×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Pakaian tradisional unik Jepang ini masih dikenakan hingga sekarang

0

Wow

5 Pakaian tradisional unik Jepang ini masih dikenakan hingga sekarang

Pakaian-pakaian ini dilestarikan turun-temurun.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Novianda

28 / 01 / 2018 17:30

Tahukan anda bahwa pakaian tradisional Jepang itu nggak cuman kimono saja? Tapi kamu juga harus tahu bahwa pakaian tradisional Jepang ini ada banyak jenis. Pakaian ini sudah ada sejak zaman dulu di Jepang, tetapi hingga kini pun masih dikenakan dan dilestarikan. Berikut 5 jenis pakaian tradisional Jepang yang keren abis.

1. FURISODE

5 Pakaian tradisional unik Jepang ini masih dikenakan hingga sekarang

Furisode adalah pakaian berlengan lebar yang dikenakan wanita muda yang belum menikah. Dibuat dari bahan berwarna cerah, motif kain berupa bunga dan tanaman. Bukaan di bagian lengan kimono yang berdekatan dengan ketiak disebut furiyatsuguchi, Bukaan tersebut sengaja tidak dijahit hingga membentuk kantong lengan baju yang disebut tamoto hingga ke bagian ujung lengan. Lebar tamoto pada furisode bisa mencapai 114 cm atau menjuntai hingga sekitar pergelangan kaki.

Furisode dikenakan sebagai pakaian terbaik untuk pesta perkawinan (ketika hadir sebagai tamu atau sebagai baju pengantin wanita), miai, dan upacara resmi, seperti seijin shiki, wisuda, atau resepsi sesudah wisuda (shaonkai).

Loading...

2. JINBEI

5 Pakaian tradisional unik Jepang ini masih dikenakan hingga sekarang

Pada awalnya jinbei adalah baju malam untuk pria, namun akhir-akhir ini jinbei juga dikenakan oleh anak-anak dan wanita sebagai pakaian rumahan.

Jinbei terlihat seperti kimono tetapi alih-alih merupakan satu potong pakaian yang panjang, jinbei terdiri dari dua potong pakaian dengan bagian atasnya kimono dan bagian bawahnya celana pendek, dan biasanya terbuat dari bahan katun atau rami. Di Jepang, jinbei adalah salah satu hadiah yang populer diberikan saat Hari Ayah tahun ini.

3. HAKAMA

5 Pakaian tradisional unik Jepang ini masih dikenakan hingga sekarang

Hakama adalah pakaian luar tradisional Jepang yang dipakai untuk menutupi pinggang sampai mata kaki. Di era modern Hakama biasa ada yang memakai sampai bagian lutut.

Hakama merupakan busana resmi pria untuk menghadiri acara formal seperti upacara minuman teh, pesta pernikahan, dan seijin shiki. Anak laki-laki mengenakannya sewaktu merayakan Shichi Go San. Montsuki yang dikenakan bersama hakama dan Haori merupakan setelan baju pengantin pria tradisional.

Di kalangan olahraga bela diri tradisional seperti kendo, aikido, dan kyudo, hakama dipakai oleh pria dan wanita. Ketika tidak sedang bergulat, pesumo mengenakan kimono dan hakama ketika tampil di muka umum. Di kalangan umum.

4. YUKATA

5 Pakaian tradisional unik Jepang ini masih dikenakan hingga sekarang

Yukata adalah jenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Dibuat dari kain yang mudah dilewati angin. yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam berendam dengan air panas.

Ketika berlatih tari, penari mengenakan yukata sebagai pengganti kimono agar kimono berharga mahal tidak rusak karena keringat. Aktor kabuki mengenakan yukata ketika berdandan atau memerankan tokoh yang memakai yukata. Pegulat sumo memakai yukata sebelum dan sesudah bertanding. Musim panas berarti musim pesta kembang api dan matsuri di Jepang. Jika terlihat orang memakai yukata, berarti tidak jauh dari tempat itu ada matsuri atau pesta kembang api.

5. KIMONO

5 Pakaian tradisional unik Jepang ini masih dikenakan hingga sekarang

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Kimono memiliki jubah berbentuk T dan berjajar lurus sehingga ujungnya jatuh ke pergelangan kaki, dengan kerah dan lengan panjang yang lebar. Kimono dililitkan di sekitar tubuh, selalu dengan sisi kiri di sebelah kanan "kecuali saat membalut orang mati untuk dimakamkan" dan diamankan dengan selendang yang disebut obi, yang diikat di bagian belakang.

Kimono umumnya dikenakan dengan sepatu tradisional (terutama zori atau geta) dan kaus kaki split-toe (tabi). Saat ini, kimono paling sering dipakai wanita, terutama pada acara-acara khusus. Secara tradisional, wanita yang belum menikah memakai gaya kimono yang disebut furisode, dengan lengan yang hampir melengkung, pada acara-acara khusus.

Pria juga memakai kimono paling sering di pesta pernikahan, upacara minum teh, dan acara lainnya yang sangat khusus atau sangat formal. Pegulat sumo profesional pun sering terlihat di kimono karena mereka diharuskan mengenakan pakaian tradisional Jepang setiap kali tampil di depan umum. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red