×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

0

Sosok

5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

Wanita-wanita hebat ini menciptakan benda berguna dan dianggap penting untuk kehidupan manusia masa kini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

04 / 05 / 2020 15:00

Kesetaraan gender secara proporsional adalah hal baik untuk dunia. Seperti misalnya di bagian inventing atau penemuan. Banyak hal berguna dalam hidup yang diciptakan tidak saja oleh lelaki namun juga wanita. Walau semakin banyak kelompok radikalis feminis merusak makna 'kesetaraan gender secara proporsional' di luar sana (terutama negara dengan kebudayaan Barat), tapi dunia sebaiknya tidak melupakan fakta kalau beberapa produk yang hingga kini dipakai manusia dalam kehidupan mereka berasal dari buah pikiran, ide, dan kreasi seorang wanita.

Beberapa benda berguna karya wanita-wanita hebat ini bahkan merevolusi beberapa hal penting dalam kehidupan manusia. Seperti misalnya popok bayi sekali pakai. Sulit membayangkan kehidupan manusia modern masa kini tanpa benda itu. Benda tersebut ternyata merupakan kreasi kreatif seorang wanita bernama Marion Donovan. Setelah melewati berbagai hal akhirnya menjadi produk seperti yang sekarang digunakan anak bayi yang baru lahir, balita, hingga manusia lanjut usia.

Apa saja produk-produk berguna dan bermanfaat dunia yang lahir dari karya seorang wanita?

1. Tali kekang anjing yang dapat ditarik, karya Mary A. Delaney.

5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

Loading...

(Sumber gambar: What de What)

Saya rasa benda ini pasti dimiliki mereka yang memelihara anjing sebagai hewan peliharaan. Rasanya akan sulit membawa anjing jalan-jalan keluar rumah tanpa mengikatnya dengan tali kekang model begini untuk mencegah mereka lari kesana kemari tidak terkendali. Benda ‘sakti’ ini dipatenkan seorang wanita bernama Mary Delaney dari kota New York, Amerika Serikat pada tahun 1908.

Tali kekang ciptaannya mempermudah pemilik anjing dalam mengontrol mobilitas peliharaannya karena tali pengikat di badan anjing tersebut dapat memanjang dan memendek secara mudah. Sayangnya sosok Mary A. Delaney sendiri misterius di internet dan tidak ada gambar/foto tentang dirinya sama sekali.

2. Aquascope/Periscope kapal selam dengan pencahayaan lampu oleh Sarah Mather.

5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

(Sumber gambar: YouTube)

Tanpa benda ini mungkin dunia perkapalan, terutama kapal selam Angkatan Laut, akan sedikit berbeda. Sarah Mather menciptakan teropong yang berfungsi untuk melihat situasi yang ada di bawah geladak kapal. Desainnya dipatenkan tahun 1845 dan menjadi tonggak sejarah penting perkembangan desain kapal selam, peralatan angkut air, maupun perangkat militer dunia.

3. Popok bayi sekali pakai, desain dari Marion Donovan.

5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

(Sumber gambar: National Inventors Hall of Fame)

Rasanya semua dari kita pernah merasakan memakai popok bayi sekali pakai. Sebelumnya memang popok bayi merupakan benda yang dapat dipakai berulang-ulang setelah dibersihkan, namun semua ibu tahu tidak enaknya melakukan hal tersebut. Ribet, bau, dan tentunya harus mengalahkan rasa jijik juga. Popok bayi sekali pakai mengurangi hal-hal merepotkan tadi.

Marion Donovan meletakkan dasar fondasi desain popok bayi sekali pakai modern yang kini dunia gunakan, namun awalnya desain popok itu belum seperti sekarang. Menggunakan bahan seperti shower curtain atau plastik pembatas di kamar mandi sebagai pelapis, Marion Donovan lantas mematenkan desainnya untuk kemudian menjual paten tadi ke perusahaan Keko Corporation seharga satu juta dollar. Saat ini merek atau nama 'Pampers' menjadi sebuah kata ganti universal untuk menyebut 'popok bayi sekali pakai' dan ada peran seorang ibu bernama Marion Donovan di sana.

4. Permainan 'Monopoly' dari pemikiran dan desain Elizabeth Magie.

5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

(Sumber gambar: Interesting Engineering)

Salah satu board game terpopuler di dunia (bersama permainan lain seperti Catur/Chess) dan konon akan jadi basis filmnya Kevin Heart (yang belum jelas nasibnya), Monopoly adalah game seru yang berasal dari desain seorang wanita bernama Elizabet Magie. Perjalanan game ini penuh intrik karena melibatkan perebutan hak paten dan pencurian desain serta berbagai masalah lain. Namun sulit membantah keterlibatan Elizabeth ‘Lizzie’ Magie dalam penciptaan game yang masih mendapat tempat di hati penggemar board game dunia ini.

Kamu pernah main game Monopoly? Atau malah belum pernah sama sekali? Saatnya nyobain game yang secara teknis sudah berusia seratus tahun lebih itu.

5. Tempat tidur lipat, oleh Sarah E. Goode.

5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

(Sumber gambar: Face 2 Face Africa)

Yang istimewa dari Sarah E. Goode adalah ia merupakan wanita kulit hitam keturunan Afrika warga Amerika Serikat pertama yang mendapatkan hak paten atas temuannya. Lahir dalam situasi perbudakan (yang masih marak di Amerika sampai Presiden Abraham Lincoln mengubah situasi), Sarah mendapatkan hak paten atas penemuannya berupa tempat tidur lipat yang menghemat ruangan oleh kantor paten Amerika, U.S. Patent and Trademark Office, di tahun 1885. Saat tempat tidur tersebut terlipat atau tidak digunakan untuk tidur, dia dapat berfungsi sebagai meja.

5 Wanita hebat dengan penemuan penting untuk dunia

(Sumber gambar: The Digital Research Library of Illinois)

Desain ini kelak akan lebih dikenali oleh orang-orang di Amerika sebagai 'The Murphy Bed' yang muncul sekitar 15 tahun kemudian. Sarah E. Goode sendiri wafat tidak lama setelah patennya disetujui yaitu tahun 1905.

Berbagai benda berguna dalam kehidupan sehari-hari yang diciptakan oleh wanita-wanita hebat tadi semoga juga menginspirasi para wanita lain, terutama wanita Indonesia, agar tidak kalah dalam karya dan penciptaan bersama para kreator dan penemu lain baik pria maupun sesama wanita. Be creative and fun!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red