×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Penyanyi kawakan ini punya julukan memorable, persis judul hits-nya

0

Musik

6 Penyanyi kawakan ini punya julukan memorable, persis judul hits-nya

Julukan yang disematkan kepada para penyanyi ini masih melekat hingga kini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Emge Setyo

06 / 08 / 2020 12:40

Banyak penyanyi Indonesia yang sukses menghasilkan hits selama berkarier di dunia tarik suara, tetapi tidak semuanya sukses mendapat “julukan” dari hits-nya tersebut. Para penggemar yang biasanya berperan menyematkan julukan berdasarkan lagu hits yang dibawakan penyanyi idolanya.

Nah, inilah enam penyanyi wanita Tanah Air yang memiliki julukan sesuai dengan lagu hits mereka.

1. Nike Ardila si Bintang Kehidupan.

instagram.compCBiVekDjjCw

Foto: instagram.com/p/CBiVekDjjCw/

“Jenuh aku mendengar manisnya kata cinta, lebih baik sendiri ...”

Loading...

Sebait lirik lagu di atas pasti langsung mengingatkanmu pada sosok pelantunnya. Siapa lagi kalau bukan mojang Priangan bernama lengkap Raden Rara Nike Ratnadila Kusnadi atau lebih dikenal dengan nama Nike Ardilla.

Penyanyi fenomenal satu ini benar-benar menjelma menjadi bintang yang terang di hati para penggemarnya. Bahkan sampai hari ini, tepat dua setengah dekade setelah kepergiannya akibat kecelakaan tunggal mobil pada usia belia di tahun emas kariernya.

Rilis pada 1990, Bintang Kehidupan menjadi hits Nike Ardilla yang legendaris sebab masih sering didengarkan dan di-cover oleh generasi yang bahkan belum lahir kala sang idola tutup usia. Pantas saja jika Bintang Kehidupan dipilih menjadi nama alias Nike Ardilla walaupun sebenarnya pada tahun yang sama ia lebih dulu bersinar bersama hits perdananya Seberkas Sinar. Toh kedua hits tersebut serupa maknanya.

2. Desy Ratnasari si Tenda Biru.

desy ratnasari

Foto: instagram.com/p/BC9JbXnnm6r/

Mengawali karier selebritasnya di dunia model kemudian berkibar di dunia akting dalam film dan sinetron, artis yang satu generasi dengan Nike Ardilla ini justru mendapat julukan memorable dari dunia yang belakangan digelutinya, yaitu tarik suara. Tepatnya sejak Tenda Biru yang merupakan judul lagu sekaligus judul album ketiganya mencetak hits luar biasa pada tahun 1995 silam.

Publik memang punya alasan kuat memilih Tenda Biru sebagai julukan bagi pelantunnya karena lagu ini benar-benar mendulang popularitas luar biasa saat itu. Tak cukup meraih penghargaan best seller terkait penjualannya yang laris manis, bahkan penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri pun direngkuh Dessy berkat Tenda Biru-nya. Kesuksesan ini menular pula ke versi keroncong, dangdut, dan juga parodi yang digarap kocak oleh Padhyangan 6, grup pop komedi yang eksis pada masa itu.

Belakangan si Tenda Biru merambah ke peta perpolitikan Indonesia dengan dikukuhkan sebagai anggota DPR RI selama dua periode berturut-turut. Dengan menyandang nama formal Hj. Desy Ratnasari, M.Psi., M.Si, Desy Ratnasari tetaplah si Tenda Biru bagi para penggemarnya.

3. Vina Panduwinata si Burung Camar.

vinapanduwinata

Foto: instagram.com/p/Bypd_wZAK5-/

Coba ketikkan "Burung Camar" di search engine dunia maya. Nama, foto, lagu, dan profil siapakah yang terpampang sebagai hasil pencarian? Vina Panduwinata.

Bisa jadi kamu tidak familiar dengan sososk satu ini walaupun sudah berulang kali mencermati fotonya. Tetapi jika disodori judul-judul lagu seperti Surat Cinta, September Ceria, Aku Makin Cinta, Di dadaku Ada Kamu, Logika, Kumpul Bocah, Biru, Aku Melangkah Lagi, atau Bahasa Cinta pasti langsung paham.

