Walaupun demikian kamu harus giat belajar sejak mulai masuk SMA, sebab nilai yang digunakan untuk daftar SNMPTN adalah nilai rapor sejak semester 1 hingga semester 5. Nilai yang bagus akan menambah kemungkinanmu diterima di PTN yang kamu inginkan.

Loading...

3. Organisasi.

Walaupun nilai rapor penting, tingkat keaktifan siswa di sekolah juga dapat menjadi bahan pertimbangan saat SNMPTN. Salah satunya dengan bukti sertifikat kejuaraan maupun organisasi yang dapat membuat dirimu lebih diprioritaskan untuk Lulus SNMPTN.

4. Relasi.

Selain faktor internal, faktor eksternal juga sangat penting. Kamu harus memiliki banyak relasi atau teman yang sepemikiran denganmu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak, terutama tentang PTN yang akan kamu tuju. Karena jangan salah, teman dekatmu juga dapat memengaruhi masa depanmu loh.

5. Program studi.

Pilihlah program studi sesuai dengan basic yang kamu miliki. Pastikan bahwa program studi yang kamu pilih adalah program studi yang kamu suka, agar ketika proses perkuliahan berlangsung kamu dapat menikmatinya dengan tanpa beban. Sebab kuliah itu tidak hanya berjalan selama satu atau dua hari, melainkan bertahun-tahun lamanya.

6. PTN.

Pilih PTN yang sesuai dengan dirimu, baik itu dari segi lokasi, jarak tempuh, akses transportasi yang akan kamu gunakan, dan semacamnya. Keberadaan kakak kelasmu di sekolah dulu juga berpengaruh loh. Jika kakak kelasmu banyak yang kuliah di PTN yang kamu tuju, maka kemungkinan kamu diterima akan semakin besar. Walaupun demikian, dengan ada atau tidak adanya kakak kelas, kamu masih memiliki peluang besar kok untuk kuliah di PTN yang kamu impikan.

Terlepas dari tips dan trik yang sudah disebutkan di atas, kamu hanya perlu bersungguh-sungguh dalam melakukan segala hal. Maka dengan begitu apa pun yang kamu impikan akan dengan mudah tercapai.

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red