×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Kuliner khas Pekalongan ini wajib kamu coba, rasanya enak dan murah

0

Jalan-Jalan

5 Kuliner khas Pekalongan ini wajib kamu coba, rasanya enak dan murah

Foto: javatravel.net

Selain batik, Pekalongan juga punya banyak kuliner lezat yang bisa kamu santap.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Xandra Junia Indriasti

06 / 01 / 2021 11:45

"Kota batik ning Pekalongan"

Siapa yang tahu penggalan lagu tersebut? Ya, Pekalongan memang dikenal sebagai pusat kerajinan batik. Kamu akan dengan mudah mendapatkan produk bermotif batik di sana. Namun tidak hanya itu, mereka juga memiliki kuliner yang enak-enak banget. Berikut ini adalah lima kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Pekalongan.

1. Nasi Megono.

5 Kuliner khas Pekalongan ini wajib kamu coba, rasanya enak dan murah

Foto: jateng.idntimes.com

Loading...

Nasi atau sego megono merupakan kuliner populer asli Pekalongan. Makanan ini berupa nasi putih yang dicampur dengan megono yang terdiri dari cincangan halus nangka muda, kecombrang, cabai, dan parutan kelapa. Tidak hanya itu, warga Pekalongan biasa menyantap sego megono dengan tempe mendoan, kikil, ikan sungai, atau telor. Jangan lupa kerupuknya juga, ya. Menurut Kenari Guest House, harga makanan ini biasanya dibanderol mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu tergantung isi atau teman nasinya.

2. Pindang Tetel.

5 Kuliner khas Pekalongan ini wajib kamu coba, rasanya enak dan murah

Foto: suarabaru.id

Meskipun namanya seperti jenis ikan, kuliner yang satu ini dalam komposisinya tidak mengandung ikan sama sekali. Pindang tetel merupakan daging sapi dan daun bawang yang dicampur dengan bumbu pindang serta keluak. Sehingga rasanya bisa dibilang lebih mirip dengan rawon. Biasanya, menyantap makanan ini dengan kerupuk pasir warna-warni karena jika menggunakan kerupuk berminyak akan mengubah cita rasa dari pindang tetel itu sendiri. Menurut Radar Semarang, kamu perlu menyiapkan uang mulai dari Rp 12 ribu untuk mencicipi hidangan ini.

3. Soto Tauto.

5 Kuliner khas Pekalongan ini wajib kamu coba, rasanya enak dan murah

Foto: idntimes.com

Untuk pencinta soto harus banget coba makanan satu ini. Soto Tauto atau Soto Pekalongan merupakan soto pada umumnya (berisi bihun, daging sapi, dan berbagai macam sayuran), namun yang membedakan adalah dicampur dengan Tauco. Tahu, kan, kedelai yang difermentasikan?

Rasa tauco ini menambah rasa asam yang segar saat kamu memakan tauto. Menurut Travel Kompas, harga Tauto ini dibanderol mulai dari Rp 17 ribu. Oh, iya, dulu soto ini tidak menggunakan daging sapi melainkan kerbau. Ada yang suka?

4. Kluban Botok.

5 Kuliner khas Pekalongan ini wajib kamu coba, rasanya enak dan murah

Foto: inibaru.id

Kalau yang satu ini sahabat karib Pindang Tetel, nih. Kluban Botok biasa terbuat dari sayur-sayuran yaitu kangkung, bayam, tauge, sawi, kol, dan kacang panjang yang dicampur dengan sambal terasi serta parutan kelapa. Selain bisa dimakan langsung dengan nasi hangat, warga Pekalongan biasa menyantap urapan ini dengan Pindang Tetel. Menurut inibaru.id, harga botok ini dibanderol mulai Rp 3 ribu saja.

5. Es Limun Oriental.

5 Kuliner khas Pekalongan ini wajib kamu coba, rasanya enak dan murah

Foto: winnymarlina.com

Es Limun ini memiliki pabrik yang berlokasi tidak jauh dari Museum Batik Pekalongan. Didirikan oleh Njo Giok Liem, limun ini sudah hadir sejak tahun 1923 dengan nama Cap Nyonya. Minuman ini terbuat dari campuran sari buah, asam sitrat, dan uap racikan karbondioksida. Rasanya mirip dengan soda dengan rasa buah. Kamu bisa menemukan limun legendaris ini di banyak tempat makan di Pekalongan dengan harga mulai dari Rp 10 ribu saja.

Nah, itulah kelima kuliner yang wajib kamu coba saat sedang di Pekalongan. Kira-kira kuliner mana dulu nih yang bakal kamu santap?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red