×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips membuat foto long exposure lampu kendaraan pada malam hari

0

Gadget

5 Tips membuat foto long exposure lampu kendaraan pada malam hari

5 Tips membuat foto long exposure lampu kendaraan pada malam hari ini jarang diketahui

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rikky Fatur

03 / 07 / 2019 11:41

Apa itu foto long exposure? Mungkin kamu sering melihat foto-foto yang keren seperti foto di jalanan yang memperlihatkan lampu kendaraan yang memanjang seperti melaju kencang, foto aliran air seperti kapas, ataupun foto cahaya yang menunjukkan pergerakan bintang di langit. Foto-foto yang kamu lihat tersebut merupakan foto long exposure yaitu foto yang direkam oleh kamera dengan mengatur kecepatan shutter speed.

Untuk membuat foto long exposure, kita menggunakan shutter speed di angka beberapa detik, menit bahkan berjam-jam tergantung hasil yang kita inginkan. Lamanya shutter speed menunjukkan lamanya kamera merekam cahaya yang masuk ke sensor. Ketika kita mengambil objek lampu kendaraan yang bergerak atau aliran air di sungai, maka sensor kamera merekam pergerakan objek dari saat shutter terbuka selama beberapa detik sampai shutter tertutup sehingga foto yang dihasilkan memperlihatkan pergerakan lampu kendaraan yang memanjang atau memperlihatkan aliran air seperti kapas. 

Foto dari: Pixabay.com

Loading...

Dalam pengambilan foto long exposure sangat dianjurkan untuk menggunakan tripod. Tripod berfungsi membuat kamera tidak goyang sehingga foto long exposure yang dihasilkan lebih baik dibanding yang tidak menggunakan tripod.

Nah, berikut ini lima tips membuat foto long exposure lampu kendaraan di jalanan pada malam hari.

1. Wajib menggunakan tripod

2. Atur shutter speed di angka 15 detik

3. Atur aperture kamera di f/14. Pada pengambilan foto long exposure biasanya menggunakan aperture kecil untuk mengimbangi tingginya cahaya yang masuk.

4. Atur pada ISO 100. Pada pengambilan foto long exposure biasanya menggunakan ISO kecil untuk mengimbangi tingginya cahaya yang masuk.

5. Tekan tombol shutter dan tunggu hingga pengambilan foto long exposure selesai selama 15 detik.

Demikian langkah-langkah membuat foto long exposure sederhana yang dapat kamu coba. Kembangkan kreativitasmu untuk membuat foto-foto kreatif lainnya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red