×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

0

N/A

6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

Lebaran belum lengkap tanpa kehadiran berbagai menu khasnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aprilia Rakhmawati

20 / 05 / 2020 11:20

Tinggal beberapa hari lagi seluruh umat Islam di dunia akan merayakan Hari Raya Idulfitri. Saatnya saling memaafkan dan menjalin kembali tali silaturahmi.

Selain silaturahmi, Hari Raya Idulfitri juga merupakan saat yang tepat untuk menikmati makanan khas Lebaran. Berbagai kue kering dan hidangan disajikan untuk menyambut keluarga dan tetangga yang datang ke rumah.

Setiap rumah tentunya memiliki selera yang berbeda-beda sehingga menu khas Lebarannya pun bervariasi. Hal inilah yang membuat menu khas Lebaran selalu dirindukan.

Apa saja menu Lebaran yang bisa bikin kamu rindu?

1. Ketupat.

Loading...

6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

Siapa yang tidak tahu ketupat? Ketupat merupakan salah satu makanan wajib saat Lebaran. Walaupun terlihat sederhana. ternyata ketupat memiliki makna dan filosofi yang sangat baik. Ketupat terbuat dari anyaman daun kelapa yang rumit sering diibaratkan sebagai perjalanan hidup manusia yang rumit dan sering diselingi dengan masalah. Sedangkan tali yang tidak putus menggambarkan silahturahmi yang tidak pernah terputus.

Ketupat akan terasa hambar jika dimakan sendiri tanpa ada lauk. Biasanya ketupat dihidangkan bersama dengan gulai, opor, atau sayuran lainnya sehingga lebih nikmat disantap.

2. Opor ayam.

6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

Teman sejati dari ketupat apalagi kalau bukan opor ayam. Opor ayam merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Saat Lebaran, menu yang satu ini memang paling cocok dihidangkan sebagai menu pendamping ketupat dengan rasanya yang asin, gurih, dan sedikit manis.

Tidak hanya saat Lebaran saja, opor ayam juga sering dijadikan sebagai menu sehari-hari. Walaupun sudah mainstream, tetapi opor ayam masih menjadi primadona saat Lebaran.

3. Gulai sayur.

6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

Masakan yang kaya rempah dengan kuah santan kental selalu menjadi kesukaan banyak orang. Di Jawa gulai sayur biasanya berisi sayur labu siam, sedangkan di Sumatra, gulai yang disajikan adalah gulai nangka muda. Gulai sayur akan makin nikmat jika disajikan kental dan hangat.

4. Sambal goreng ati.

6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

Sambal goreng ati yang memiliki cita rasa yang pedas dan manis memang paling nikmat disantap sebagai pendamping ketupat. Sambal yang berisikan cabai merah, asam jawa, gula pasir, bawang putih, dan merah disiramkan ke potongan ati ampela. Ada pula yang menambahkan kentang dan petai. Menu yang satu ini tidak pernah absen saat Lebaran.

5. Rendang.

6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

Makanan yang berasal dari Padang ini telah mendunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terenak. Rendang biasanya terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dibumbui berbagai rempah.

Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih. Menyantap ketupat dengan rendang akan menciptakan sensasi tersendiri yang membuat ketupat terasa lebih nikmat dengan bumbunya yang kental dan aromanya yang wangi.

6. Semur.

6 Menu khas Lebaran ini selalu dirindukan, apa kesukaanmu?

Saat Lebaran, semur sama larisnya dengan opor. Semur memiliki banyak variasi mulai dari telur, daging, tempe, tahu, hingga jengkol. Menu manis gurih yang identik dengan warga Betawi ini sudah dikenal sejak dulu. Semur menjadi menu yang sangat menggugah selera ketika disantap dengan menu khas Lebaran lainnya.

Makin nggak sabar ya nunggu Lebaran. Meskipun Lebaran kali ini berbeda, tetapi makna dari Lebaran itu sendiri masih tetap sama. Jika Lebaran kali ini kamu belum bisa mudik, kamu masih tetap bisa menyantap menu khas Lebaran. Sudah banyak tersedia bumbu masak siap pakai atau kamu juga bisa membelinya di penjual makanan. Meskipun nggak mudik, tetap semangat #dirumahaja.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red