×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Kiat untuk kamu yang ingin bekerja sambil kuliah S2

0

Life

6 Kiat untuk kamu yang ingin bekerja sambil kuliah S2

Kiat-kiat bagi pekerja atau pun orang yang mau bekerja sambil kuliah S2.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Urim Wilson

31 / 01 / 2019 11:56

Saat semakin sengitnya persaingan di dunia kerja, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah nilai jual kita di dunia kerja ataupun dunia usaha, ada yang ingin menambah pengetahuan baik dengan kursus ataupun kuliah lagi. Lantas kalau kita ingin kuliah lagi setelah merengkuh gelar sarjana sambil bekerja, bagaimanakah tipsnya? Berikut kiat-kiat yang bisa kamu lakukan ketika ingin bekerja sambil kuliah S2.

Belajar

Sumber: https:/pixaby.com

1. Persiapkan diri.

Sebelum memantapkan hati untuk berkuliah S2 sambil bekerja, mungkin kita akan terbayang waktu untuk bisa bersantai atau hang out dengan teman-teman harus digantikan dengan belajar atau menulis jurnal. Tapi yuk mantapkan diri kamu guys. Kuliah S2 itu ibarat investasi loh, kamu bisa kenal banyak orang baru dan belajar banyak pengalaman dari orang lain yang mungkin bekerja di bidang yang sama denganmu. Apalagi nanti bisa saja kamu ketemu jodoh di sana.

Loading...

 

2. Pilih kampus dan jurusan yang tepat.

Nah setelah memantapkan diri, kamu harus pilih kampus yang tepat. Pilihlah kampus yang menurutmu dapat dijangkau dari segi jarak dan biaya bila kamu menggunakan biaya sendiri. Pilihlah juga jurusan yang sesuai dengan minat ataupun sebisa mungkin linier dengan bidang kamu sewaktu S1. Karena gak menampik kemungkinan kamu bisa menjadi dosen atau pengajar yang sifatnya freelance lo bila jurusanmu linier.

 

3. Persiapkan dana.

Mungkin kamu berkuliah S2 dengan beasiswa ataupun biaya sendiri. Tetapi kamu harus persiapkan danamu matang-matang. Karena kuliah S2 membuat kamu harus banyak membaca buku dan mungkin sekadar fotocopy ataupun biaya makan kamu saat kuliah. Tak apa kan, hitung-hitung kamu belajar cara manajemen pengeluaran dan pemasukanmu.

 

4. Hitung-hitung waktu luang.

Persiapkan dirimu untuk mengerjakan tugas, baik tugas kelompok ataupun tugas pribadi. Mungkin waktu kamu akan tersita banyak di sini. Tapi percaya deh, pengalaman yang kamu dapatkan nanti akan indah dan kamu akan dapat ilmu dan pengalaman yang akan berguna bagi masa depanmu kelak. Karena kamu akan berkembang daripada waktu kamu terbuang percuma dengan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat.

 

5. Jaga kesehatan.

Nah jangan sampai karena kamu keasyikan begadang waktu ngerjain tugas ataupun kecapekan karena bekerja sambil kuliah S2, kamu sampai sakit. Makanlah makanan yang bergizi, sebisa mungkin berolahragalah, dan minum vitamin. Pokoknya jaga kesehatan kamu karena itu penting selama kuliah.

 

6. Berdoa dan jangan menyerah.

Ini yang paling penting. Sering kali ada teman-teman kuliah kita yang putus asa karena terlalu lelah, ataupun merasa tidak mampu di awal ataupun di tengah jalan. Karena lelah sambil bekerja, tugas yang sulit dan menumpuk, bahkan waktu penulisan tugas akhir. Nah, di sinilah kamu harus terus berdoa, minta doa dari orang tua tercinta, dan ingatlah akan cita-cita dan tujuanmu. Jangan menyerah karena disinilah kamu dibentuk untuk menjadi semakin tangguh dan menjadi manusia yang berkembang ke arah yang lebih baik.

Belajar

Sumber: https:/pixaby.com

Nah, itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin memantapkan dirimu untuk kuliah S2 sambil bekerja. Kuliah S2 itu gak rugi lho, karena nilai jual kita akan bertambah dan kamu bisa dapet kesempatan beralih profesi menjadi dosen. Tetap semangat!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red