Gigi termasuk salah satu bagian yang penting untuk mencerna makanan. Berbagai perawatan yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan giginya, salah satunya yaitu sikat gigi setelah makan ataupun berkumur dengan menggunakan pencuci mulut (mouth wash).

Namun, tidak semua orang beruntung memiliki gigi yang sehat. Pola hidup dan kebersihan mulut dan gigi yang kurang diperhatikan dapat menjadi salah satu penyebab gigi menjadi rusak dan akhirnya harus dicabut oleh dokter gigi. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah pencabutan gigi dilakukan, yaitu :

1. Jangan Berkumur

Biasanya setelah proses pencabutan gigi selesai, dokter akan meminta kita untuk berkumur-kumur kemudian dokter akan meletakkan kapas dibagian gigi yang dicabut. Setelah itu, sebaiknya kita tidak berkumur-kumur lagi karena hal tersebut dapat mengganggu proses pembekuan darah pada gusi yang sedang terluka.

5 Larangan setelah pencabutan gigi, biar nggak tambah sakit

2. Menyikat Gigi Dengan Keras

Pada dasarnya tidak ada larangan untuk menyikat gigi setelah proses pencabutan gigi selesai. Namun, menyikat gigi di daerah gigi yang baru saja dicabut sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan pendarahan pada gigi terjadi kembali. Pilihlah sikat gigi yang lembut selama proses penyembuhan.

5 Larangan setelah pencabutan gigi, biar nggak tambah sakit

3. Meludah

Setelah proses pencabutan gigi, dokter meletakkan kapas untuk menekan pendarahan pada gusi gigi yang dicabut dan membantu proses pembekuan darah yang sedang terjadi. Kapas digigit selama 30 menit hingga satu jam lamanya. Pada saat ini sebaiknya kita tidak meludah meskipun rongga mulut terasa tidak nyaman, karena hal tersebut dapat mengganggu proses pembekuan darah yang ikut terbuang dengan air ludah.

5 Larangan setelah pencabutan gigi, biar nggak tambah sakit

4. Menyentuh Gusi

Pada proses penyembuhan, sebaiknya kita tidak menyentuh gusi dengan jari ataupun memainkannya dengan lidah di dalam rongga mulut. Hal tersebut dapat menyebabkan gusi infeksi dan proses penyembuhan akan semakin lama. Infeksi dapat diakibatkan oleh bakteri yang dibawa oleh tangan ketika menyentuh gusi yang luka.

5 Larangan setelah pencabutan gigi, biar nggak tambah sakit

5. Menghisap Gusi

Menghisap gusi pada gigi yang baru saja dicabut sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan pembekuan darah yang sedang terjadi pada gusi akan terbuka kembali. Rasa sakit setelah proses pencabutan gigi merupakan hal yang biasa terjadi. Biasanya dokter memberikan obat penghilang rasa sakit. Mengompres gusi dari luar dengan es dapat mengurangi rasa ngilu dan nyeri pada gusi.

5 Larangan setelah pencabutan gigi, biar nggak tambah sakit

Itulah beberapa hal yang dilarang dilakukan setelah pencabutan gigi karena dapat mengganggu proses penyembuhan. Apabila pendarahan tidak berhenti selama 3 hari, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter.