Aktor Jefri Nichols, pemain film "Dear Nathan" ditahan oleh pihak berwajib lantaran diduga menggunakan narkoba jenis ganja. Dilansir dari detik.com, polisi juga menemukan ganja seberat 6 gram saat mengamankan aktor ganteng Jefri Nichol ini. "Sementara yang sudah kita timbang itu 6.01 gram," ucap Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Indra Jafar. "Saat digeledah, di kulkas jatoh barang (ganja) tersebut," ucapnya lagi.

Hingga sekarang Jefri Nichol masih menjalani pemeriksaan intensif terkait kepemilikan ganja yang ditemukan pihak berwajib padanya. "Saat ini masih pemeriksaan. Saya masih tunggu data hasil pemeriksaan," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar terkait penangkapan aktor ganteng Jefri Nichol ini.

Di beberapa negara, ganja memang telah dilegalkan penggunaanya. Namun di Indonesia, ganja masih dikategorikan sebagai zat psikotropika yang penggunannya dilarang dan juga belum diperbolehkan secara legal. Karena itulah pengguna ganja bisa berurusan dengan pihak berwajib lantaran penyalahgunaan narkotika. Sama seperti deretan selebritis tampan Tanah Air ini.Para selebpria ini harus berurusan dengan pihak berwajib lantaran menggunakan ganja. Siapa saja mereka?

1. Ammar Zoni.

5 Seleb pria Tanah Air ini pernah terjerat kasus narkoba

Dilansir dari liputan6.com, Ammar Zoni menjadi salah satu selebritis tampan pertama yang terciduk pihak berwajib karena menggunakan ganja. Melansir dari laman kumparan.com (07/11/2017), Ammar Zoni mengaku terpaksa menggunakan ganja karena tekanan pekerjaan. Syuting stripping selama 20 jam sehari jadi satu alasan suami Irish Bella ini nekat mengonsumsi ganja. "Sebenarnya berawal dari pekerjaan saya, stripping sampai 20 jam sehari, kejar tayang, jadi saya mulai susah tidur. Sebelum sibuk, saya juga susah tidur, tapi saya kan punya waktu yang banyak. Pas syuting terus, tidur saya makin kurang," kata Ammar. Saat itulah asisten Ammar menyarankan aktor ganteng ini untuk menggunakan ganja. "Di saat itu, Rahmat Hidayat ini, yang seharusnya jadi asisten saya, memberi saran, 'Coba pakai ganja, siapa tahu bisa membuat saya rileks.' Saya coba aja. Pas saya coba, memang tidur saya berkualitas sekali. Saya hanya tidur, misal tiga jam, tapi saya merasa segar. Jadinya, saya terus intens (mengonsumsi ganja)," aku Ammar. Ammar Zoni sendri mengaku menyesal telah mengguakan ganja dan berjanji tak mengulangi perbuatannya itu lagi.

2. Dylan Carr.

5 Seleb pria Tanah Air ini pernah terjerat kasus narkoba

Di tengah kepopuleranya yang terus meningkatkan, aktor Dylan Carr harus berurusan dengan pihak berwajib lantaran diduga menggunakan narkotika jenis ganja. Dilansir dari kapanlagi.com (07/01/2016), pihak berwajib mengaku sudah sejak lama mengincar pemain sinetron Anak Jalanan itu. Saat Dylan tertangkap, diamankan pula barang bukti berupa ganja seberat 0,04 gram. "Kita sudah kerahkan tim untuk mengintai kurang lebih lima hari. Kemarin kita buntuti dari hotel (di kawasan Kemang), begitu ke luar ke lokasi syuting kita biarin dulu, lalu kita tangkap selesai syuting," tutur Kasat Narkoba AKBP Juang Andi Priyanto. "Dia bawa mobil ke lokasi, sempet keluar mobil untuk syuting. Begitu dia balik ke mobil kita geledah ada satu linting ganja seberat 0,04 gram di pintu sebelah kanan. Saat digerebek dia sudah memakai, hasil tes urin positif menggunakan narkoba jenis ganja dan sabu," lanjutnya. Dylan Carr sendiri sempat mengalami penahanan namun dinyatakan bebas pada Juni 2016 silam.

