Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan tereliminasinya seorang peserta Master Chef UK asal Malaysia. Peserta tersebut dikeluarkan karena dinilai rendang ayam buatannya tidak crispy. Setelahnya, public justru mengecam keras para juri yang dinilai tak paham bagaimana membuat rendang.

Di luar semua itu, makanan dan masakan memang selalu jadi sesuatu yang menyenangkan untuk ditonton. Tak hanya dalam sebuah kompetisi masak-memasak, namun juga dalam bentuk tampilan motion picture atau film.

Siapa yang suka dengan film bertema makanan/masakan? Yes, menyenangkan sekali menonton jalinan cerita yang disajikan bersama tema masakan. Apa saja film bertema masakan yang sudah kamu tonton? Samakah dengan daftar 6 film Hollywood bertema masakan paling keren di bawah ini? Cekidot ya

1. Ratatouille (2007)

6 Film Hollywood dengan tema memasak ini dijamin bikin kamu laper

Film ini unik, sebab yang menjadi Chef di dalamnya bukanlah seorang manusia, melainkan seekor tikus. Whaaat?? Mana mungkin? Kamu pasti berpikir begitu. Tapi, tanyakanlah pada mereka yang sudah menonton film ini, dan jawaban mereka pastilah : Seru!!

Alkisah, seekor tikus bernama Remy memendam keinginan untuk menjadi chef, yang jago mengolah makanan. Setiap hari si tikus mengamati chef ternama memasak dan akhirnya ia pun berhasil menjadi chef ternama di restoran milik Auguste Gusteau. Bagaimana caranya? Tonton deh film animasi besutan tahun 2007 ini, dijamin kamu akan lupa bahwa Remy adalah seekor tikus yang sering dianggap kotor dan sumber penyakit.

2. No Reservation (2007)

6 Film Hollywood dengan tema memasak ini dijamin bikin kamu laper

Memadukan seni masak-memasak dan percintaan? Wow, cocok banget tuh. Nah di film ini, Kate adalah seorang chef hebat yang kaku, disiplin dan dihormati para anak buahnya. Suatu hari, datanglah seorang sous-chef (jabatan di bawah kepala chef) bernama Nick. Lelaki yang ceria, jahil dan disukai semua orang, kecuali Kate sendiri. Bagi Kate, si lelaki sangat menjengkelkan sebab ia terlalu santai. Masalahnya kemudian bertambah karena saudara perempuannya terbunuh dalam sebuah kecelakaan. Saudara perempuannya tersebut meninggalkan wasiat kepada Kate untuk mengurus anak semata wayangnya, Zoe. Dengan keberadaan Nick yang sering membuat kesal dan statusnya yang tiba-tiba berubah menjadi seorang ibu membuat perjalanan karir chef Kate menjadi rumit. Di film ini, kamu akan lihat chemistry Catherine Zeta Jones dan Aaron Eckart; dua pemain utamanya, yang terjalin begitu manis.

3. Julie and Julia (2009)

6 Film Hollywood dengan tema memasak ini dijamin bikin kamu laper

Siapa yang tidak mengenal Julia Child? Perempuan Amerika yang lama tinggal di Prancis ini adalah salah satu ikon masak di Amerika Serikat. Publik mencintainya, sebab ia bisa memasak dengan cara yang amat tidak biasa.

Julie Powell, adalah seorang pekerja paruh waktu yang senang memasak dan bermimpi blognya bisa dibaca banyak orang. Suatu hari Julie menetapkan semacam tantangan untuk dirinya sendiri, untuk bisa mencoba setiap resep yang ditulis Julia Child dalam buku masaknya. Tantangan tersebut ia posting di blognya, dan secara disiplin ia mengikuti semua prosedur memasak ala Julia Child dan menuliskannya di blog.

Film ini sangat menarik, sebab ada dua alur yang disajikan; alur kehidupan Julia Child (di masa lalu) dan alur kehidupan Julie Powell (di masa sekarang). Belum lagi dua aktris yang bermain di sini adalah sama-sama aktris papan atas yaitu Meryl Streep dan Amy Adams.

4. Chef (2014)

6 Film Hollywood dengan tema memasak ini dijamin bikin kamu laper

Carl Casper adalah seorang chef handal yang karirnya di ambang kehancuran setelah seorang kritikus makanan menulis soal masakannya yang dinilai kurang bercita rasa. Setelah perseteruan dengan si kritikus film yang menyebalkan itu, Carl akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran istrinya sendiri untuk berjualan memakai Food Truck. Mulailah Carl, ditemani Martin sahabatnya, berkeliling dari kota ke kota, menawarkan makanan yang mereka jual. Tak dinyana perjalanan ini tak hanya membuat Carl mampu menemukan apa yang ia sukai, namun juga mendekatkan kembali hubungannya dengan Percy, anak kandungnya sendiri.

5. The Hundred Foot Journey (2014)

6 Film Hollywood dengan tema memasak ini dijamin bikin kamu laper

Keluarga Kadam asal India, memutuskan untuk berimigrasi ke Prancis dan membuka restoran di sana. Meskipun kelima putra putri Kadam tidak begitu menyetujui rencana ini, namun sang Ayah bersikeras. Mr. Kadam percaya bahwa mereka akan bisa berhasil, apalagi karena Hasan, salah satu anak lelaki keluarga ini adalah seorang chef yang sangat berbakat.

Restoran India yang dibangun keluarga Kadam kebetulan berhadapan dengan restoran milik Madame Mallory yang sangat terkenal. Restoran berkelas ini sudah mengantongi dua bintang Michelin, gelar bergengsi yang diberikan pada restoran berstandar tinggi secara internasional.

Madame Mallory, tentu saja tidak suka ketika mendapati ada sebuah restoran India berdiri tepat di hadapan restorannya sendiri. Perseteruan antara keluarga Kadam dan Madame Mallory adalah salah satu elemen film ini yang sungguh menarik, lucu sekaligus mengharukan. Apalagi ketika Madame Mallory menyadari kalau Hasan, lebih cocok bekerja untuknya, sebab Hasan memiliki bakat chef yang sangat hebat.

6. Burnt (2015)

6 Film Hollywood dengan tema memasak ini dijamin bikin kamu laper

Siapa yang sangat suka dengan Bradley Cooper? Yap, dia adalah aktor utama film ini. Di sini Cooper berperan sebagai Adam Jones, seorang chef yang hancur karirnya karena obat-obatan dan kelakuan arogan. Di sebuah titik kehidupannya, Adam ingin kembali meniti karir sebagai seorang chef. Dibantu teman lamanya, ia bekerja di sebuah restoran bergengsi di London. Sanggupkah Adam mewujudkan keinginannya?