Tidak terasa sudah memasuki penghujung tahun 2018. Desember merupakan bulan terakhir dalam masehi. Sebagai bulan yang di tunggu-tunggu oleh banyak orang karena identik dengan liburan akhir tahun, ternyata Desember juga menyimpan banyak sejarah dunia.

1. Wright bersaudara terbang untuk pertama kalinya

5 Peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Desember

17 Desember 1903 merupakan hari bersejarah bagi umat manusia. Pasalnya Orville dan Wilbur Wright membuat sejarah dengan menerbangkan pesawat selama 59 detik dengan jarak 852 kaki. Tiga hari sebelumnya mereka sebenarnya telah mencoba pesawat dengan lebar sayap 40 kaki. Namun pesawat seketika jatuh ke pasir.

2. John Lennon tewas ditembak

5 Peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Desember

Musisi Legendaris John Lennon setelah ditembak oleh penggemarnya pada 8 Desember 1980. Padahal di pagi harinya, mantan anggota band The Beatles tersebut masih melakukan sesi foto dengan fotografer Amerika Serikat, Annie Leibovitz, di apartemennya di New York. Lennon juga melakukan interview dengan seorang DJ asal San Fransisco. Pada sore hari pukul 6, Lennon dan sang istri Yoko Ono, meninggalkan studio rekaman. Saat keluar, Lennon berhenti untuk memberikan tanda tangan untuk para penggemar yang telah menunggunya. Salah satunya seorang penjaga asal Hawaii, Mark Chapman yang memberikan salinan album untuk ditandatangani, pukul 11 malam, limousine milik Lennon tiba di luar apartemenya. Saat keluar dari mobil, Lennon melihat ke arah seseorang yang sebelumnya dikenalinya. Mark menembak Lennon seketika. Tembakan pertama pun meleset, namun empat peluru dari tembakan berikutnya mengenai Lennon dan membuatnya tewas.

3. Minuman Beralkohol Asal Irlandia, Guinness, tercipta

5 Peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Desember

Pada 31 Desember 1759 Arthur Guinness menandatangani kontrak pabrik bir di Dublin, Irlandia 45 pertahun. Pada saat itu sebenarnya sudah ada sekitar 70 pabrik alkohol di Dublin. Namun bisnis Guinness berkembang pesat dan pada tahun1767 Arthur terpilih menjadi ketua Dublin Corporation of Brewers. 40 tahun kemudian, Arthur meninggal dan pabrik nya menghasilkan 20 ribu barel setiap tahun. Menjelang pecahnya perang dunia pertama pada tahun 1914, Guinness pun menjadi tempat pembuatan bir terbesar di kerajaan Inggris.

4. Pemberontakan Boston membuang teh ke laut

5 Peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Desember

pada Desember 1773 puluhan pria menaiki kapal teh Dartmouth dan dua kapal lainnya. Mereka menurunkan ratusan peti teh dan membuangnya ke pelabuhan Boston, Amerika Serikat. Tidakan Vandalisme unik dan aneh ini berawal dari ketengahan antara Inggris dan Amerika dalam undang-undang pajak impor teh.

5. Kapal Horor Mary Caleste ditemukan

5 Peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Desember

pada 4 Desember 1872 seorang nahkoda bernama John Johnson melihat sebuah kapal di Cakrawala Samudra Atlantik. Anehnya kapal tersebut berputar-putar di atas air. Dari kejauhan kapal dan layar terlihat sudah robek dan kotor. Bersama bawahanya, Johnson menuju kapal tersebut. Saat sampai di atas kapal, mereka melihat kondisi kapal kosong dan berantakan, tidak ada tanda-tanda adanya kehidupan di atasnya, jam kapal terlah berhenti, buku catatan kapten tidak ada, dan kapal sakoci telah hilang. Penumuan ini kemudia menginspirasi penulis dunia untuk menjadikan kapal Mary Caleste sebagai cerita horror. Seperti yang dilakukan pencipta Sherlock Holmes, sir Arthur Conan Doyle, pada tahun 1884 dan serial tv 'Doctor Who'. Diperkirakan kapal yang mengangkut 1.700 barel alkohol ini ditinggalkan lantaran kru kapal takut terjadi ledakan akibat uap alkohol yang tercium.