3. Ello.

5 Seleb pria Tanah Air ini pernah terjerat kasus narkoba

Penyanyi ganteng Marcello Tahitoe atau yang akrab disapa Ello ternyata sudah cukup lama menggunakan ganja. Bahkan dilansir dari liputan6.com (11/08/2017), pihak berwajib menyebut Ello telah menggunakan ganja sejak ia masih duduk di bangku kuliah. "Yang pasti kami melakukan penyelidikan untuk mengetahui bagaimana yang bersangkutan memastikan apa benar memiliki barbuk (barang bukti) atau menggunakan narkotika jenis ganja," kata Kapolres Jakarta Selatan, Kombespol Iwan Setiawan. "Dari hasil pemeriksaan, yang bersangkutan (Ello) menerangkan (memakai ganja) sejak masih kuliah. Jadi melihat dari waktu sudah cukup lama. DM (sahabat Ello) juga mengatakan lebih lama lagi, sejak SMA," ujarnya. Pada Januari 2018, Ello sendiri divonis 8 bulan rehabilitasi dan dinyatakan bebas pada Mei di tahun yang sama.

4. Revaldo.

5 Seleb pria Tanah Air ini pernah terjerat kasus narkoba

Saat namanya tengah naik daun sebagai pemeran Rangga di sinetron Ada Apa Dengan Cinta The Series, aktor Revaldo Fifaldi harus berurusan dengan pihak berwajib. Pasalnya dikutip dari kapanlagi.com (10/02/2011), Revaldo harus berurusan dengan polisi untuk kedua kalinya karena kepemilikan narkoba. Kali ini Revaldo harus mempertanggungjawabkan perbuatanya yang terbukti menyimpan sejumlah ganja. "Saya memang beli ganja, dan saya yang pisahkan daun ganja dari batang dan biji tapi saya tidak memasukkan ke kotak korek api," urai Revaldo saat memberikan kesaksian di PN Jakarta Barat. Dua kali berurusan dengan pihak berwajib karena narkoba, Revaldo mengaku menyesal dan ingin berubah. "Saya menyesal, pak, saya pengen berubah," pungkas Revaldo saat itu. Revaldo sendiri kini telah bebas dan menikah dengan kekasihnya yang bernama Indah Puspita Sari.

5. Roger Danuarta.

5 Seleb pria Tanah Air ini pernah terjerat kasus narkoba

Pada tahun 2014, masyarakat dihebohkan dengan berita penangkapan aktor ganteng Roger Danuarta. Dilansir dari liputan6.com (26/05/2014), Roger Danuarta ditangkap dengan beberapa barang bukti narkotika berupa putaw dan ganja sebanyak 15,7 gram. Uniknya Roger membuat pengakuan bahwa ia terpaksa mengonsumsi ganja karena untuk menambah nafsu makan yang hilang akibat konsumsi putaw. "Roger bilangnya ketika dia makan putaw dia butuh itu (daun yang diduga ganja) supaya dia nafsu makan. Soalnya kalau habis pakai putaw kan nggak nafsu makan lagi. Yang dikira ganja itu ternyata zat sintetis," kata kuasa hukum Roger, Jufrry Maykel Mannus di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Roger Danuarta sendiri divonis hukuman rehabilitasi dan dinyatakan bebas pada Februari 2015 silam.

Memang sangat disayangkan jika ada publik figur yang berusia relatif masih muda harus berursan dengan pihak berwajib karena kasus narkoba. Seperti deretan seleb ganteng di atas yang terpaksa diciduk polisi karena dugaan penyalahgunaan ganja. Bagaimana menurut kamu akan hal ini?