Jika kamu lebih hafal lagunya daripada sosok penyanyinya, bisa jadi karena kala Vina Panduwinata aktif menyanyikan hits-hits tadi kamu masih belum lahir. Namun hati dan telinga memang sudah terpikat oleh semua lagu hits Vina Panduwinata si Burung Camar yang punya suara mengagumkan.

3. Nia Daniaty si Gelas-Gelas Kaca.

niadaniaty

Foto: instagram.com/p/BzW1vGvBu4p/

Sukses di awal karier bernyanyi lewat lagu-lagunya yang sempat menjadi hits tidak memberikan Nia Daniaty julukan apa-apa. Barulah di lagu kesekiannya bertajuk Gelas-Gelas Kaca yang rilis pada 1985 ia mendapatkannya.

Lagu pop yang bercerita tentang nasib anak-anak panti asuhan itu diracik dengan manis mendayu-dayu, klop dengan karakter Nia Daniaty yang melow, sendu, dan berparas ayu. Setelahnya boleh dikata semua rilisan dari Nia Daniaty berujung hits. Tapi Gelas-Gelas Kaca kukuh bertahan sebagai capaian tertinggi karier bernyanyinya dan dianggap telah melekat kuat dengan sang penyanyi sampai detik ini.

5. Betharia Sonata si Hati Yang Luka.

betharia sonata

Foto: instagram.com/p/Bfwn8lyn2fh/

Masih dari kalangan 80-an, ada Betharia Sonata yang menutup dekade dengan tak terlupakan. Sejarah mencatat, julukan Hati Yang Luka menjadi miliknya pasca hitsnya tersebut meraih sukses besar-besaran pada tahun 1987. Saking suksesnya, berbagai versi lagu sengaja dibuat pada tahun itu juga karena publik masih belum puas. Dan semua versi tersebut sama-sama kecipratan sukses.

Tapi sesuatu yang fenomenal baru terjadi tatkala Pemerintah lewat Departemen Penerangan waktu itu (sekarang Kementerian Komunikasi dan Informatika) menilai lagu ini "cengeng" dan berpotensi merusak semangat generasi muda bangsa. Sempat ada pencekalan penayangannya di ruang publik tapi kesuksesan lagu dan penyanyinya tetap lanjut hingga kini.

Dalam sebuah talk show, sang penyanyi mengakui ia awalnya juga merasakan lagu ini terlalu cengeng dan sempat menolak menyanyikannya. Andai saja hal itu benar-benar terjadi, sudah pasti namanya tidak akan tertulis di sini. Karena seperti Nia Daniaty, hits-hits Betharia Sonata pada tahun-tahun berikutnya tidak lebih sukses dari Hati Yang Luka yang masih di-cover sampai hari ini.

6. Lilis Karlina si Goyang Karawang.

6 Penyanyi kawakan ini punya julukan memorable, persis judul hits-nya

Foto: chartsinfrance.net/Lilis-Karlina/albums-singles.html

Penikmat musik dangdut tidak mau ketinggalan dalam tradisi menganugerahi julukan kesayangan bagi idolanya. Gak tanggung-tanggung, bahkan julukan itu pernah diberikan kepada seorang penyanyi anyar yang berhasil memikat dan memukau para penikmat tembang perdananya yaitu Lilis Karlina.

Semenjak hits ber-Goyang karawang pada awal kariernya tahun 1991, namanya pun populer sebagai ratu Goyang Karawang hingga sekarang. Bermodal suara khas, performa manggung apik plus dukungan lagu yang unik karena berunsur musik etnik Sunda, Lilis Karlina memang pantas menyandang julukan memorable-nya itu.

Nah, bagaimana menurutmu mengenai julukan untuk para penyanyi Tanah Air ini? Semoga bisa menginspirasi kamu dalam berkarya, apa pun bidangnya. Andai tak memperoleh julukan memorable, setidaknya berjuanglah mencetak hits. Semangat, ya! (mgs)

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red