Salah satu seni berbelanja adalah kalo bisa nawar harga barang dan dapet barang dengan harga murah. Tentu saja hal ini gak berlaku kalo kamu belanjanya di supermarket,mal atau belanja online.

Tapi kalo kamu termasuk orang yang suka belanja barang di pasar, atau belanja baju di Tanah Abang, maka udah pasti kamu harus pinter nawar harga barang yang ditawarkan. Kalo jaman dulu biasanya emak-emak identik banget sebagai orang yang paling pinter nawar. Nah kalo jaman sekarang, kamu pun bisa lho jadi orang yang jago nawar. Gak perlu nunggu jadi emak-emak dulu.

Inilah 5 trik jitu yang bisa kamu pake kalo pengen sukses nawar barang :

1. Jangan bersikap jutek ke penjual

5 Trik jitu nawar barang biar dapet harga lebih murah

Iya sih pembeli adalah raja, dan penjual harus bersikap ramah dalam melayani pembeli. Tapi kamu sebagai pembeli juga jangan pelit untuk tersenyum. Gak ada salahnya lho bersikap ramah, karena kalo penjual juga terkesan dengan sikapmu ini maka kemungkinan kamu ditanggapi dengan baik oleh si penjual saat kamu nawar barang yang kamu suka. Bukan gak mungkin kan kalo kamu malah dikasih harga murah sama yang jual.

2. Jangan nawar dengan harga yang terlalu rendah atau gak masuk akal

5 Trik jitu nawar barang biar dapet harga lebih murah

Para penjual biasanya mengambil keuntungan sekitar 20% sampai 40% dari harga barang. Karena itu kalo kamu mau nawar, usahakan jangan terlalu rendah. Misalnya harga barang 25 ribu, kamu nawarnya 5 ribu, udah pasti gak dikasih dong ya sama yang jual. Nawar barang, boleh. Tapi tawarlah dengan harga yang reasonable alias masuk akal. Jadi pastiin sebelum nawar, kamu udah tahu harga pasaran barang tersebut.

3. Jangan lupa untuk sedikit basa-basi sok akrab dan bernada memuji

5 Trik jitu nawar barang biar dapet harga lebih murah

Basa basi sok akrab termasuk salah satu cara jitu untuk mendapatkan harga lebih murah. Sambil basa-basi kamu bisa lho coba bilang kalo kamu tahu tentang tokonya atas rekomendasi dari teman atau saudaramu yang sudah sering belanja disitu. Biasanya penjual akan senang mendengar hal-hal kayak gini, dan hal ini akan semakin mempermudah kamu dalam melakukan penawaran harga barang. Tapi kamu harus hati-hati juga, karena kalau kamu asal bicara bisa jadi nanti dia gak percaya atau kamu akan ketahuan bohong. Uppss.

4. Bisa juga kalo kamu coba bilang bakal jadi langganan di toko itu

5 Trik jitu nawar barang biar dapet harga lebih murah

Trik yang ke 4 ini pasti udah gak asing banget kamu pake. Pasti kamu sering kan bilang gini ke penjual, "Kasih diskon dong mbak/mas, nanti saya pasti jadi langganan deh di sini. Beli di sini lagi."

Nah trik ini emang trik yang paling umum digunakan oleh orang, tapi ternyata emang masih ampuh juga. Biasanya penjual mau ngasih kamu diskon kalo kamu bilang begitu, karena gimanapun juga punya pelanggan tetap itu memang impian dari semua para pedagang.

5. Kalo semua trik masih gak berhasil, kamu bisa pura-pura pergi dari situ

5 Trik jitu nawar barang biar dapet harga lebih murah

Ini trik yang biasa dipake emak-emak pada umumnya, tapi kamu juga bisa ikutin lho. Kalo penjualnya tetap gak mau nurunin harga, kamu bisa langsung pura-pura pergi aja dari situ. Seringkali malah trik ini berhasil lho, penjualnya akan manggil kamu lagi dan kasih kamu barangnya sesuai dengan harga yang kamu tawar tadi.

Menawar barang supaya dapat harga murah memang perlu trik dan keahlian khusus. Rasanya seneng banget kan kalo bisa nawar barang yang kamu inginkan. Nah kalo kamu hobi banget shopping, coba deh pake trik-trik diatas saat belanja. Semoga berhasil ya!