×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas

0

Rumah

5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas

Cocok dicoba untuk kamu yang punya ruang tamu dengan luas terbatas agar tak terlihat sempit.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Salman Alfarisi

29 / 05 / 2019 11:50

Sebagian besar ide untuk memanipulasi ruang tamu kecil agar terlihat luas adalah memberikan efek tiupan mata. Hal ini bertujuan untuk menampilkan ruangan agar terlihat lebih luas. Strategi semacam itu dapat mengubah area yang terasa sempit dan sesak menjadi lebih nyaman dan tampak estetis.

5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas

Salah satu kuncinya adalah dengan cara memaksimalkan cahaya dan ruang. Selain itu perhatikan penggunaan warna, ukuran, dan berat. Ini bisa membuat perbedaan. Kamu tidak perlu minder kalau punya ruang tamu kecil karena bisa dibuat lebih luas. Inilah beberapa cara favorit untuk membuat ruang tamu kamu terasa lebih luas.

1. Gunakan cermin sebagai dekorasi pada ruang tamu kecil.

5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas
id.pinterest.com

Loading...

Para desainer senang menjadikan cermin sebagai salah satu cara menciptakan ilusi ruang tamu. Kamu dapat menempatkan cermin secara strategis di beberapa tempat untuk membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar. Salah satu ide paling umum yang sering digunakan untuk ruang tamu kecil adalah dengan menggunakan cermin besar di lokasi sentral atau tengah ruangan untuk menciptakan titik fokus.

Cermin berfungsi untuk memantulkan cahaya dan menambahkan suasana yang menyenangkan. Kamu dapat meletakkannya di balik sumber cahaya seperti lampu atau lilin. Jika memungkinkan, posisikan cermin di seberang jendela sehingga dapat mencerminkan pandangan dan memberi ilusi adanya jendela lain di ruang tamu kecilmu.

 

2. Arahkan perhatian ke atas.

5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas

navpa2016.org

Sebuah ruangan memiliki dimensi horizontal sekaligus vertikal. Jika ruang tamu kamu memiliki langit-langit yang tinggi, manfaatkan ruang ekstra dengan menghiasnya menggunakan cara yang menarik perhatian ke atas. Memakai jenis tirai atau gorden panjang hingga menyentuh lantai adalah salah satu caranya.

Ide lainnya adalah mengisi ruang vertikal dengan menggantungkan karya seni dari ukuran kecil hingga menengah. Teknik ini akan membuat ruangan terasa lebih besar dari sebenarnya karena orang-orang yang berkunjung akan memandangi karya seni. Karya seni yang dimaksud dapat berupa lukisan yang digantung agak tinggi, patung, atau tiang lampu yang bentuknya ramping dan tinggi.

 

3. Gunakan warna netral untuk ruang tamu kecil.

5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas

decorilla.com

Salah satu ide untuk ruang tamu kecil yang paling populer adalah penggunaan warna netral di dinding, lantai, plafon, dan pelapis furnitur. Palet warna off-white atau beige akan menciptakan kesan ruangan luas dengan ilusi yang menekan dinding. Warna-warna lembut juga membantu memberikan penerangan bagi ruang tamu kecilmu karena akan memantulkan cahaya.

Warna putih dapat menjadi pilihan tepat bagi ruang tamu kecil karena warna ini dapat menyebarkan cahaya secara merata ke seluruh ruangan, sehingga ruangan terlihat lebih luas. Selain itu, palet netral memberikan kesan menyenangkan secara instan dan menciptakan lingkungan yang menenangkan dibandingkan warna-warna lainnya.

 

4. Pilih perabotan yang ringan.

5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas

tedxumkc.com

Saat kamu berbelanja perabotan, pertimbangkan bobot visualnya. Konsep bobot visual ini mengacu pada bobot yang dapat dirasakan berdasarkan ukuran, warna, dan desain sebuah benda. Pilihlah perabotan dengan potongan yang memiliki penampilan ringan untuk ruang tamu kecil karena benda yang memiliki potongan besar dan terkesan berat akan mempersempit ruang.
Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memilih perabotan dengan warna pucat dibandingkan yang warna gelap. Selain itu, pilihlah perabotan yang memiliki kaki dan hindari yang berbentuk kotak.

 

5. Pilih perabotan berukuran kecil.

5 Tips membuat ruang tamu berukuran kecil terlihat lebih luas

sojoob.com

Daftar ide untuk menciptakan ilusi ruangan luas pada ruang tamu kecil tidak akan lengkap tanpa rekomendasi yang satu ini. Kamu dapat memilih perabotan yang kesannya tidak terlalu “kuat”. Hindari perabotan besar yang memberi kesan mendominasi ruangan. Sofa dengan sandaran lengan kurus dan sandaran punggung yang padat lebih cocok untuk ruang tamu dibandingkan dengan sofa yang memiliki sandaran lengan besar dan bantalan punggung yang berlapis- lapis.

Jika ruang tamu kamu memiliki ukuran yang begitu kecil, seperti ruang tamu apartemen, kamu dapat menghapuskan opsi kursi sofa dari perabotan ruang tamu. Keluarkan sofa dari ruang tamu kecilmu dan pilihlah jenis kursi empuk dengan bentuk lebih kecil.

Nah, itulah 5 tips membuat ruang tamu kamu yang sempit agar terlihat lebih besar. Semoga bermanfaat.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red